Harus Tahu! 3 Cara Upload Video YouTube Bebas Hak Cipta - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Harus Tahu! 3 Cara Upload Video YouTube Bebas Hak Cipta

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/9d2ba868351f8925ed8e9513223488013c9d631e.webp

 

YouTube merupakan platform berbagi video yang dimiliki oleh Google. Sebagai sebuah platform tentu YouTube memiliki aturannya sendiri untuk dipatuhi oleh kreator dalam mengunggah video. Salah satunya adalah mengenai hak cipta. Banyak orang masih tidak tahu cara upload video YouTube bebas hak cipta, sehingga membuat mereka terkena peringatan.

Padahal, seoarang YouTuber perlu mengunggah video yang bebas hak cipta sebagai cara untuk menaikkan subscriber YouTube mereka. Mengapa demikian? Karena biasanya, video yang terkena hak cipta akan diblokir bahkan dihapus oleh pihak YouTube sehingga tidak bisa ditonton pengguna. Ini adalah cara YouTube menjaga para kreator dari pencurian konten.

Aturan Hak Cipta YouTube

https://biartau.id/images/f698e7af3871809124b55495ca1313a4a304c455.webp

 

Salah satu cara menaikan subscriber YouTube (internal link no. 92) yaitu dengan rajib upload setiap harinya. Namun, Sebelum mengetahui cara upload video YouTube bebas hak cipta, kamu perlu mengetahui aturannya dahulu.

Demi melindungi privasi dan hak cipta pemilik konten, YouTube membuat aturan mengenai hak cipta tersebut. Pahami aturan-aturan tersebut sebelum kamu membuat konten untuk di-upload. Adapun berikut aturan hak cipta YouTube yang perlu kamu tahu.

1. Aturan Pertama

YouTube meminta kamu untuk mengunggah video-video orisinal milikmu sendiri atau mengunggah video orang lain yang sudah kamu miliki izinnya. Dengan begitu, artinya kamu tidak bisa sembarangan membuat dan mengunggah video ke YouTube yang bukan karyamu sendiri, seperti musik, cuplikan program berhak cipta, atau video tanpa izin.

2. Penggunaan Wajar

Penggunaan wajar merupakan aturan yang memperbolehkanmu menggunaakan kembali materi yang memiliki hak cipta, tetapi dalam kondisi tertentu dan tidak memerlukan izin dari pemilik.

Namun, kamu tetap tidak bisa sembarangan karena penggunaan wajar ditentutkan secara kasus per kasus. Setiap negara pun memiliki aturannya sendiri-sendiri mengenai ini. Misalnya, di Amerika Serikat, kamu boleh menggunakan karya komentar, kritik, riset, pengajaran, atau laporan berita sebagai penggunaan wajar, tetapi tetap bergantung situasi.

Untuk musik, YouTube sudah menyediakan koleksi audio berkualitas yang bisa kamu gunakan dengan aman ke dalam kontenmu.

3. Menegakkan Kebijakan Hak Cipta

Jika kamu adalah pemilik konten orisinal yang dicuri oleh pengguna YouTube lain, kamu bisa mengajukan keluhan DMCA yang valid melalui formulir web yang telah disediakan. YouTube akan menghentikan channel-channel yang tetap bebal melanggar aturan meskipun sudah ditegur 3 kali.

Cara Upload Video YouTube Bebas Hak Cipta

https://biartau.id/images/101846318b5b2074cb707be5b32fd7739b002a68.webp

 

Terkait hak cipta, yang paling banyak dikenai pelanggaran adalah mereka yang menggunakan tanpa izin lagu dari para musisi untuk dijadikan backsound video. YouTube bisa mendeteksi hal tersebut, sehingga jika kamu melakukannya, YouTube akan langsung memberikan peringatan.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengetahui tata cara yang baik dan benar ketika ingin menggunakan lagu atau produk apapun milik orang lain agar masuk ke dalam konten videomu. Dengan melakukan cara yang aman, konten videomu akan terbebas dari aturan hak cipta YouTube. 

Lalu, bagaimana cara agar seorang kreator bisa mengunggah videonya dan terbebas dari klaim hak cipta? Ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Berikut tips dan cara upload video YouTube bebas hak cipta yang bisa kamu ikuti.

1. Membuat Video Orisinalmu Sendiri

Langkah pertama sebagai cara upload video YouTube bebas hak cipta adalah dengan membuat video orisinal milikmu sendiri. Ini jelas merupakan cara yang wajib kamu lakukan agar terhindar dari klaim hak cipta. 

Dengan video orisinal dan riset yang kamu lakukan sebelum memulai produksi konten, kontenmu akan lebih mudah dikenal dan kamu juga bebas klaim hak cipta dari pihak lain. Meskipun membutuhkan kerja keras dan tenaga ekstra, hasilnya akan sebanding dengan yang kamu dapat.

Untuk awalan memang terasa berat dan kontenmu mungkin masih biasa-biasa, tetapi lama-kelamaan kamu pun akan makin belajar membuat konten yang baik dan berkualitas. Kamu pun bisa meraskan perkembangan yang ada pada dirimu ketika memproduksi konten orisinal.

2. Mengedit Video Terlebih Dahulu dengan Software

Selanjutnya cara upload video YouTube bebas hak cipta adalah dengan mengedit terlebih dahulu video yang akan kamu upload dengan berbagai aplikasi edit video. Hal ini dilakukan karena video yang diedit akan lebih disenangi penonton dibandingkan video mentahan yang kamu rekam.

Dengan menambahkan berbagai elemen, ornamen, animasi, dll. orang-orang akan makin tertarik untuk menonton video lebih lama. Berbagai aplikasi bisa kamu gunakan, seperti Adobe After Effect, Movie Maker, Adobe Premier, Filmora, Movavi, dll.

3. Gunakan Koleksi Audio yang Disediakan YouTube

Ketika menambahkan backsound untuk videomu makin menarik, pastikan audio yang kamu gunakan bebas hak cipta. Kamu tidak bisa sembarangan memasukkan musik dari musisi lain, sebab hal tersebut memiliki hak cipta.

YouTube menyediakan koleksi audio berkualitas untuk kamu gunakan dengan aman sebagai backsound. Tentu ini sangat memudahkan kreator, bukan?

Itulah 3 cara upload video YouTube bebas hak cipta yang bisa kamu lakukan. Setelah ini, buatlah video orisinal yang menarik perhatian berdasarkan riset yang kamu lakukan. Tambahkan audio yang mendukung suasana dalam video. Meskipun tidak mudah, tetapi kamu akan bebas dan terhindar dari klaim hak cipta. Siap menjadi YouTuber yang berkualitas?

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga