Tragedi Halloween Itaewon 2022: Cara agar Aman di Keramaian - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Tragedi Halloween Itaewon 2022: Cara agar Aman di Keramaian

29 hari yang lalu
https://biartau.id/images/26bde3370626abbab4833c7c2e90155ca2af6e9e.webp
Foto oleh REUTERS/Kim Hong-ji

Tragedi Halloween 2022 pada Sabtu malam menjadi peristiwa yang mengejutkan banyak pihak terutama warga Itaewon, Korea Selatan. Pasalnya, keramaian pengunjung yang ingin merayakan Halloween justru menjadi penyebab meninggalnya 153 orang, karena terinjak-injak hingga henti jantung. 

Belajar dari peristiwa tersebut, sudah sepatutnya setiap orang tahu bagaimana cara menyelamatkan diri ketika dalam keramaian. Tanpa mengurangi rasa hormat dan belasungkawa terhadap korban tragedi Halloween 2022 di Itaewon, berikut cara agar tetap aman ketika berada di dalam keramaian.

1. Menyiapkan Berbagai Kebutuhan

https://biartau.id/images/171370c5f6af3d3fafd1b1c60a85c764acc318b4.webp
Mempersiapkan berbagai keperluan (Freepik)

Ketika kamu mengunjungi suatu tempat yang dipastikan akan ramai oleh pengujung, kamu perlu mempersiapkan berbagai hal yang dapat membantu. Misalnya air minum yang cukup, sepatu yang layak dan nyaman, tabir surya (untuk acara siang hari di luar ruangan). 

Barang-barang tersebut akan berguna terutama ketika kamu harus bergerak cepat. Air minum agar kamu tidak kelelahan, sepatu agar nyaman saat mencoba keluar dari keramaian, dan tabir surya agar kulitmu tidak terbakar atau melepuh saat berada di keramaian terutama siang hari. Kulit yang melepuh akan membuat gerakanmu menjadi lambat dan tentu berbahaya.

2. Memperhatikan Jalan Sekitar untuk Rute Keluar

https://biartau.id/images/29e596ef126af64c5537fc896db8f66bfa99e4f3.webp
Perhatikan area sekitar sebagai pilihan jalan keluar ketika dalam keramaian (Freepik/evening_tao)

Setelah menyiapkan berbagai keperluan, ketika kamu sudah berada di tempat, pastikan untuk memperhatikan area sekitar untuk mencari jalan keluar yang bisa kamu lalui saat terjebak keramaian. Kamu juga bisa pastikan apakah jalan tersebut mudah atau sulit dilalui, apakah jalan tersebut berupa tangga, lorong gelap, dll. 

Kamu bisa memperhitungkan pemilihan jalan keluar jika kamu sudah memerhatikan dan memahami area sekitar tempat kamu akan pergi.

3. Memperhitungkan Kepadatan Kerumunan

https://biartau.id/images/c1d8846cdf11bb16ca61826f0939c7bd41afec2e.webp
Perhitungkan kepadatan kerumunan sebelum bahaya (Freepik/setthawuth)

Kamu bisa mengetahui bahwa sebuah kerumunan berbahaya atau tidak dengan cara memperhitungkan kepadatan tersebut. Caranya, per orang dikali 1 meter persegi. Jadi ketika kamu berada di area 1 meter persegi dengan jumlah orang di bawah 5, itu masih aman walau berdesakan. Berbeda jika jumlah orang tersebut justru lebih dari 5 atau 6, itu artinya bahaya.

Kamu juga bisa mengetahuinya dengan cara apakah seseorang masih bisa menyentuh kedua bahumu secara bersamaan atau tidak. Jika kesulitan itu artinya keramaian dapat membahayakan.

4. Keluar dari Keramaian yang Memadat Sesegera Mungkin

https://biartau.id/images/a8855c4102ca6af88192221e5795533f1cc8402b.webp
Keluar dari keramaian sesegera mungkin ketika kerumunan memadat (Freepik/rawpixel.com)

Ketika kamu merasa area sekitarmu mulai memadat dan membuatmu tidak nyaman, pergilah sesegera mungkin sebelum keadaan di sekitar makin memburuk. Kamu juga perlu menjaga ruang pribadi dan bagaimana agar bisa menyesuaikan ketika terjadi sebuah kecelakaan.

Jika kamu kesulitan untuk keluar secepat mungkin, kamu bisa menjaga energi dengan tidak berteriak ataupun saling mendorong.

5. Sebisa Mungkin Tetap Berdiri dengan Posisi Tangan Sejajar Dada

https://biartau.id/images/0680bbeeea8d7761feda6ef19c2e68df91eaaebf.webp
Tetap berdiri kokoh dengan tangan sejajar dada saat dalam keramaian (Freepik/wwwslonpics)

Bahaya yang bisa terjadi ketika kamu terjebak dalam keramaian adalah mati lemas karena kekurangan oksigen, hingga jatuh terinjak-injak oleh orang lain.

Oleh sebab itu, sebisa mungkin posisikan dirimu tetap berdiri kokoh, pijakan kuat, lengan sejajar dengan dada (jangan biarkan lengan terjepit di samping). Kamu juga disarankan untuk tidak panik dan takut.

Tetap ikuti arus keramaian sembari kamu mencari jalan keluar. Jangan tahan dorongan kerumunan, sebab dorongan tersebut bisa lebih kuat dari kekuatanmu menahannya.

6. Hindari Objek yang Bisa Membuat Luka

https://biartau.id/images/c43d16d49d0412729fcf31172324ea1f29e8dbf7.webp
Hindari objek padat ketika dalam kerumunan (Freepik)

Saat berada di dalam kerumunan, hindari barang-barang padat hingga dinding karena itu bisa membuatmu terluka bahkan terjatuh. Karena ketika kamu tertahan oleh objek-objek tersebut, kamu akan kesulitan menyelamatkan diri.

7. Menolong Orang Lain Sebisa Mungkin

https://biartau.id/images/b6a034f69069b56af334eaeeb7aa8aee7e263e14.webp
Menolong orang lain agar tidak terjatuh saat kerumunan (Freepik/pressfoto)

Yang paling penting dalam menyelamatkan diri ketika dalam kerumunan adalah menjaga diri sendiri dan orang lain agar tidak terjatuh. Hal ini disebabkan karena kondisi orang di sekitarmu memengaruhi kesempatanmu untuk mencari jalan keluar dan menyelamatkan diri.

Itulah beberapa cara menyelamatkan diri dari keramaian yang berbahaya. Dengan mengetahui hal-hal tersebut setidaknya kamu sudah punya persiapan pemahaman cara mencari jalan keluar dalam keramaian. 

Semoga, korban selamat tragedi Halloween 2022 Itaewon bisa segera pulih, dan korban yang meninggal dunia bisa tenang di alam sana.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga