5 Fakta di Balik Kemegahan Piramida, Ada Rahasia yang Belum Terungkap! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Fakta di Balik Kemegahan Piramida, Ada Rahasia yang Belum Terungkap!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/f71893a665f01487e24d8803b7e47df9f5ff898e.webp
Sumber : freepik

Piramida merupakan salah satu warisan dunia yang cukup terkenal di seluruh penjuru bumi. Walaupun merupakan peninggalan mesir kuno, tetapi sampai sekarang kemegahannya masih sangat terlihat jelas.

Tapi taukah kamu di balik kemegahannya yang menakjubkan mata, ternyata piramida ini memiliki beberapa fakta yang cukup menarik. Untuk kalian yang penasaran apa saja, yuk simak hal berikut ini dengan seksama.

1. Piramida Djoser

Piramida Djoser ternyata merupakan piramida yang pertama. Dahulu diperuntukkan bagi pemakaman seorang raja yang cukup terkenal pada masanya. Siapa lagi kalau bukan Firaun, yang memerintah sekitar abad pertengahan yakni pada abad ke-27 sebelum masehi.

Ada banyak peneliti yang percaya bahwa piramida ini dibangun oleh para budak dan tahanan. Tetapi fakta yang sebenarnya, menyatakan bahwa ada beberapa pekerja yang dibayar untuk mengerjakan pembangunan piramid ini.

2. Struktur Bangunan Kuat

Fakta yang kedua, struktur bangunan piramida kuat dan bisa bertahan sampai sekarang, piramida ini dibangun dengan bahan yang tentunya khusus yang disebut dengan bahan mortar. Bahan ini disebut-sebut lebih kuat dari batu, tetapi sampai saat ini para ilmuwan belum tau persis bahan yang digunakan terbuat dari bahan apa.

3. Adanya Piramida Berundak

Fakta selanjutnya, mengatakan bahwa piramida sebelumnya yang sering disebut sebagai piramida berundak, memiliki beberapa keistimewaan di antaranya memiliki cornice yang sangat besar yang nampak terlihat seperti sebuah tangga raksasa. Para arkeolog banyak yang percaya bahwa tangga ini dibuat dan dipergunakan oleh Firaun sebagai alat untuk memanjat ke tempat Dewa matahari yang sering disebut Ra.

Lalu, piramida ini juga memiliki sisi yang lebih condong miring dan juga datar. Piramida ini terlihat seperti gundukan yang muncul pada awal waktu tertentu, banyak mitos yang mengatakan bahwa Dewa matahari berdiri diatas gundukan tersebut, menciptakan dewa dan dewi lainnya. Apakah kalian sahabat biartau percaya juga dengan mitos ini?

4. Ada 138 Piramida Mesir

Selanjutnya, piramida yang sangat terkenal dibelahan dunia ini juga, dilansir memiliki sekitar 138 piramida yang terletak di mesir. Piramida terendah yang dibangun di Giza dikhususkan pembangunan nya untuk putra dari Shafre dan cucu Khufu, Menkaure yang pernah memerintah pada tahun 2532 sampai 2503 Sebelum Masehi. Perhitungan menyatakan bahwa tiga buah piramida Giza memiliki posisi yang sama dengan tiga bintang yakni sabuk Orion. Satu konstelasi yang cukup terkenal dan akan jelas terlihat pada saat malam hari.

Hal ini banyak diyakini, sebagai hal atau tindakan yang sangat disengaja oleh orang mesir kuno, untuk menghubungkan antara konstelasi dan juga Osiris, yang menurut mitos yang beredar merupakan dewa kehidupan setelah kematian dan kelahiran kembali, yang terkenal dalam agama yang mereka anut dahulu.

5. Adanya Rahasia yang Belum Terungkap

Fakta selanjutnya, adalah tentang bagaimana piramida bisa terbangun dan tetap berdiri kokoh sampai sekarang, merupakan rahasia yang sedang diungkap dan dicari tahu oleh para arkeolog selama bertahun-tahun lamanya. Banyak yang percaya, bahwa pekerja yang terdiri dari ribuan jumlahnya memotong balok-balok batu besar dan setelah itu mengangkatnya bersama-sama keatas piramida melalui jalan landau.

Para ilmuwan masih memperkirakan bahwa pembangunan piramida memakan waktu selama 23 tahun lamanya. Lalu, setidaknya hampir ada 20.000 orang yang ikut berpartisipasi dalam pembangunan Piramida Agung Giza.

Nah, itulah 5 fakta menarik di balik kemegahan piramida yang menjadi warisan dunia. Apakah kalian percaya terhadap mitos-mitos yang beredar?

 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga