Ini Fakta Halloween yang Jarang Diketahui, Unik dan Menarik! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Ini Fakta Halloween yang Jarang Diketahui, Unik dan Menarik!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/303f517044e102e64adc566cfbec8b8b4d695950.webp

Mungkin slogan Trick or Treat begitu populer mendekati Halloween yang jatuh pada tanggal 31 Oktober setiap tahunnya. Walaupun di Indonesia, tidak ikut memperingati dan bukan tanggal merah nasional, tetapi bagi kalian yang penasaran tentang fakta Halloween kalian boleh baca artikel ini, ya. 

Selama ini mungkin yang beredar hanya tentang mitosnya, tetapi jarang sekali yang mengetahui fakta seputar hallowen. Meskipun kita tidak memperingati, tapi informasi ini bisa jadi sebuah pengetahuan untuk kalian. Bagi yang penasaran, yuk simak fakta ini. 

Beberapa Fakta Halloween yang Menyeramkan dan Menarik 

Fakta tentang seputar Halloween ternyata cukup banyak dari mulai fakta menyeramkan hingga menyenangkan. Jadi untuk mengetahui selengkapnya, yuk pantengin artikel ini sampai selesai dengan beberapa fakat menarik berikut ini. 

1. Samhain

https://biartau.id/images/6ad7143deae5025a556c0e6afcf3cddb306c53fc.webp
Source : History.com

Samhain adalah merupakan hari raya bagi kaum pagan, dan merupakan cikal bakal dari Halloween, asal muasal tradisi Halloween bisa dicari dari sejarah kaum bernama kelt. Bangsa pangan yang mendiami daerah britania raya dan Prancis Utara dimulai sejak 2000 tahun lalu. Mereka memakai kalender bernama Gael, dan tahun baru jatuh pada tanggal 1 November. Nah, pada tanggal 31 Oktober kaum Kelt biasa merayakan Samhain. 

Samhain juga mempunyai arti akhir musim panas, yang memberi tanda tentang kehangatan musim panen dan awal dari dinginnya musim salju yang disebut juga sebagai musim kegelapan dan kematian. Karena itu, Halloween mempunyai kombinasi warna orange yang memiliki makna menggugurkan musim panen dan warna hitam yang melambangkan kematian. 

Selain itu, sebenarnya kaum Kelt menyambut kedatangan peri dan arwah yang disebut dengan 'Aos si' ke bumi yang dikenal sebagai peramal masa depan. Supaya tidak diganggu, akhirnya mereka memakai kostum dari bahan kulit dan meninggalkan sesajen yang berisi makanan di depan rumah atau pintu. 

2. Kelaparan yang Melanda Irlandia, Awal Mula Halloween Masuk ke Negeri Paman Sam

https://biartau.id/images/81a8c7c7a0e64299ec062cc1228bf704d93be45d.webp
Source : Grid.id

Negeri paman sam yakni Amerika memiliki sebuah festival untuk menghormati arwah, dengan cara berpesta, becerita tentang kisah seram, meramal masa depan dan yang lainnya. Menjamurnya perayaan Halloween ternyata berawal dari kelaparan besar yang melanda Irlandia tahun 1845 yang disebabkan karena gagal panen buah kentang, yang membuat lebih dari sekitar 1,5 juta penduduk Irlandia berpindah ke Amerika. Dengan begitu, mereka juga membawa tradisi Halloween ke Negeri paman sam, hal itu  membuat bercampurnya tradisi AS menjadi hingar bingar. Oleh karena itu, Halloween menjadi festival yang terkenal sampai saat ini. 

 3. Lomba Makan Apel Pada saat Halloween

https://biartau.id/images/0a4d94675ade6058afa65ac980e2246c6c5b9fd1.webp
Source : Bobobox

Salah satu kegiatan yang sering dilakukan pada saat Halloween, yakni memakan buah apel dan berlomba untuk menghabiskannya. Ternyata, jika ditelusuri maka hal ini berasal dari kebudayaan Romawi Kuno. Menurut mitologi Romawi Kuno, yang diperingati sebagai hari Dewi Kesuburan Buah Pomomona yang disimbolkan dengan memakan buah apel. Namun, sekarang hal itu mengalami pergeseran makna di britania raya dan AS.

4. Halloween Tidak Mengenal Hal Mistis di Abad Ke-20

https://biartau.id/images/471ab622a5e3a5cd01d9333c83c15961dfa94ece.webp
Source : Kompas

Selanjutnya, Fakta Halloween sekarang tidak mengenal seputar hal mistis. Sejak abad ke-19, Hallowen mulai mengalami pergeseran makna dari yang berbau mistis dan keagamaan menjadi sebuah tradisi yang berfokus pada sebuah kebersamaan keluarga. Sejak pertengah abad 20, Amerika menghimbau warganya untuk merayakan Halloween bersama dengan keluarga. 

Pada tahun 1950-an, AS membasmi hal-hal yang berbau mistis sehingga Halloween sekarang identik dengan anak-anak yang merayakannya dengan memakai kostum yang lucu dan menarik perhatian mata. Sementara dahulu, Hallowen mempunyai mitos tentang berkeliarannya para hantu, identik dengan nuansa seram dan sangat mencekam. Namun, saat ini hal itu sudah mulai berkurang dan tidak lagi melekat pada saat Halloween. 

5. Fakta Trick or Treat 

https://biartau.id/images/79acd9bbb0c0ff243669ae53be240bde29dc7931.webp
Source : Freepik

Fakta Halloween selanjutnya yaitu Trick or Treat yang merupakan julukan lelucon Halloween, yang memiliki arti permen atau tipuan. Biasanya anak-anak memakai kostum yang seram dan menarik, kemudian mengetuk pintu rumah orang disekitar dengan meneriakan kalimat Trick or Treat. 

Nah, itu beberapa fakta Halloween yang cukup menarik dari yang seram hingga menyenangkan.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga