Mudah! Cara Membuat Pumpkin Halloween untuk Hiasan Pesta - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Mudah! Cara Membuat Pumpkin Halloween untuk Hiasan Pesta

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/7c46641f46e1df42cddab9cfa3004505a87f4c20.webp

Saat perayaan Halloween, tidak afdal rasanya jika tidak membuat perhiasan dari labu sebagai ciri khas. Namun, masih banyak yang kesulitan cara membuat pumpkin Halloween tersebut. Labu yang diukir menjadi seakan-akan sedang tersenyum, lalu diberi lampu agar menyala tersebut sebenarnya mudah untuk dibuat.

Pastinya kamu perlu menyiapkan berbagai keperluan, mulai dari membeli labu kuning, hingga mempersiapkan alat dan bahan untuk mengukirnya. Jika masih bingung, simak langkah-langkah membuat labu Halloween berikut ini. Mudah, kok!

1. Membeli Labu Terlebih Dahulu

Cara membuat pumpkin Halloween yang pertama adalah sudah tentu kamu harus membeli labu kuning khas Halloween di toko atau pasar. 

Namun, kamu perlu tahu berapa lama labu itu akan membusuk. Biasanya, labu akan membusuk setelah 1 hingga 2 minggu. Jadi, pastikan membeli labu menjelang Halloween tiba dan tidak perlu terlalu dini sebab takut labu tersebut membusuk saat perayaan.

2. Pilih Labu Berkualitas Baik

Tidak hanya mengetahui waktu labu akan membusuk, kamu pun perlu memilih labu yang kondisinya baik, tidak ada goresan, irisan, hingga kerusakan. 

Kamu bisa cari labu yang batangnya kukuh, tidak mudah ditekuk, dan warnanya merata pada permukaan kulitnya. Sebaiknya juga pilih labu dengan bagian bawah yang datar agar lebih mudah dipajang saat perayaan Halloween.

Jika labu dalam keadaan kotor, kamu bisa mencucinya terlebih dahulu sebelum mengukir.

3. Pilih Labu Sesuai Ukuran yang Dibutuhkan

https://biartau.id/images/3a1129efff871df574e7cf20cddd5db52e04428d.webp

Ada berbagai bentuk dan ukuran labu yang bisa kamu dapatkan di toko, pasar, hingga supermarket. Oleh karena itu, kamu bisa memilih labu sesuai ukuran yang kamu butuhkan untuk dipajang.

Gunakan labu berukuran kecil hingga sedang jika kamu hanya ingin mengukir menggunakan spidol permanen saja. Sementara itu, labu besar bisa kamu pilih agar lebih mudah diukir mengikuti pola.

4. Gunakan Desain Jack-O’-Lantern

Sebelum mengukir, kamu perlu mencari ide desain atau pola untuk diukir ke labumu. Ada banyak pola yang bisa kamu gunakan, tetapi pola Jack-O’-Lantern adalah desain paling khas di perayaan Halloween. 

Kamu bisa cari pola tersebut di internet, buku, dll. sebagai referensi mengukir labu untuk perhiasan Halloween, lalu mencetaknya untuk dijiplak ke permukaan labu.

5. Mencetak Desain

Caranya adalah mengukir desain Jack-O’-Lantern secara tradisional. Kamu bisa menggunakan cetakan pola desain yang kamu cari dari internet lalu menjiplaknya ke permukaan labu.

Kamu juga bisa gunakan spidol permanen atau nonpermanen untuk menggambar kerangka bagian Jack-O’-Lantern. 

Mulailah ukir dari mata, mulit, hidung dengan cara diukir dari luar ke dalam menggunakan pisau. Cara membuat pumpkin Halloween ini sangat mudah untuk kamu coba sebagai pemula.

6. Menyiapkan Tempat yang Lapang

Setelah peralatan siap, mulai dari labu, cetakan pola, hingga pisau, selanjutnya adalah mencari tempat yang lapang dan bersih. Gunakan lantai atau meja dapur yang sudah dibersihkan sebagai tempat mengukir labu.

Gunakan alas koran agar kotoran setelahnya bisa kamu bersihkan dengan mudah.

7. Pilih Pisau Tajam

Pastikan untuk menggunakan pisau yang tajam saat mengukir labu sebagai cara membuat pumpkin Halloween. Misalnya seperti pisau roti bergerigi, gergaji tipis dan lancip (jab saw), hingga pisau bergerigi serba guna.

8. Potong Bagian Atas Labu

Langkah pertama dalam mengukir labu adalah memotong bagian atas atau tutup labu dengan radius lingkaran sekitar 5 cm dari batang. Nantinya potongan tersebut akan dijadikan tutup labu. Pastikan untuk tidak memotong secara vertikal.

9. Keluarkan Isi Labu

Sebelum mengukir, kamu bisa mengeluarkan terlebih dahulu isi labu seperti filamen dan biji-bijiannya. Kamu bisa melewat tahap ini apabila tidak berniat mengeluarkan isinya.

10. Ukir Labu Sesuai dengan Desain

https://biartau.id/images/68c9f326119030cbfc4e1fe51de84274c4ce071e.webp
Source : Lifepal

Cara membuat pumpkin Halloween terakhir adalah dengan mengukir sesuai desain.

Kamu bisa memulai mengukir labu secara perlahan dengan gerakan maju mundur dan jang terburu-buru. Ikuti ukiran sesuai desain yang kamu buat sebelumnya. Lakukan secara hati-hati dan perlahan agar hasilnya terlihat bagus.

Lakukan hingga selesai dan labu terlihat berbentuk seperti Jack-O’-Lantern. Selesai, kamu sudah mengikuti langkah-langkah membuat labu Halloween dengan mudah.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara membuat pumpkin Halloween. Setelah selesai mengukir, kamu bisa tambah riasan seperti lampu ataupun lilin aromaterapi agar labu terlihat menyala-nyala dan makin bagus untuk dipajang saat malam hari.

Bagaimana, mudah, bukan? Kamu pernah mencobanya? Tulis pengalamanmu di kolom komentar!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga