Kode PLN “PERIKSA” pada Meteran Listrik, Apa Maksudnya? - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Kode PLN “PERIKSA” pada Meteran Listrik, Apa Maksudnya?

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/444a54152916f09f352fb4a38c00bdb986575268.webp

 

Kode PLN “Periksa” bisa saja muncul pada pelanggan yang menggunakan listrik prabayar. Mengapa bisa? Anda tidak perlu panik, karena tulisan “Periksa” yang muncul pada meteran listrik tidak terjadi karena meteran listrik kehabisan pulsa ataupun token, tetapi terjadi karena adanya masalah pada instalasi listrik.

Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda perlu tahu apa saja yang menyebabkan meteran listrik prabayar Anda memunculkan tulisan “Periksa”. Simak penjelasannya berikut ini!

Kode PLN “Periksa”

https://biartau.id/images/b999125817e7b5cfd180902b3157a28ca82d76af.webp

 

Para pengguna listrik di Indonesia sejak beberapa tahun lalu sudah bisa menggunakan listrik prabayar, atau lebih dikenal dengan listrik sistem token atau pulsa. Untuk bisa menggunakan energi listrik, pengguna harus mengisi token atau pulsa terlebih dahulu, layaknya ketika ingin menelepon melalui handphone yang membutuhkan pulsa.

Dengan cara tersebut, masyarakat bisa memantau penggunaan listrik, mulai dari berapa token atau pulsa yang digunakan per hari, hingga sisa token atau pulsa setelah menggunakan beberapa alat elektronik. Besaran pulsa yang dapat diisi pun bervariasi, dari 20 ribu hingga ratusan ribu.

Namun, bukan berarti menggunakan listrik prabayar tidak akan mengalami masalah. Tetap ada, dan salah satunya yang sering dikeluhkan pengguna listrik prabayar, yaitu terjadinya eror dengan munculnya tulisan “Periksa” pada meteran. Lalu, apa saja penyebab kode PLN “Periksa” tersebut?

1. Tegangan Listrik Tidak Stabil

Tulisan “Periksa” bisa muncul akibat tegangan listrik yang tidak stabil. Hal ini disebabkan adanya gangguan yang menyebabkan tegangan menjadi naik turun, sehingga memunculkan tulisan “Periksa” pada meteran listrik.

2. Terjadi Kebocoran pada Listrik

Selain tegangan yang tidak stabil, listrik yang bocor juga bisa menyebabkan meteran listrik memunculkan kode PLN “Periksa”. Hal ini terjadi karena kabel yang digunakan tidak sesuai standar, pemasangan kabel longgar, hingga ada bagian kabel yang terkelupas.

3. Kualitas Kabel Tidak Sesuai

Pastikan untuk menggunakan kabel yang sesuai untuk mengalirkan energi listrik pada rumah Anda. Kabel yang tidak sesuai standar juga menjadi penyebab munculnya kode PLN “Periksa” pada meteran. Kabel instalasi yang sesuai standar adalah kabel 1,5 mm. Jangan gunakan kabel di bawah standar.

4. Salah Pemasangan Ground

Baiknya, ground dipasang sebelum meter KWh. Jika Anda salah memasang ground, bukan tidak mungkin tulisan “Periksa” akan muncul pada meteran listrik Anda.

5. Tombol Temper Menyala Akibat Cover Dibuka

Pada meteran listrik prabayar, terdapat sebuah tombol yang digunakan untuk mengamankan meteran listrik dari gangguan luar (seperti orang asing yang mencoba membuka meteran), yaitu tombol temper.  Tombol temper ini akan otomatis menyala ketika cover meteran dibuka, sehingga akan memunculkan tulisan “Periksa” pada meteran listrik.

Cara Mengatasi Kode “Periksa” pada Meteran Listrik

https://biartau.id/images/5f800feafb43d4fc772718a39b4288dd14a991f4.webp

 

Setelah mengetahui beberapa penyebab munculnya kode PLN “Periksa” pada meteran listrik, kamu juga perlu mengatasinya. Namun, kamu tidak bisa melakukan perbaikan pada meteran listrik yang memunculkan tulisan “Periksa”. Sebaiknya, hubungi pihak PLN melalui nomor 123 dan ikuti perintah yang diminta. 

Ketika pihak PLN meminta Anda untuk mereset temper meteran, Anda akan diberikan kode meteran listrik 20 digit yang harus Anda masukkan. Jika setelah direset, tulisan “Periksa” tersebut hilang, artinya eror terjadi hanya pada meteran. Namun, jika eror terjadi pada masalah teknis dan instalasi meteran, jangan coba-coba mengatasinya sendiri. Segera hubungi pihak PLN.

Itulah penjelasan mengenai kode PLN “Periksa” yang perlu Anda ketahui. Setelah membaca artikel ini, Anda tidak perlu panik dan bingung mengapa hal itu bisa terjadi. Anda hanya perlu menghubungi PLN agar tahu cara yang tepat untuk mengatasi eror pada meteran listrik. Anda pernah mengalami hal tersebut? Punya solusi lain? Silakan berbagi pengalaman Anda di kolom komentar!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga