Apa Itu Cache? Ini Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghapusnya - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Apa Itu Cache? Ini Pengertian, Manfaat, dan Cara Menghapusnya

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/29bba2f88c8689a27affc22f843f1259f438b07a.webp

 

Apa itu cache? Masih banyak orang yang beranggapan bahwa cache ini hanya biang keladi dari melambatnya ponsel pintar atau juga laptop. Padahal dibalik itu cache ini memberikan banyak manfaat terkhusus dalam proses penyimpanan, simak terus!

Cache adalah proses yang digunakan untuk menyimpan data sementara pada browser atau juga aplikasi sehingga membuat data history dapat diakses kembali. Namun, cache ini juga dapat membuat perangkat Anda melambat. Lalu apa sebenarnya cache? Simak terus!

Apa Itu Cache? Begini Penjelasannya!

Apa itu Cache? Cache adalah proses penyimpanan data sementara sehingga mulai dari situs, aplikasi, dan browser tidak perlu lagi untuk mengunduh data berulang kali. Misalnya di browser data history pencarian akan masuk ke cache sehingga dapat diakses kembali.

Dengan demikian browser atau juga aplikasi tidak perlu lagi mengunduh data kembali yang tentunya membuat proses mengaksesnya menjadi lebih cepat. Namun, cache ini juga seringkali berdampak buruk jika penyimpanan telah penuh.

Perangkat Anda akan lebih lambat mulai dari mengakses aplikasinya atau proses loading di situs menjadi lebih lambat. Tentunya hal ini membuat kebanyakan orang menjadi kesal sehingga penting untuk selalu mengecek cache pada perangkat Anda.

Bahkan pada beberapa kasus perangkat yang memiliki cache terlalu banyak membuat ponsel pintar atau perangkatnya tidak bisa digunakan sama sekali. Sebenarnya pengontrolan yang baik merupakan faktor penting agar cache tidak memenuhi penyimpanan.

Setelah mengetahui apa itu cache, maka selanjutnya adalah ketahui apa saja manfaat yang dapat dirasakan dari kehadiran cache ini. Nah, maka dari itu agar lebih tahu apa saja manfaatnya simak terus artikel ini hingga selesai!

Manfaat Cache yang Perlu Anda Ketahui

Teknologi diciptakan tentunya untuk memberikan manfaat begitu juga dengan teknologi cache. Hadirnya teknologi ini sangat membantu dalam proses penyimpanan data sementara baik di perangkat mobile atau komputer, berikut beragam manfaatnya.

1. Mempercepat Sistem

Manfaat pertama yaitu dapat meningkatkan performa sistem menjadi lebih cepat. Cache ini membuat proses kerja di browser atau juga aplikasi menjadi lebih cepat dan juga ringan. Tanpa perlu melakukan permintaan terus menerus ke server.

2. Menghemat Data Internet

Pada browser, hadirnya cache ini dapat menghemat data internet Anda karena data cache di simpan di perangkat langsung. Data cache adalah berisikan data-data di browser sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan data internet kembali untuk mengaksesnya.

3. Memudahkan dan Mengakses

Manfaat terakhir tentunya dapat mempermudah Anda dalam mengakses situs atau juga aplikasi. Dengan adanya teknologi ini dapat membantu Anda tetap bisa mengakses situs terakhir meski koneksi internet Anda terputus karena sudah tersimpan di cache.

Cara Menghapus Cache di Browser dan Aplikasi Android

Setelah mengetahui apa itu cache dan manfaatnya maka selanjutnya adalah ketahui bagaimana cara menghapusnya. Cache yang menumpuk dan membuat penyimpanan di perangkat Anda menjadi penuh dapat menyebabkan perangkat lambat, jadi berikut caranya.

1. Cara Hapus Cache di Browser

https://biartau.id/images/aeee8631b767259f39e5f5235601d0b4175b32db.webp

 

Cache ini biasanya sering kali digunakan di browser dan juga aplikasi. Untuk cara pertama adalah menghapus data cache di browser Chrome atau juga sejenisnya. Berikut di bawah ini langkah-langkah dalam menghapus cache di browser.

  • Buka browser Chrome.
  • Klik titik tiga di atas atau lainnya.
  • Selanjutnya klik fitur lainnya kemudian hapus cache.
  • Untuk menghapus semua data klik semua.
  • Kemudian klik hapus data.

2. Cara Hapus Cache di Android

https://biartau.id/images/56817a38f51c696be0de7e0334534d80da627652.webp
Source : kompas.com

 

Selain di browser cache ini juga sering ditemui pada aplikasi Android karena berguna untuk menyimpan data sementara pada aplikasi agar dapat diakses kembali dengan mudah. Berikut di bawah ini beragam caranya.

  • Membuka setting di ponsel.
  • Cari apps.
  • Kemudian pilih aplikasi yang akan di hapus cache.
  • Kemudian klik clear cache.

Nah, itu tadi pembahasan terkait apa itu cache beserta pengertian, manfaat, dan cara menghapusnya. Dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda memahami tentang cache lebih jauh dari pada sebelumnya.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga