Jembatan Ambruk di Gujarat, Duka Mendalam Bagi India! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Jembatan Ambruk di Gujarat, Duka Mendalam Bagi India!

28 hari yang lalu
https://biartau.id/images/dcdc0f64b2483117688dbaa6d5699bec5fd7a8cd.webp
Sumber: Screenshoot dari video tiktok akun @owntalk, tampak para korban terjebak di jembatan yang sudah ambruk, di Gujarat India.

Kabar duka datang dari India, tepatnya di Gujarat, Insiden jembatan ambruk menjadi duka yang mendalam bagi negara ini. Pasalnya, korban tewas yang diakibatkan oleh ambruknya jembatan ini mencapai angka 134 orang, pada hari senin 31 Oktober 2022. 

Jembatan yang melintasi sungai Machu itu diperkirakan telah berusia 100 tahun, Jembatan Legend itu ambruk pada hari minggu tanggal 31 Oktober 2022 kemarin. Menteri Dalam Negeri Gujarat yang bernama Harsh Sanghavi, menuturkan bahwa sekitar 200 orang berada di jembatan itu, sebelum akhirnya ambruk. 

1. Penyebab Jembatan Gujarat Ambruk

Selain karena usia yang sudah mencapai 100 tahun, salah satu kabel yang menjadi struktur pondasi penguat jembatan dikabarkan mengalami kerusakan lalu putus. Hal inilah yang menjadi penyebab ambruknya jembatan. Bahkan, pemerintah Gujarat mengaku telah melayangkan sebuah gugatan pidana untuk melawan agen yang telah ditunjuk untuk menjalankan perawatan jembatan yang memiliki panjang 230 meter itu. 

Banyak foto yang beredar di berbagai media sosial yang menunjukan ratusan orang telah berkumpul di pinggir sungai Machchu yang berada di jalur samping besi yang hancur dan masuk ke dalam sungai. Para petugas pun kemudian datang berusaha menyelamatkan para korban di sungai itu dengan menggunakan perahu karet. 

2. Pemerintah Gujarat Membentuk Komite Khusus dan Terus Menyelidiki Kasus ini

Usai informasi kejadian ambruknya jembatan ini tersebar luas di penjuru kota bahkan tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia. Pemerintah negara bagian langsung sigap membentuk sebuah komite khusus penyelidikan untuk dapat terus melakukan investigasi agar mengetahui penyebab dari insiden yang memilukan ini. 

Sampai sekarang, Sanghavi belum melakukan perincian terkait jumlah orang yang masih hilang akibat jembatan roboh saat konferensi pers pada hari Senin tanggal 31 Oktober kemarin. 

3. Korban Belum Diketahui Pasti dan Bisa Saja Bertambah

Salah satu televisi lokal milik Gujarat memperlihatkan bahwa sejumlah orang yang masih bertahan dijembatan menunggu untuk diselamatkan. Sebagian lagi, memutuskan menceburkan diri ke sungai dan berenang agar bisa menyelamatkan diri. Sungguh, ironis ya sahabat biartau. 

Pejabat dari kepolisian Gujarat, yakni Ashov Yadav, menuturkan bahwa tujuh orang yang mengalami luka di larikan ke Rumah Sakit untuk menjalani perawatan. Sementara 56 orang dikabarkan sudah boleh pulang. Bahkan, perdana menteri India, yaitu Narendra Modi, berjanji akan memberikan kompensasi kepada keluarga korban dalam tragedi ini melalui Lembaga Bantuan Nasional. Ia pun menyampaikan sebuah ucapan yang begitu mendalam atas insiden yang menimpa warganya ini. 

4. Awal Kejadian Jembatan Ambruk 

Kejadian yang merenggang banyak nyawa dan menjadi trending di berbagai negara ini, bermula di saat jembatan yang telah berusia sekitar 100 tahun ini dipenuhi oleh para wisatawan lokal yang sedang menikmati liburan akhir pekan sambil merayakan perayaan Diwali, jembatan yang melintasi sungai MachaChu tiba-tiba saja ambruk. 

Jembatan ambruk ini memang dikenal sebagai Julto Pool dan merupakan yang menjadi situs populer untuk para wisatawan yang berada dikawasan tersebut. Jembatan ini juga memiliki panjang sekitar 230 meter yang dibangun saat masa penjajahan negara Inggris yang telah terjadi pada abad ke-19 dan saat ini usianya telah mencapai 100 tahun lebih. 

Kabarnya jembatan ini sempat ditutup karena adanya renovasi yang dilakukan selama enam bulan dan baru saja dibuka kembali pada pekan lalu. Kita doakan ya sahabat biartau, semoga semua pihak baik itu keluarga korban, kerabat maupun pemerintah bisa sabar untuk menghadapi kejadian ini dan semua korban yang belum ditemukan lekas segera ditemukan, ya. 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga