Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel Data - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel Data

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/8f58ca4900b125a991b05899b42fc9f38b36a9d4.webp

 

Mengetahui cara menghubungkan HP ke laptop dengan kabel data sangat berguna ketika kamu ingin memindahkan data. Biasanya, kamu akan memindahkan data dari HP yang penyimpanannya penuh dengan file tetapi kamu tidak mau menghapusnya. Akhirnya file-file tersebut kamu pindahkan ke laptop yang memiliki penyimpanan lebih banyak.

Namun, ternyata masih banyak yang bingung bagaimana mengoneksikan HP tersebut ke laptop, meskipun sudah ada kabel data. Hal ini disebabkan karena ketika menghubungkan kabel data ke HP dan laptop, ada setting yang perlu dilakukan. Nah, di bagian inilah yang membuat bingung sebagian pengguna HP tersebut. Tenang, artikel ini bisa bantu pecahkan masalahmu.

Jenis-Jenis Koneksi pada HP yang Dihubungkan ke Laptop

https://biartau.id/images/9da05653d366cd89cd0fe57f37fadc78d8aa447e.webp

 

Ketika kamu menghubungkan HP ke laptop dengan kabel data, biasanya akan muncul opsi pada HP yang membuat sebagian orang bingung harus memilih yang mana. 

Tidak perlu khawatir, sebelum mencari tahu cara menghubungkan HP ke laptop dengan kabel data, berikut penjelasan mengenai jenis-jenis koneksi ketika kamu hubungkan HP ke laptop menggunakan kabel data.

1. USB Mass Storage

Opsi pertama adalah USB Mass Storage, yang memungkinkan kamu untuk mengakses memori perangkat Android secara penuh. Ketika kamu memilih opsi ini, sebagian aplikasi akan berhenti bekerja, sebab memori yang digunakan pada HP telah terhubung dengan laptop.

Jadi, ketika kamu ingin mentransfer file foto, video, dokumen, dll. dari HP ke laptop, kamu bisa gunakan opsi 1 ini. Pastikan agar kabel data terhubung secara stabil dan jangan gunakan HP saat mentransfer file untuk menghindari risiko kegagalan dan file yang hilang.

Tidak hanya itu, karena akses penuh tersebut, kamu perlu berhati-hati, karena bisa saja virus yang berasal dari laptop atau HP saling bertukar, sehingga menyerang kedua device tersebut.

2. Media Transfer Protocol (MTP)

Mirip dengan USB Mass Storage, MTP memungkinkanmu mentransfer file dari HP ke laptop. Bedanya, pada MTP, Androidmu tidak berhenti bekerja sepenuhnya dan aman untuk diakses pada komputer dan laptop.

3. Pictures Transfer Protocol (PTP)

Berbeda dari 2 jenis sebelumnya, PTP hanya memungkinkanmu untuk memindahkan file berupa gambar (pictures), terutama gambar yang tidak bisa diakses oleh jenis koneksi MTP. Itulah yang membedakan PTP dan MTP. 

Selain itu, PTP juga memungkinkanmu menjadikan kamera HP sebagai kamera eksternal yang bisa diakses di laptop. Nantinya kamera HP-mu bisa digunakan menjadi kamera laptop (mirip dengan webcam eksternal).

4. Charging Only

Sesuai dengan namanya, jenis koneksi ini hanya akan mengisi daya HP-mu tanpa menghubungkan penyimpanan dari kedua device. Nantinya kamu tidak punya akses untuk berbagi file dari HP dan laptop karena hanya digunakan untuk mengisi daya.

Langkah-Langkah Cara Menghubungkan HP ke Laptop dengan Kabel Data

https://biartau.id/images/3065d8ff72c67ade48c29685ce40c38206bce6ce.webp
Source : Lovely Ristin

 

Setelah mengetahui jenis-jenis koneksi yang mungkin membuat sebagian orang bingung, selanjutnya adalah langkah-langkah cara menghubungkan HP ke laptop dengan kabel data.

  1. Siapkan HP, laptop, dan kabel data yang akan digunakan. Pastikan kabel data yang digunakan adalah versi orisinal atau pabrikan sesuai dengan brand HP yang kamu miliki.
  2. Lalu, sambungkan kabel data ke lubang charger HP, dan port USB laptop.
  3. Akan muncul opsi sesuai dengan jenis-jenis koneksi yang telah dijelaskan sebelumnya. Pilihlah koneksi yang ingin kamu lakukan, jika mentransfer file pilih MTP, atau jika hanya ingin mengisi daya, pilih “Charging Only”.
  4. Setelah terhubung dan memilih untuk mentransfer file, kamu bisa gunakan laptop untuk mengatur penyimpanan seperti memindahkan, menghapus file, dll.
  5. Jika sudah selesai, jangan langsung dicabut, pindahkan dulu opsi di HP-mu ke "Charging Only" atau "Tidak Ada Transfer Data" agar kamu bisa mencabut kabel data dengan aman.
  6. Terakhir, cabut kabel data, dan kamu sudah selesai mentransfer file.

Bagaimana, mudah, bukan? 

Catatan: Mungkin di sebagian smartphone pilihan opsi memiliki penamaan yang berbeda, seperti misalnya “MTP” diganti dengan “Transfer File”, atau “Charging Only” dengan “Mengisi Daya via USB”, tergantung dari settings smartphone yang kamu miliki.

Itulah penjelasan mengenai cara menghubungkan HP ke Laptop dengan kabel data. Setelah ini kamu tidak perlu bingung lagi ketika ingin berbagi file dari HP ke laptop, karena kamu sudah tahu jenis-jenis koneksinya. Kamu sudah mencobanya? Bagaimana, apakah sudah bisa? Yuk, tulis pengalamanmu di kolom komentar!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga