5 Koruptor Terkorup di Dunia, Lipat Uang Rakyat Hingga Triliunan! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Koruptor Terkorup di Dunia, Lipat Uang Rakyat Hingga Triliunan!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/54b9352ba4285f1abcc635578157457fa24c0040.webp

Korupsi adalah kejahatan yang perlu dibasmi, karena sangat merugikan dan menyengsarakan banyak orang. Kejahatan ini merupakakn masalah sangat serius di banyak negara, termasuk bangsa kita, Indonesia. Bahkan kasus korupsi sudah terjadi sejak masa kolonial Belanda. 

Berita mengenai penangkapan koruptor selalu menjadi ramai dan menyita banyak perhatian masyarakat. Bahkan, banyak media selalu memberitakan tentang penangkapan orang-orang yang terlibat kasus korupsi dari berbagai penjuru dunia. 

5 Daftar Koruptor Paling Korup di Dunia

Korupsi masih menjadi kasus yang luar biasa dan merupakan masalah yang terjadi di berbagai negara. Ternyata, ada 5 koruptor yang terkenal paling korup di berbagai negara, loh! Berikut daftarnya.

1. Sani Abacha 

Yang pertama ada Sani Abacha, presiden Nigeria yang masuk ke daftar koruptor terkorup di dunia. Rezim Abacha diketahui terlibat skandal korupsi yang cukup besar. Kasusnya baru terbongkar saat ia telah meninggal dunia. Abacha disinyalir telah mengambil uang rakyat sekitar 3 sampai 5 miliar dolar AS atau sekitar Rp 42 hingga 70 triliun. 

Pada tahun 2014, departemen kehakiman Amerika Serikat telah membekukan dana gelap yang jumlahnya lebih dari 6,4 Triliun yang disembunyikan oleh Abacha beserta komplotannya dari berbagai negara. Bertahun-tahun, Nigeria sangat berjuang agar uang tersebut bisa kembali, tetapi perusahaan yang menjadi komplotan dari abacha terus memperkeruh suasana dengan terus memperjuangkannya di pengadilan selama lima tahun. 

2. Alberto Fujimori 

Alberto Fujimori adalah presiden peru yang menjabat dari tahun 1990 sampai 2000. Ia diketahui menyelewengkan lebih dari 75 persen anggaran yang berasal dari Badan Intelijen Nasional tanpa menyuap hakim, media maupun politisi. Seolah ia membangun citra bersih kepada publik selama masa ia memimpin. Ia memiliki pasukan rahasia yang ditugaskan untuk membunuh seorang gerilyawan dan menggelapkan uang rakyat hingga 600 juta dolar AS atau berkisar Rp8,4 Triliun. 

Setelah sempat melarikan diri ke jepang tahun 2000 ia berhasil ditangkap di cile pada tahun 2005, Fujimori menjadi kepala negara pertama yang diekstradisi ke negara asalnya. Lalu, diadili dan divonis 30 tahun penjara. 

3. Ramzan Kadyrov 

Ramzan Kaydrop merupan kepala negara sebuah negara yang bernama Republik Chechnya. Di negara ini setiap orang harus membayar pajak untuk bisa tetap bekerja. Jadi, setiap bulannya rakyat Chechnya harus membayar pajak kepada sang presiden. Pajak tersebut disinyalir telah merengut pendapatan rakyat, 648 hingga 864 juta dolar AS per tahun berhasil dikumpulkan atau hampir 12 triliun. 

4. Ferdinand dan Imelda Marcos

Ferdinand pernah menjabat sebagai presiden Filipina dari tahun 1965 hingga 1986, sebelum ia diberhentikan lewat revolusi rakyat. Selama masa ia memimpin, utang negara mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dari 1 miliar dolar AS menjadi 25 Miliar dolar. Ia lalu menggunakan rekening bank luar negeri untuk menstransfer dana pemerintah ke rekening pribadinya. Laporan mengatakan bahwa Ferdunand telah mencuri kas Filipina sebesar Rp140 triliun. 

5. Mobutu Sese Seko 

Mobutu Sese Seko adalah presiden Republik Kongo, yang menjabat dari tahun 1965-1997. Selama masa kepemimpinanya, ia dikenal karena sering terlibat nepotisme. Dia diketahui pergi ke paris perancis untuk berbelanja serta menggelapkan dana milik pemerintah Kongo. Ia menggelapkan dana sekitar 4 hingga 15 miliar dolar AS atau setara dengan 211 Triliun. 

Itu dia 5 Koruptor terkorup di dunia, sungguh menyedihkan dan menjengkelkan ya sahabat biar tau.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga