Cara Menghubungkan Headset Bluetooth ke HP dengan Mudah - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Menghubungkan Headset Bluetooth ke HP dengan Mudah

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/b0663361b0a9ac98c6205fb3eb778c3f8287fa20.webp

 

Makin berkembang teknologi, berkembang pula jenis-jenis headset atau earphone. Dari yang awalnya menggunakan kabel dan dihubungkan ke lubang jack audio 3.5 mm, hingga yang tidak menggunakan kabel sama sekali (wireless). Namun, masih banyak yang kesulitan dengan cara menghubungkan headset bluetooth ke HP tersebut meskipun diberi buku panduan.

Tenang, artikel kali ini akan membantu kamu agar bisa terkoneksi dengan headset bluetooth hingga fungsi-fungsi tombol yang bisa kamu gunakan. Sebenarnya, buku panduan setiap ­produk dari headset bluetooth sudah dengan jelas memberikan tata caranya, hanya saja terkadang menggunakan bahasa Inggris atau bahasa asing yang sulit dimengerti.

Cara Menghubungkan Headset Bluetooth ke HP Android

Headset bluetooth mulai banyak digemari oleh para penggunanya sebab tidak perlu lagi sibuk dengan kabel yang terkadang terbelit ketika ingin digunakan. Headset bluetooth lebih minimalis dan cara pakainya pun tidak terlalu sulit. Kamu tinggal menyalakan bluetooth pada HP dan lakukan pairing atau mengoneksikannya dengan headset tersebut.

Mungkin bagi sebagian orang cara menghubungkan headset bluetooth ke HP tersebut tidak semudah kelihatannya, sebab meskipun sudah dinyalakan terkadang headset bluetooth tidak mau terkoneksi.

Di samping kelebihannya yang minimalis, tidak perlu pusing dengan kabel yang terbelit, hingga proses koneksi yang mudah, headset bluetooth juga memiliki kekurangan. Bentuknya yang kecil membuatnya mudah terjatuh, belum lagi ketika hilang benda kecil ini sulit dicari. Selain itu headset bluetooth menggunakan sistem baterai yang akan habis jika digunakan terlalu lama.

Namun, untuk kamu yang sudah punya headset bluetooth dan masih kesulitan dengan cara menghubungkan headset bluetooth ke HP, kamu bisa simak langkah-langkahnya dalam artikel ini.

1. Nyalakan Headset Bluetooth

Setiap produk mungkin memiliki cara yang berbeda dalam menyalakan headset bluetooth. Namun, pada umumnya untuk menyalakan headset bluetooth adalah dengan cara menekan tombol power atau bagian touchscreen headset tersebut hingga headset menyala ditandai dengan lampu berkedip.

Letak tombol tersebut bisa di bagian kiri, kanan, atau keduanya. Kamu bisa memastikannya melalui buku panduan agar lebih jelas.

2. Nyalakan Mode Pairing Bluetooth pada Headset

https://biartau.id/images/da66d844d9233fa7b8d4ac97c31a83e2cf82a905.webp
Source : IDN Times

 

Setelah headset bluetooth menyala, selanjutnya adalah dengan menyalakan mode pairing agar kamu bisa mengoneksikannya dengan handphone. Umumnya, headset bluetooth akan langsung masuk ke mode pairing saat kamu nyalakan pertama kali, tetapi mungkin tidak semua seperti itu.

Jika headset bluetooth milikmu tidak langsung masuk ke mode pairing, kamu bisa mengaktifkannya dengan menekan (tidak ditahan) satu kali bagian tombol power

Biasanya jika mode pairing aktif, akan ditandai suara yang menyebutkan bahwa headset bluetooth masuk ke mode pairing.

3. Aktifkan Bluetooth pada Smartphone

Selanjutnya adalah menyalakan bluetooth pada smartphone sebagai cara menghubungkan headset bluetooth ke HP. Kamu bisa menyalakan bluetooth melalui “Setting” atau dengan menggulir bagian atas layar ke bawah atau dari bawah ke atas (sesuai pengaturan HP) agar menemukan function bar.

Biasanya, fitur bluetooth di HP setelah menyala akan langsung melakukan scan terhadap perangkat baru yang ditemukan. Kamu bisa menunggunya hingga perangkat headset bluetooth muncul di bagian bluetooth HP-mu.

4. Hubungkan Smartphone dengan Headset Bluetooth

https://biartau.id/images/8dd11d1057876ffeb5a8990e1112c5f8ea4d5e87.webp
Source : IDN Times

 

Terakhir, kamu bisa langsung melakukan pairing agar smartphone dan headset bluetooth-mu terhubung. Caranya dengan menekan pada nama perangkat headset bluetooth-mu di bagian perangkat yang ditemukan di setting bluetooth. Biasanya nama perangkat headset bluetooth tidak jauh berbeda dengan nama merek dan tipe headset tersebut.

Ikuti instruksi yang diminta sampai HP benar-benar terhubung dengan headset bluetooth dan kamu sudah bisa mendengarkan suara baik musik, video, dll. melalui headset bluetooth tersebut.

Bagaimana, tidak sulit, bukan? Untuk memudahkanmu menggunakan headset bluetooth, kamu bisa pahami beberapa fungsi berikut dan bisa kamu praktikan.

  1. Untuk menghentikan musik saat kamu mendengarkannya, caranya adalah dengan menekan tombol 1 kali pada headset. Pun untuk menghidupkan kembali musiknya, kamu bisa menekan 1 kali lagi agar musik yang mati jadi menyala.
  2. Untuk mengganti lagu, kamu bisa melakukan swipe pada headset kiri atau kanan, ke arah luar. Kamu bisa melihatnya lewat buku panduan agar lebih jelas.
  3. Untuk memundurkan satu lagu, kamu lakukan swipe pada headset sebaliknya dari headset yang berguna untuk memajukan satu lagu. Lihat buku panduan agar lebih jelas.
  4. Menerima dan menolak panggilan bisa kamu lakukan dengan menekan tombol pada headset baik di sebelah kiri atau kanan. Kamu juga bisa lihat buku panduan agar lebih memastikan.

Itulah penjelasan mengenai cara menghubungkan headset bluetooth ke HP, agar kamu bisa mendengarkan musik maupun menonton video. Cara-cara tersebut cukup mudah dilakukan. 

Kamu juga bisa mencoba beberapa fungsi tombol seperti yang telah dijelaskan. Nah, kira-kira produk headset bluetooth apa yang kamu punya dan favoritkan? Tulis di kolom komentar, ya!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga