Perbedaan eMMC dan UFS pada Memori Internal Smartphone, Bagus Mana? - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Perbedaan eMMC dan UFS pada Memori Internal Smartphone, Bagus Mana?

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/67681607639d235a2e3f7313dc1a894e7b8065c0.webp

 

Tidak banyak yang tahu bahwa memori internal pada smartphone ternyata memiliki berbagai jenis, seperti eMMC dan UFS. Oleh sebab itu, sedikit orang yang menyadari perbedaan eMMC dan UFS tersebut. Tenang, kamu bisa memahaminya melalui artikel berikut ini.

Memori jenis eMMC lebih banyak digunakan pada smartphone keluaran lama. Sementara itu, akhir-akhir ini sudah banyak smartphone yang menggunakan teknologi UFS pada memori internal yang digunakan. Hal ini disebabkan karena kecepatan baca dan tulis pada memori berteknologi UFS dianggap lebih baik jika dibandingkan dengan memori eMMC.

Perbedaan eMMC dan UFS pada Memori

https://biartau.id/images/1c47ebf83b291c160083072c44f1d6501745bb24.webp
Source : Proactive Technical

 

Dalam artikel berikut, kamu bisa memahami perbedaan eMMC dan UFS dari segi pengertian hingga kecepatan baca dan tulisnya.

1. Pengertian eMMC dan UFS

Penyimpanan eMMC merupakan chip yang berfungsi untuk menyimpan berbagai data dari berbagai perangkat elektronik, khususnya handphone. eMMC (embedded Multi-Media Card) yang sekarang menjadi standar untuk digunakan adalah eMMC versi 5.1 yang diterbitkan oleh JEDEC sejak 2015.

UFS (Universal Flash Storage) merupakan teknologi terbaru yang digunakan pada penyimpanan data dan menjadi yang tercepat di dunia sekarang ini. Tentu dengan kecepatan tersebut kamu mendapatkan pengalaman yang jauh lebih baik lagi dalam menggunakan mobile.

Teknologi UFS pertama kali dirilis pada tahun 2011 dengan versi UFS 1.0. Untuk sekarang, versi terbaru dari UFS dan menjadi yang tercepat adalah UFS 3.1 yang dirilis pada tahun 2020, dan telah memenuhi kompatibilitas JEDEC.

2. Perbandingan Signifikan eMMC dan UFS

Di antara perbedaan eMMC dan UFS, ada hal yang signifikan yang membedakan keduanya, yaitu sebagai berikut:

  1. eMMC melakukan baca dan tulis dengan bergantian, sedangkan UFS bsa melakukan baca dan tulis secara bersamaan.
  2. Teknologi UFS prosesnya lebih cepat dibandingkan dengan eMMC, hal ini sama seperti SSD pada komputer.
  3. Kecepatan UFS tersebut berasal dari teknologi command queue, yang mampu mempercepat kecepatan perintah, dan pengolahan datanya jauh lebih baik dibandingkan eMMC.
  4. Penggunaan baterai pada teknologi UFS lebih hemat 50 persen jika dibandingkan dengan eMMC yang masih memakai interface paralel 8 bit.

3. Kelebihan UFS yang Digunakan pada Smartphone Dibanding eMMC

Dengan kecepatan yang dimiliki oleh teknologi UFS, sudah pasti banyak sekali manfaat yang dirasakan dalam smartphone yang menggunakannya. Perbedaan eMMC dan UFS tersebut dapat dirasakan ketika teknologi keduanya disematkan pada handphone.

Ketika melakukan booting misalnya, smartphone yang menggunakan UFS akan jauh lebih cepat prosesnya sebab kinerja baca dan tulis pada UFS dilakukan secara bersamaan.

Berbeda dengan smartphone yang masih menggunakan eMMC, proses booting akan terasa lebih lama, sebab proses baca dan tulisnya harus dilakukan bergantian.

Selain itu, tentu karena UFS disematkan pada teknologi penyimpanan data, ini akan memiliki pengaruh besar terhadap penggunaan smartphone. Dari pengalaman bermain games hingga menonton video misalnya, kualitas yang diberikan akan jauh lebih baik dibandingkan pada eMMC. 

Dengan kata lain, UFS yang disematkan pada smartphone tidak hanya sebagai media yang bertugas untuk menyimpan data-data saja, lebih dari itu, teknologi UFS memberikan kontribusi yang jauh lebih baik, terutama dalam menunjang kinerja RAM, CPU, dll pada smartphone.

4. Perbandingan Kecapatan Baca dan Tulis pada eMMC dan UFS

Untuk mengetahui perbedaan eMMC dan UFS dari segi kecepatan, kamu bisa lihat pada rincian berikut ini:

https://biartau.id/images/9c69a2d231caae54a3d59e77346ee4eb317921ac.webp
(Perbedaan Kecepatan eMMC dan UFS)

Dapat dilihat dari rincian tersebut bahwa versi terbaru dari eMMC saja masih kalah dengan versi pertama dari UFS. Oleh karena itu, teknologi UFS ini bisa dibilang jauh lebih cepat dibandingkan eMMC.

5. Perbandingan Harga eMMC dan UFS

Teknologi yang makin baik, biasanya membutuhkan biaya yang berlebih pula. Hal ini bisa juga terjadi pada perbedaan eMMC dan UFS dari segi harga. Harga smartphone yang memiliki teknologi UFS jauh lebih mahal jika dibandingkan handphone yang masih menggunakan eMMC.

Oleh sebab itu, kamu membutuhkan modal yang lebih banyak untuk mencoba menggunakan smartphone dengan teknologi UFS. Tentu harga yang tinggi tersebut sebanding dengan segala fitur yang dibawa oleh teknologi UFS pada smartphone. Pengalaman tersebut tidak bisa kamu dapatkan pada handphone yang masih dengan eMMC.

Itulah penjelasan mengenai perbedaan eMMC dan UFS yang perlu kamu ketahui. Setelah ini, mungkin kamu bisa periksa smartphone yang kamu gunakan apakah sudah tersemat teknologi UFS pada memori internalnya atau belum. Jika sudah, apakah kamu merasakan kelebihannya tersebut? Tulis pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga