Cara Memindahkan File Antar Google Drive, Bikin Space Lega! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Memindahkan File Antar Google Drive, Bikin Space Lega!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/c74efaab6e23ea690350b01e152928ef26088c29.webp

 

Google memberikan kapasitas penyimpanan setiap kali kamu membuat akun Google (berupa Gmail), yaitu sebesar 15 GB per akun. Namun, tidak semua orang merasa cukup dengan kapasitas tersebut dan sering kali merasa kurang. Akhirnya mereka mencari cara memindahkan file antar Google Drive agar bisa menyimpan lebih banyak file yang mereka miliki.

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan agar memiliki kapasitas Google Drive berlebih, yaitu dengan berlangganan kapasitas penyimpanan tentu membutuhkan modal, atau membuat akun Google baru agar mendapatkan kapasitas sebesar 15 GB lagi. Kamu pasti memilih untuk melakukan cara kedua. Kira-kira bagaimana caranya? Simak artikel berikut ini!

Cara Memindahkan File Antar Google Drive dengan Membuat Akun Baru

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa setiap akun baru Google akan mendapatkan kapasitas gratis sebesar 15 GB di Google Drive. Itu artinya kamu bisa memanfaatkan akun baru agar mendapatkan kapasitas tambahan untuk menyimpan file di Google Drive. 

Sebelum memulai langkah-langkahnya, siapkan akun Google Drive utama yang berisi file-file dan akun Google Drive baru yang penyimpanannya masih kosong. Adapun berikut cara memindahkan file antar Google Drive yang bisa kamu ikuti:

1. Masuk ke Akun Utama yang Berisi File

Pertama, kamu perlu masuk ke akun Google Drive yang berisi file yang akan kamu pindahkan ke akun lain. Caranya dengan mengunjungi situs Google Drive lalu masukkan akun e-mail dan password akun utama yang berisi file tersebut.

2. Pilih “Drive Saya” dan Cari File yang Akan Dipindah

https://biartau.id/images/d77052198a743add3a0ead40ac0acad9fc885dd1.webp

 

Setelah masuk ke akun Google Drive, kemudian klik menu “Drive Saya” yang ada di jajaran sebelah kiri atas. Kemudian akan muncul berbagai file-mu yang tersimpan di Google Drive. Cari dan pilih file yang akan kamu pindahkan ke akun Google Drive baru.

3. Pilih “Bagikan”

https://biartau.id/images/1e9a979fe70980329c196562d5094fa8b2cb1312.webp

 

Setelah menemukan file, kemudian klik kanan pada file tersebut dan akan muncul pop up menu. Pilih tombol “Bagikan” atau “Share” (jika menggunakan bahasa Inggris). Selanjutnya, akan muncul pop up menu tempat kamu mengisi e-mail baru yang akan dikirim file-nya.

4. Masukkan Akun Google Drive Baru

Masukkan akun Google baru pada pop up menu yang diminta. Lalu, berikan akses sebagai “Editor” dengan mengeklik menu di sebelah kanan e-mail yang kamu masukkan.

5. Klik Tombol “Kirim”

https://biartau.id/images/3daf8aa382d7d6d8a416d7cf1fc7dd55f87accff.webp

 

Selanjutnya klik “Kirim”. Jika muncul pop up konfirmasi bahwa kamu akan tetap mengirim file tersebut, klik saja “Tetap Kirim” atau “Tetap Bagikan” di kanan bawah. 

6. Masuk ke Akun Google Drive yang Dikirimi File

Kemudian cara memindahkan file antar Google Drive selanjutnya adalah masuk ke akun Google Drive yang baru saja kamu kirimi file. Seperti biasa dengan memasukkan e-mail dan password yang diminta. Pastikan mengisinya dengan benar.

7. Cari File yang Dikirim dan Buat Salinan

https://biartau.id/images/fd9d81de2f9108be7af85794fc019deed678d384.webp

 

Kemudian, carilah file yang dikirimi tadi dan klik kanan pada file tersebut. Saat pop up menu muncul, pilihlah “Buat Salinan” atau “Make a Copy” agar file tersebut menjadi milik akun baru.

8. Hapus File di Akun Google Drive Utama

Setelah selesai membuat salinan, bukalah kembali akun Google Drive utama, dan hapus file yang sudah dipindahkan agar kapasitas penyimpanan di akun utama menjadi lebih lega.

Itulah penjelasan mengenai cara memindahkan file antar Google Drive agar kapasitas penyimpanan menjadi lebih luas untuk menyimpan file-file baru. Kamu sudah mencoba cara ini belum? Atau justru lebih memilih berlangganan langsung ke Google? Komen pendapatmu di kolom bawah, ya!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga