Hemat Pengeluaran, Ini 5 Cara Menghemat Pulsa Listrik 900 Watt! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Hemat Pengeluaran, Ini 5 Cara Menghemat Pulsa Listrik 900 Watt!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/7f46e4bb912b678171377accaed344dfcab93bc2.webp

 

Cara menghemat pulsa listrik 900 watt perlu kamu ketahui agar pengeluaran tiap bulan untuk listrik tidak membengkak. Biasanya listrik boros disebabkan oleh penggunaan secara berlebihan pada alat rumah tangga yang membutuhkan listrik. Jadinya kebutuhan listrik meningkat, termasuk pada biaya pengeluarannya.

Pada listrik prabayar atau yang menggunakan pulsa/token, kamu perlu mengisi terlebih dahulu pulsa atau token agar bisa menggunakan listrik. Nah, kalau pengeluarannya ternyata habis, listrik di rumahmu jadi tidak mengalir. Oleh karena itu, penting untuk tahu cara menghemat pulsa dan token listrik agar kamu masih bisa menikmati manfaat listrik di rumahmu.

Cari Tahu Apa Itu Listrik Prabayar

Kamu harus tahu terlebih dahulu apa itu listrik prabayar dan perbedaannya dengan listrik pascabayar. PLN memperkenalkan sistem listrik prabayar beberapa tahun lalu, yang kini sudah banyak digunakan di berbagai rumah. Konsepnya sama seperti pulsa di handphone, untuk menggunakan listrik kamu perlu mengisi pulsa atau token terlebih dahulu agar bisa dipakai.

Kamu tidak perlu lagi mengantre panjang dan lama hanya untuk membayar listrik bulanan. Tentu, hal ini menjadi kelebihan dari penggunaan listrik prabayar. Kekurangannya adalah ketika pulsa tersebut habis, listrikmu benar-benar terputus hingga kamu mengisinya kembali untuk digunakan.

Perbedaan Listrik Prabayar dengan Pascabayar

https://biartau.id/images/843c9befa163615831d7eb7defcb2308bbcc042d.webp

 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, listrik prabayar memintamu untuk mengisi pulsa listrik terlebih dahulu agar bisa menggunakannya. Berbeda dengan listrik pascabayar yang akan dibayar setelah digunakan (biasanya dalam 1 bulan). Listrik pascabayar sudah digunakan sejak lama, jadi kamu tidak asing apabila ada orang PLN yang tiba-tiba datang ke rumahmu.

Selain itu, pada pengguna listrik prabayar tidak dikenakan rekening minimum seperti pada pengguna listrik pascabayar. Rekening minimum merupakan harga yang harus dibayar sesuai ketentuan walaupun kamu tidak menggunakan listrik di atas harga rekening minimum. Jadi, jika rekening minimum 50 ribu, dan penggunaan listrikmu di bawah 50 ribu, harga bayar sama.

Hal tersebut tidak berlaku pada listrik prabayar, sebab penggunaannya sudah diatur sesuai dengan voucer yang kamu isikan pada meteran listrik. Jika kamu tidak menggunakan listrik karena sedang pergi ke luar, pulsa listrikmu tidak akan habis dan kamu tidak dikenakan rekening minimum.

Keuntungan yang Didapat dari Penggunaan Listrik Prabayar

Ada beberapa keuntungan yang kamu dapat ketika menggunakan listrik prabayar, yaitu:

  1. Kamu bisa mengatur dan memantau penggunaan listrik di rumah.
  2. Tidak perlu didatangi petugas listrik PLN lagi, dan terhindar dari kasus petugas PLN palsu yang justru tiba-tiba merugikanmu melalui meteran listrik yang mereka salah gunakan.
  3. Penggunaan listrik tidak akan bisa dibobol untuk digunakan oleh orang lain. Jadi, pengeluarannya pun sesuai dengan yang kamu isi.

Cara Menghemat Pulsa Listrik 900 Watt Prabayar

https://biartau.id/images/90a534741319651f0c68f687586a2b3b35c0e84c.webp

 

Nah, setelah mengetahui pengertian dan kelebihan dalam menggunakan listrik prabayar, selanjutnya kamu perlu tahu cara menghemat pulsa listrik 900 watt. Sebenarnya, cara ini tidak hanya untuk pengguna listrik 900 watt saja, tapi juga pada besaran listrik yang lain.

Kira-kira apa saja cara menghemat pulsa listrik 900 watt? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Catat Alat Listrik Apa Saja yang Digunakan

Cara menghemat pulsa listrik 900 watt yang pertama baik untuk di rumah maupun di tempat seperti kos dll. adalah dengan mencatat barang apa saja yang sekiranya menggunakan listrik. Dengan mengelompokkan barang tersebut kamu jadi tahu, barang mana yang memerlukan daya listrik yang besar.

Nah, jika sudah tahu barang mana yang butuh daya besar, segera lakukan pembatasan penggunaan agar pengeluaran tidak jebol.

2. Matikan dan Cabut Peralatan Listrik yang Tidak Digunakan

Ketika kamu keluar rumah, alangkah baiknya untuk mematikan dan mencabut seluruh peralatan yang menggunakan listrik. Hal ini bisa menjadi cara menghemat pulsa listrik 900 watt yang kamu lakukan.

Jadi, jangan lupa atau malas untuk mencabut dan mematikan seluruh peralatan listrik ketika bepergian, ya!

3. Menggunakan Lampu LED Hemat Daya

Selanjutnya, gunakanlah lampu LED yang lebih hemat daya agar kamu bisa menghemat pengeluaran listrik dalam jangka panjang. Penggunaan lampu seperti barang wajib di rumah karena memang memberikan banyak manfaat.

Dengan lampu LED yang hemat daya, kamu bisa save pengeluaran bulanan agar tidak terlalu boros. Jangan lupa juga untuk matikan lampu saat tidak digunakan!

4. Gunakan TV LED

Ternyata, TV LED lebih hemat daya listrik dibandingkan TV tabung. Jadi, jika sekiranya kamu masih perlu menonton TV, kamu bisa ganti TV tabung dengan TV LED sebagai cara menghemat pulsa listrik 900 watt.

5. Nyalakan AC Seperlunya

Tidak bisa dimungkiri penggunaan AC cukup penting terutama saat cuaca panas. Namun, AC juga menjadi salah satu peralatan yang membuat boros listrik. Gunakanlah AC seperlunya dan jangan dinyalakan sepanjang hari agar pengeluaran listrik tidak boros.

Itulah cara menghemat pulsa listrik 900 watt yang bisa kamu ikuti di rumah, kosan, dll. Dengan menghemat listrik, tidak hanya menjaga pengeluaranmu, tetapi juga menjaga bumi dari pemborosan energi. Sudahkah kamu melakukannya? Jika belum, yuk, mulai dari sekarang coba untuk menghemat listrik!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga