Wajah Baru TMII, Menghabiskan Dana Mencapai 1,08 Triliun Rupiah! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Wajah Baru TMII, Menghabiskan Dana Mencapai 1,08 Triliun Rupiah!

27 hari yang lalu
https://biartau.id/images/9f5baad1ed68d9a375d59b1b02d1bea079b2ab4c.webp
Sumber : Screenshot dari video @media_tmii, yang memperlihatkan wajah baru TMII pada malam hari

 

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan salah satu tempat yang bersejarah untuk masyarakat Indonesia. TMII merupakan suatu kawasan taman yang bertema budaya yang berada di Jakarta Timur. TMII telah merampungkan renovasi seluruh sarana dan juga prasarana, dengan total anggaran mencapai Rp1,08 triliun.

Renovasi ini bertujuan untuk mempercantik tempat yang menjadi salah satu ikonik dari kota Jakarta ini. Pemerintah berharap supaya TMII bisa menjadi pusat kegiatan sosial budaya kemudian bisa menjadi tempat untuk berkreasi bagi warga Jakarta layaknya GBK. Renovasi yang dilakukan meliputi area gerbang utama, koridor utama Sasono utomo, Sasono Langgeng Budoyo dan juga Sasono Adiguno.

Renovasi ini dikerjakan oleh kontraktor PT PP yang memakan budget hampir Rp167,4 miliar, pembangunannya pun sudah mulai selesai 100% per tanggal 15 Oktober 2022. Lalu, renovasi Museum Indonesia yang dimulai dari lansekap anjungan dan juga pedestrian, penataan outer ring atau halte dan gedung pengelola dikerjakan oleh PT Waskita Karya dengan nilai proyek sekitar Rp182,9 miliar. 

Selanjutnya, untuk penataan lansekap yang berisi pulau-pulau di Danau Archipegelo (Promenade, Amphitheater, dan Pedestrian Anjungan) dikerjakan oleh PT Brantas Abipraya dengan nilai mencapai Rp183,6 miliar. Setelah itu, Renovasi Museum seperti Theater Garuda, Keong Mas dan juga Museum Telkom di kerjakan oleh PT Nindya karya dengan nilai proyek mencapai Rp100,9 miliar. 

Kemudian untuk penataan lansekap yakni pedestrian anjungan, kaca benggala, viewing tower, dan pembangunan community center yang dikerjakan oleh kontraktor PT. Adhi Karya yang mencapai Rp70 Miliar. Selanjutnya, untuk struktur parker dan juga desain elevated yang diperkirakan mencapai nilai Rp186 miliar. 

Menurut Direktur Jenderal Cipta Karya dari Kementrian PUPR yaitu Diana Kusuma mengatakan bahwa penataan kawasan TMII terbagi dalam 3 zona yaitu zona 1 dengan tema Indonesia klasik dan elegan dan geometri, setelah itu zona 2 dengan mengangkat tema Arsitektur Nusantara, budaya sulur dan tradisi dan terakhir, Zona 3 dengan mengangkat tema Indonesia Kini Modern. 

Kemudian, beliau pun menuturkan bahwa untuk saat ini telah dilakukan proses terima kelola dari kementrian PUPR kepada Kementrian Sekretaris Negara. Selain itu, dikabarkan bahwa penataan dan renovasi kawasan Taman Mini Indonesia Indah mengusung dan mengadopsi konsep destinasi wisata rakyat. Adapun di wilayah ibukota Jakarta, sudah terdapat 3 tempat destinasi wisata rakyat diantaranya ada Kawasan Ancol, Kebun binatang ragunan, dan juga TMII. 

Pemerintah juga berharap agar masyarakat yang masuk ke kawasan TMII ini bisa sambil menikmati piknik dengan membawa tikar, serta dapat membawa bekal makan yang dinikmati bersama teman, orang tersayang maupun keluarga, Taman mini yang baru, merupakan destinasi wisata rakyat dengan environmental yang sudah bagus dan tentunya ciamik. 

Penampilan wajah TMII sekarang sudah sangat baik, tertata rapi dan sangat cocok bagi keluarga untuk menikmati waktu bersama. Tentunya, renovasi yang dilakukan oleh pemerintah terhadap TMII akan sangat membantu masyarakat. 

Taman Mini merupakan tempat destinasi yang sangat digemari sejak dahulu, karena pengunjung dapat menikmati pemandangan berbagai kota dalam sebuah replika yang ada di Indonesia. Kemudian, wajah TMII juga sudah menerapkan konsep Rendah emisi karbon. Selain itu, pengunjung juga dapat bermain sambil belajar di Taman Mini, destinasi ini sangat cocok juga untuk para anak untuk berlibur. Jadi, bagaimana kamu semakin tertarik kan mengunjungi TMII?

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga