Sering Dipotong, Rambut Makin Cepat Tumbuh, Benarkah? - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Sering Dipotong, Rambut Makin Cepat Tumbuh, Benarkah?

28 hari yang lalu
https://biartau.id/images/15f68cc62a684aa39b02db7506b0492a8f84bfff.webp
Sumber: Freepik/pressfoto

Pernahkah kamu mendengar anggapan mengenai potong rambut? Misalnya seperti, memotong rambut akan membuat rambut tumbuh makin cepat. Nah, apakah anggapan tersebut benar ataukah hanya mitos belaka? 

Memotong rambut sebenarnya memiliki berbagai manfaat, baik bagi penampilan maupun kesehatan rambut itu sendiri. Namun, seringkali memotong rambut menimbulkan berbagai anggapan yang belum tentu kebenarannya. Salah satunya membuat rambut tumbuh makin cepat. Tidak hanya itu, simak berbagai mitos dan fakta seputar memotong rambut berikut ini!

1. Rambut Tumbuh Lebih Cepat?

https://biartau.id/images/e3ccabb0e1eb8bd17cbb57fe50a0881177d408e5.webp
Rambut tumbuh lebih cepat dengan potong rambut? (Sumber: Freepik/pressfoto)

Salah satu anggapan tentang memotong rambut adalah rambut tersebut akan tumbuh lebih cepat dari biasa. Benarkah anggapan tersebut? Ternyata, anggapan tersebut hanyalah mitos belaka atau tidak terbukti. 

Memotong rambut hanya mendorong pertumbuhan rambut dan bukan mempercepat pertumbuhannya. Kamu tetap disarankan untuk memotong rambut dengan rutin untuk menjaga kesehatan dan mendukung pertumbuhan rambut.

Biasanya, pemilik rambut pendek disarankan untuk memotong setiap 1 hingga 2 bulan sekali, rambut sedang 2-3 bulan sekali, dan rambut panjang 3-6 bulan sekali.

2. Rambut Tampak Lebih Tebal?

https://biartau.id/images/46d1cd992b7a73496f42a3040da473f68afb19bb.webp
Memotong rambut membuat rambut terlihat lebih tebal? (Sumber: Freepik/stockking)

Anggapan kedua tentang memotong rambut adalah dapat membuat rambut tampak lebih tebal. Benarkah begitu? Faktanya, memotong rambut tidak akan memengaruhi ketebalan rambut dan pertumbuhannya.

Anggapan tersebut ada mungkin karena dengan memotong rambut ujung rambut menjadi terlihat lebih tumpul, akibatnya rambut terlihat lebih gelap dan tebal.

Namun, dengan memotong rambut, kamu dapat mengatasi kerusakan pada rambut. Gaya tertentu bahkan dapat membuat rambutmu terlihat lebih tebal dan bervolume. Biasanya, gaya rambut tersebut cocok untuk kamu yang memiliki rambut tipis.

3. Rambut Bercabang dan Patah Dapat Teratasi?

https://biartau.id/images/71da48d95640baa2c946046de779c48e54f3c506.webp
Mengatasi rambut bercabang dan patah (Sumber: Freepik/Racool_studio)

Anggapan lain tentang memotong rambut adalah dapat mengatasi rambut bercabang dan patah. Mitos atau fakta? Sebelum menjawabnya, kamu harus tahu dulu penyebab rambut bercabang dan mudah patah.

Untuk kamu yang sering mewarnai, menggunakan pelurus rambut, atau mengeritingkan rambut akan lebih mudah mengalami masalah rambut bercabang dan mudah patah. Hal ini disebabkan karena paparan suhu panas dari alat pelurus atau bahan kimia dalam pewarna rambut mengakibatkan kerusakan.

Biasanya kamu cenderung menggunakan sampo dan kondisioner untuk mengatasi hal tersebut, tetapi penggunaan kedua pembersih tersebut tidak dapat memperbaiki struktur rambut menyeluruh.

Faktanya, dengan memotong rambut kamu bisa mengatasi rambut bercabang dan mudah patah tersebut. Hal ini disebabkan karena dengan memotong rambut dapat mendorong pertumbuhan rambut baru yang lebih sehat.

4. Memperbaiki Suasana Hati

https://biartau.id/images/1698708a95f2439bdb33d89585efc1a6110fce4c.webp
Memotong rambut dapat memperbaiki suasana hati? (Sumber: Freepik)

Pernah melihat orang yang memotong rambut dengan anggapan agar suasana hati mereka yang sedang murung dapat bahagia kembali? 

Atau biasanya mereka yang punya masalah, larinya ke salon untuk memotong rambut agar mereka bisa lebih kuat menyelesaikan masalah? Seperti membuang sial dengan memotong rambut.

Atau mungkin kamu pernah mengalami hal tersebut?

Tidak ada salahnya memotong rambut agar terlihat lebih fresh dan berbeda dari penampilan sebelumnya, tetapi bukan berarti memotong rambut dapat memperbaiki suasana hati, membuang sial, hingga menyelesaikan masalah yang tidak ada hubungannya dengan rambut. 

Jadi, jelas bahwa anggapan tersebut adalah mitos, ya!

Namun, dengan memotong rambut menjadi salah satu cara kamu untuk merawat rambut agar tetap sehat dan tampak indah.

Nah, itulah beberapa mitos dan fakta seputar anggapan mengenai memotong rambut. Memotong rambut adalah kegiatan yang perlu kamu lakukan secara rutin sebagai upaya merawat rambut. Mitos-mitos yang biasa kamu dengar biarlah menjadi mitos saja, percaya atau tidaknya kembali lagi padamu. Cari tahu? Biartau!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga