5 Wabah Penyakit yang Pernah Terjadi di Dunia, Bukan Cuma Covid-19! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Wabah Penyakit yang Pernah Terjadi di Dunia, Bukan Cuma Covid-19!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/7edc78fac06383d48aa5d8fa22b0e6bf38c3b1c1.webp
Sumber : Gambar dari freepik

 

Wabah penyakit memang selalu membuat hati manusia gelisah dan juga tidak tenang. Berbagai macam wabah penyakit pernah terjadi di berbagai belahan dunia, sangat mengerikan dan juga banyak menelan korban. 

Wabah atau virus penyakit ini muncul dengan berbagai sebab. Untuk kamu yang penasaran tentang daftar wabah penyakit yang pernah terjadi terutama di seluruh dunia. Apa saja itu, yuk simak hal berikut ini.

1.Wabah Penyakit Justinian, Timur Tengah 

Yang pertama ada sebuah wabah penyakit yang bernama Justinian yang berasal dari Timur Tengah. Wabah ini diperkirakan bermula sejak tahun 541. Dan yang paling ironis akibat dari wabah ini yang merebak, diperkirakan 50 juta orang yang berasal dari Timur Tengah, Lembah Mediterenia dan Asia dikabarkan tewas.

Yang menjadi salah satu penyebab dari wabah penyakit Justinian adalah karena adanya bakteri yang disebarkan oleh salah satu hewan yakni tikus yang digigit oleh kutu yang sudah terinfeksi. Wah, ngeri banget ya sahabat biartau penyakit ini. 

2. Wabah Great Plague of London

Selanjutnya, ada wabah Great Plague of London yang merupakan wabah yang sangat besar yang dimulai dari negara Tiongkok pada tahun 1334. Wabah ini terus menyebar di sepanjang rute perdagangan. Yang mengejutkan, dalam kurun waktu 18 bulan, wabah ini telah membunuh 100.000 nyawa di kota London. 

Selain di London, wabah ini juga menyerang Florence, Italia yang harus kehilangan warganya sekitar 90.000 jiwa dalam kurun waktu enam bulan. Jika ditotal, korban yang tewas karena wabah ini mencapai angka 25 juta penduduk. Serem dan ironis banget ya. 

3. Wabah Polio 

Lalu, ada Polio yang ternyata pernah menjadi salah satu wabah penyakit, yang sangat ganas dan juga di takuti di Amerika Serikat. Pada tahun 1950, sebelum vaksin untuk polio tersedia, wabah ini pernah mengakibatkan 15.000 kasus kelumpuhan setiap tahunnya. Puncak wabah polio ini  menginfeksi lebih dari 60.000 orang dan lebih dari 3.000 orang tewas karena wabah ini. 

Ahli dari WHO menuturkan bahwa yang terserang polio mengalami banyak gejala yang dirasakan, dari mulai sakit kepala, muntah, kelelahan, kaku pada leher dan nyeri pada bagian tumit. Akan tetapi, setelah vaksin untuk polio ditemukan, penurunan kasus ini sangat drastis.

4. Wabah Flu H1N1

Selanjutnya ada wabah penyakit flu H1N1 yang terjadi pada tahun 2009. Masyarakat sering menyebutnya flu babi atau swine flu. Dikabarkan, sekitar 151.700 hingga 575.400 jiwa menjadi korban yang tersebar di seluruh dunia. Yang disebabkan oleh virus mematikan ini. Wah, ngeri banget ya flu babi ini, penyebarannya sangat cepat.

5. Wabah Virus Zika

Selanjutnya ada wabah virus Zika, yang ditetapkan oleh WHO sebagai Global Health Emergency pada tahun 2016. Virus Zika telah menginfeksi hampir 3 sampai 4 juta orang dalam kurun waktu satu tahun. Wabah Zika merupakan sebuah penyakit yang penularannya berasal dari nyamuk yang menyebabkan cacat lahir, contohnya seperti mikrosefali

Bahkan, 86 negara melaporkan tentang bukti bahwa infeksi dari Zika berasal dan ditularkan oleh nyamuk. Nyamuk memang selalu dikaitkan dengan penyakit, penularan yang berasal dari nyamuk juga bukan hanya satu penyakit, tetapi beberapa contohnya saja nyamuk yang menyebabkan demam berdarah, sampai saat ini penyebarannya pun sering terjadi di tanah air. 

Nah, itu 5 wabah penyakit yang ada di dunia. Semoga seluruh sahabat biartau selalu dalam keadaan yang baik dan juga sehat, ya. 

 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga