Cara Iklan di Instagram Bikin Kebanjiran Pengunjung - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Iklan di Instagram Bikin Kebanjiran Pengunjung

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/6207a53f777f85012a5ef5beac1721784e5538e2.webp

 

Cara iklan di Instagram bisa kamu ikuti agar produkmu lebih dikenal banyak orang. Instagram ternyata tidak hanya digunakan untuk berbagi momen dalam bentuk foto dan video. Lebih dari itu, Instagram ternyata bisa kamu gunakan untuk promosi produk-produk yang kamu jual. Hal ini disebabkan karena Instagram memiliki fitur beriklan di Instagram atau Instagram Ads.

Untuk pelaku usaha, Instagram Ads bisa sangat membantu untuk mengiklankan produk-produk yang dijual sehingga meningkatkan performa penjualan. Namun, tidak semua orang tahu cara iklan di Instagram Ads. Jangan khawatir, artikel berikut akan membantu kamu memasang iklan di Instagram. Simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Instagram Ads

https://biartau.id/images/861a09369fb4a56ae70baae93b2c9a450225e5d8.webp
Source : WEBARQ

 

Sebelum masuk ke cara iklan di Instagram, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa itu Instagram Ads. Iklan Instagram atau Instagram Ads merupakan platform iklan milik Instagram yang bisa digunakan oleh pengguna untuk mengiklankan sesuatu melalui feeds ataupun story Instagram.

Untuk kamu yang biasa berselancar di Instagram, mungkin tahu bahwa ketika kamu sedang melihat-lihat story teman yang kamu ikuti, tiba-tiba ada produk muncul di story padahal kamu tidak mengikuti akun tersebut. Jika kamu perhatikan, story tersebut memiliki tanda “bersponsor”. Nah, produk itulah yang sedang diiklankan dengan Instagram Ads.

Mengiklankan produk melalui Instagram Ads ini memang cukup efektif. Pasalnya, menurut penelitian, 50% pengguna Instagram lebih tertarik pada suatu produk yang diiklan melalui Instagram.
Tidak heran, jika banyak brand-brand kecil maupun besar yang mengiklankan produk mereka di Instagram karena memang merupakan pasar yang besar.

Keuntungan Memasang Iklan di Instagram Ads

https://biartau.id/images/7facce60782944cc4535016f8e96113728b6f1a9.webp

 

Selain meningkatkan penjualan, mengiklankan produk dengan Instagram Ads juga memiliki banyak keuntungan yang bisa didapat. Apa saja?

1. Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran akan merek menggambarkan seberapa jauh konsumen mengenal suatu brand atau produk. Atau bisa dikatakan sebagai seberapa akrab dan dikenalinya suatu brand atau produk oleh konsumen.

Dengan Instagram Ads kamu bisa meningkatkan brand awareness tersebut dan membuat brand atau produkmu dikenal dan akrab di mata konsumen. Hal ini disebabkan karena 81% pengguna Instagram memilih menggunakan Instagram untuk mencari tahu suatu produk yang ingin mereka beli.

Dengan Instagram Ads juga produkmu bisa dikenal lebih luas sehingga bisa meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap brand-mu. Jika sudah dikenal dan dipercaya oleh konsumen, bukan tidak mungkin jika kamu bakal kebanjiran pengunjung. Oleh karena itu, mengetahui cara iklan di Instagram adalah hal yang sangat penting, bukan?

2. Menjangkau Pasar yang Lebih Luas

Tahukah kamu, ternyata 96,6% pengguna Instagram dapat dijangkau sebagai akun yang bisa melihat iklan. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh para pemilik brand untuk mengiklankan produk mereka dengan Instagram Ads agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Tidak hanya mereka, produkmu juga berpeluang dikenal oleh banyak orang karena Instagram Ads.

Selain menjangkau pasar yang lebih luas, dengan mengikuti cara iklan di Instagram, kamu bisa menargetkan produkmu pada konsumen tertentu. Mulai dari usia, hobi, ketertarikan (interest), hingga kebiasaan mereka. Misalnya, jika produk yang kamu jual adalah peralatan rumah tangga, kamu bisa menargetkan iklan pada ibu-ibu yang berusia 20-an ke atas.

Nantinya, iklan-iklan yang kamu pasang akan langsung terlihat oleh target konsumen sesuai yang kamu atur sebelumnya.

3. Budget yang Dibutuhkan Tidak Harus Banyak

Cara iklan di Instagram tidak memerlukan biaya yang tinggi. Kamu bahkan bisa mengatur sendiri biaya yang akan kamu gunakan untuk memasang iklan di Instagram Ads. Mulai dari Rp20.000 kamu sudah bisa mengiklankan produk agar bisa dilihat oleh target konsumen.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya kamu mencoba memanfaatkan fitur iklan Instagram ini sebagai langkah awal mempromosikan produk ke hadapan konsumen. Tentu ini lebih efektif dibandingkan promosi mouth-to-mouth, bukan?

4. Analisis Insight untuk Mengoptimalkan Penjualan

Instagram Ads memungkinkan kamu untuk melakukan analisis insight. Analisis ini dilakukan untuk memeriksa seberapa berhasil iklan yang kamu pasang di Instagram. Lalu, kamu bisa menganalisis dari iklan yang berhasil, mengapa hal itu bisa terjadi. Misalnya, ternyata elemen visual memegang peranan penting ketika mengiklankan produk di Instagram.

Nah, setelah mengetahui apa itu Instagram Ads dan apa saja keuntungan yang bisa didapatkan, kamu perlu melakukan persiapan sebelum memulai cara iklan di Instagram.

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Mengiklankan Produk

Apa saja yang perlu disiapkan sebelum menggunakan Instagram Ads sebelum memulai cara iklan di Instagram? Berikut rinciannya:

  1. Pertama, kamu harus mengubah jenis akun Instagram yang tadinya personal menjadi akun bisnis.
  2. Kemudian, melengkapi profil dari usaha yang kamu miliki. Seperti mengisi nama profil, nama pengguna, alamat, kontak, situs web (jika punya), dll.
  3. Selanjutnya, menggunakan foto profil yang menggambarkan usahamu. Gunakan logo yang lebih mudah dikenal konsumen.
  4. Setelah semuanya siap, jangan lupa untuk menyiapkan konten-konten menarik seputar usahamu, agar konsumen tertarik mengunjungi dan mencari tahu profil usahamu di Instagram.
  5. Setelah memosting konten-koten, waktunya mengiklankan produk-produkmu. Jangan lupa untuk menyiapkan data target konsumen seperti apa yang ingin kamu tuju. Kamu bisa mulai dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut:
  • Siapa konsumen yang ingin kamu jangkau?
  • Seperti apa konsumen yang ideal tersebut?
  • Hal apa diminati oleh target konsumenmu?
  • Bisnis apa yang membuat mereka tertarik?

Langkah-Langkah Cara Iklan di Instagram

https://biartau.id/images/aacb97f6477589ab7805180b1ab61044438cd27e.webp

 

Setelah memahami banyak hal tentang memasang iklan di Instagram Ads, waktunya untuk mengiklankan produkmu. Simak cara iklan di Instagram berikut ini.

  1. Pertama, pilih feeds atau story baik foto atau video yang akan kamu iklankan. Pastikan foto atau video tersebut memenuhi tujuanmu untuk mengiklankan produk. Pilihlah foto atau video yang lebih mudah menarik perhatian konsumen. Untuk story, pastikan foto atau video hanya berdurasi 15 detik agar tidak terpotong menjadi beberapa segmen.
  2. Setelah memilih, tekan tombol “Boost Post” untuk mengiklankan postingan feeds, dan “Boost” untuk mengiklankan story Instagram.
  3. Tetapkan tujuan apa yang akan terjadi ketika konsumen mengeklik iklanmu. Pertama, konsumen mengunjungi profil Instagram yang berisi feeds produk. Kedua, mengunjungi website usahamu yang berisi keterangan lengkap mengenai suatu produk. Atau ketiga, konsumen bisa langsung mengirimkan pesan melalui direct message (DM).
  4. Tentukan target spesifik konsumen yang kamu tuju. Di bagian persiapan, kamu tentu sudah menyiapkan konsumen seperti apa yang ingin kamu tuju. Kamu bisa langsung mengisi target dengan mengeklik menu “Create Your Own”.
  5. Lakukan pengaturan anggaran dan durasi iklan. Untuk hasil yang maksimal, alangkah baiknya kamu bisa memilih untuk mengiklankan produkmu selama setidaknya 1 minggu atau 7 hari.
  6. Pilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan. Setelah memilih, lakukan pembayaran dengan mengikuti instruksi yang diminta. Selesai, produkmu sudah mulai mengunjungi target konsumen, dan kamu hanya tinggal menunggu hasil dan melakukan analisis terhadap iklan yang sudah berjalan.

Itulah cara iklan di Instagram yang bisa kamu lakukan. Cukup mudah, bukan? Kamu bisa mulai mencoba mengiklankan produk-produkmu agar bisa mendatangkan lebih banyak konsumen. Selain itu, belajar dari pengalaman merupakan sesuatu yang berharga yang kamu dapatkan. Yang paling penting adalah kamu tidak berhenti untuk berusaha.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga