Mengenal Apa Itu SEO YouTube, Teknik Penting untuk YouTuber - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Mengenal Apa Itu SEO YouTube, Teknik Penting untuk YouTuber

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/0fb0037b526c2c4762b7e941cc0a7c7adaa5d94c.webp

 

Pernah mencari suatu video di YouTube dengan memasukkan kata kunci tertentu? Misalnya “cara memasak nasi goreng”, hasilnya kamu akan mendapatkan banyak deretan video. Lalu, kamu cenderung mengeklik video paling atas dan alhasil video paling atas mendapat banyak views. Mengapa bisa? Cari tahu apa itu SEO YouTube!

SEO YouTube memungkinkan video-videomu ditonton oleh banyak orang karena berada di jajaran atas bersama video serupa. Lalu, bagaimana menjalankan SEO tersebut agar videomu dapat dilihat banyak orang? Simak terus penjelasan dalam artikel kali ini!

Apa Itu SEO YouTube?

https://biartau.id/images/c4ef2dfb0a724e62b393c983e3b3b99b24fb6882.webp
Source : Inwepo

 

Untuk kamu yang belum tahu apa itu SEO, SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Ini merupakan teknik yang bisa diterapkan pada halaman web berisi artikel maupun video di YouTube. Dengan mengoptimasi menggunakan teknik SEO, kontenmu nantinya akan bisa ditemukan oleh para pengguna.

Apa itu SEO YouTube? SEO YouTube artinya mengoptimasi video konten YouTube milikmu agar bisa dilihat banyak orang dengan mengoptimalkan bagian meta data, deskripsi video, daftar putar, video, hingga saluran YouTube yang kamu miliki.

Kamu harus bisa memanfaatkan teknik ini agar bisa membuat banyak pengguna YouTube menonton konten yang kamu buat. Bayangkan, YouTube memiliki banyak sekali pengguna dan mereka bisa menemukan videomu.  Tentunya videomu akan memiliki banyak viewers.

Mengapa SEO? Karena YouTube sama seperti Google, platform ini dipakai untuk mencari sesuatu menggunakan kata kunci, bedanya di YouTube yang akan kamu temukan adalah video-video yang sesuai dengan kata kunci tersebut. Oleh karena itu, saluran YouTubemu perlu kamu optimalkan dengan SEO YouTube.

Cara Kerja SEO YouTube

https://biartau.id/images/ed65eb9480e7cc4b97b95de4f70df255e7423469.webp

 

Kamu yang tidak tahu mengenai SEO perlu untuk mengetahui bagaimana cara kerja SEO YouTube agar makin tahu apa itu SEO YouTube. 

YouTube merupakan platform video milik Google, artinya kedua mesin pencari ini akan saling berbagi data. Hal ini justru menguntungkan pelaku YouTube karena video yang mereka unggah akan terindeks juga di Google. 

Nah, karena video yang terindeks di Google banyak, Google akan membuat peringkat pada video-video tersebut mana yang paling relevan dengan kata kunci yang dimaksud. Dengan SEO, videomu berpotensi untuk diindeks oleh Google dan muncul di halaman pencarian orang lain ketika mereka mencari sesuatu.

Karena Google perlu memahami videomu agar bisa menilai seberapa relevan dengan kata kunci, kamu perlu mengoptimalkan bagian judul video, deskripsi, tag, teks tertutup, dll. Jangan lupa untuk memanfaatkan teknik SEO. Oleh karena itu, artikel mengenai apa itu SEO YouTube ini penting untuk kamu pahami.

Cara Menerapkan Teknik SEO YouTube pada Unggahan Video

https://biartau.id/images/47e1e7fc17a2331ff20e06e21065b11d458d90ee.webp

 

Setelah mengetahui apa itu SEO YouTube, waktunya kamu memulai untuk menerapkan teknik SEO pada setiap video unggahanmu di YouTube. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

1. Gunakan Kata Kunci

Ketika ingin memproduksi suatu video kamu perlu tahu terlebih dahulu kata kunci yang digunakan oleh pengguna YouTube. Kamu bisa menggunakan Google Keyword Planner agar bisa menemukan kata kunci yang banyak dicari audiens. Kata kunci dengan search volume tinggi artinya video tersebut sedang banyak dicari oleh para penonton

2. Optimasi Judul Video yang Diunggah

Setelah mendapatkan kata kunci yang akan dibuat konten, pastikan judul video yang akan kamu unggah memuat kata kunci tersebut. Misalkan kata kunci yang kamu dapatkan adalah “cara memasak nasi goreng”, kamu bisa buat judul video menjadi “cara memasak nasi goreng dengan mudah”.

3. Isi Deskripsi Video

Jangan lupa untuk selalu mengisi deskripsi video. Banyak orang malas mengisi deskripsi video, padahal ini merupakan salah satu cara mengoptimalkan video yang diunggah sesuai teknik SEO YouTube.

Kamu juga bisa sisipkan kata kunci di dalam deskripsi video agar bot YouTube mudah menemukan videomu.

4. Optimasi Tag Video

Optimasi tag dengan kata kunci juga perlu dilakukan. Tag yang relevan dan sesuai kata kunci akan membuat videomu mudah dicari oleh pengunjung.

5. Pakai Teknik Call-to-Action (CTA)

Kamu juga bisa menggunakan teknik Call-to-Action untuk membuat orang memberikan komentar pada video yang kamu unggah. Hal ini disebabkan karena YouTube akan memberikan peringkat yang lebih tinggi pada video yang populer.

6. Ajak Penonton untuk Subscribe

Selain meminta penonton untuk berkomentar, jangan lupa juga untuk selalu mengajak penonton untuk men-subscribe saluran YouTubemu akan makin populer.

7. Tambahkan Fitur Captions

Tambahkan caption agar membantu teman-teman tuli atau sulit mendengar untuk menikmati video yang kamu suguhkan.  

8. Bagikan Video YouTube

Membagikan video YouTube juga salah satu cara agar saluran YouTubemu menjadi lebih populer. Manfaatkan seluruh media sosial untuk promosi, dan ajak penonton untuk membagikan video-videomu.

9. Tingkatkan Waktu Orang Menonton Video

Buatlah konten berkualitas, agar orang-orang makin betah untuk menonton video-videomu. Makin lama mereka menonton video, maka makin meningkat jumlah waktu tonton saluranmu. Ini akan berpengaruh pada metrik peringkat YouTubemu.

10. Buat Daftar Putar

Untuk memudahkan penonton mencari video yang mereka cari di saluranmu, buatlah daftar putar untuk mengelompokkan video-video serupa yang kamu buat. Dengan membuat daftar putar, kamu telah memberikan kemudahan kepada penonton sehingga mereka akhirnyamau men-subscribe saluran YouTubemu.

Itulah penjelasan mengenai apa itu SEO YouTube yang perlu kamu ketahui sebagai cara menaikkan subscriber YouTube (internal link no. 92). Dengan makin mengoptimalkan video-video dan saluran YouTube, kamu berpotensi untuk mendapatkan penonton lebih banyak dan views videomu pun menjadi naik. Bagaimana, menarik, bukan?

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga