Cara Reset Meteran pakai Kode Reset Meteran Listrik “Periksa" - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Reset Meteran pakai Kode Reset Meteran Listrik “Periksa"

1 bulan yang lalu

 

https://biartau.id/images/a2584f07edeb7a16c2231c2c23e68111bd1f9d98.webp

 

Kode reset meteran listrik “Periksa” digunakan untuk mereset meteran listrik yang mengalami eror. Tidak sedikit dari pelanggan listrik prabayar mengalami eror pada meteran yang mereka gunakan. Kebanyakan dari mereka juga tidak tahu bagaimana cara mengatasinya.

Lalu, bagaimana cara mereset meteran listrik yang muncul pesan “Periksa” pada meteran listrik tersebut? Berikut penjelasannya. Cara ini bisa Anda lakukan sendiri dengan hati-hati.

Cara Mereset Meteran dengan Kode Reset Meteran Listrik “Periksa”

https://biartau.id/images/aae9b35fc638e01fae9402f10a623049519fa4e6.webp
Source : Kompas.com

 

Cara mereset meteran bisa Anda lakukan sendiri secara manual. Tentu hal ini membutuhkan kehati-hatian berlebih agar tidak terjadi masalah berkelanjutan pada meteran listrik. Kebanyakan pelanggan memilih untuk mereset sendiri karena jika meminta pihak PLN untuk mereset, pelanggan perlu mengeluarkan biaya tambahan. Simak caranya berikut ini!

1. Pastikan Semua Alat Elektronik dalam Keadaan Mati

Sebelum melakukan reset pada meteran listrik, Anda perlu mematikan seluruh alat elektronik yang membutuhkan energi listrik yang terhubung dengan meteran. Hal ini penting Anda lakukan agar Anda bisa mereset dengan keadaan aman, karena seluruh alat elektronik sudah dalam keadaan mati dan tidak ada aliran listrik yang digunakan.

Pastikan mematikan seluruh alat elektronik bukan dengan mencabut kabelnya secara langsung, karena itu akan membuat alat elektronik lebih mudah rusak dan berumur pendek. Sayang sekali jika alat elektronik malah rusak, bukan?

2. Lepaskan Semua Kabel Listrik yang Terhubung

Setelah seluruh alat elektronik dalam keadaan mati dan tidak menggunakan energi listrik, lepaskan seluruh kabel yang terhubung agar benar-benar tidak ada arus listrik mengalir pada alat elektronik. Dengan begitu, Anda bisa mereset meteran listrik dalam keadaan aman.

Intinya, pastikan tidak ada aliran listrik yang digunakan sebelum mereset meteran listrik dengan menggunakan kode reset meteran listrik “Periksa”.

3. Masukkan Kode Reset Meteran Listrik “Periksa”

Selanjutnya, melakukan reset pada meteran listrik setelah memastikan semua alat elektronik tidak dialiri arus listrik. Caranya adalah dengan mematikan meteran listrik terlebih dahulu selama 15 menit agar bisa memasukkan kode reset meteran listrik “Periksa” pada meteran. Setelah dimatikan selama 15 menit, hidupkan kembali meteran.

Masukkan 00 sebagai kode untuk mereset meteran listrik prabayar, lalu tekan “Enter”. Jika eror hanya terjadi pada meteran, setelah memasukkan kode 00 harusnya eror tulisan “Periksa” tersebut hilang. Namun, apabila tulisan “Periksa” masih ada, artinya eror terjadi karena masalah teknis atau kesalahan instalasi.

Kode Lain yang Bisa Dimasukkan pada Meteran Listrik

https://biartau.id/images/e8db60f917d1616b6bdd24145a7568d8d14d0c84.webp
Source : Kompas Money

 

Selain kode 00 yang bisa Anda masukkan untuk mereset meteran listrik, terdapat beberapa kode lain yang bisa Anda masukkan pada meteran listrik. Berikut kode-kode tersebut dan penjelasannya.

·       00 = mereset meteran yang muncul tulisan “Periksa” atau “Gagal”

·       3 = total KWh listrik yang sudah digunakan

·       7 = batas KWh

·       9 = data yang digunakan

·       41 = voltase listrik

·       44 = ampere yang sedang dipakai

·       47 = data yang sedang dipakai

·       54 = kode token terakhir

·       59 = jumlah KWH pengisian terakhir

·       69 = penghitung jumlah berapa kali mati

·       75 = memeriksa ID meteran listrik prabayar

·       78 = memeriksa penundaan alarm dalam menit

·       79 = memeriksa batas minimal alarm

·       123XX = pengubah delay alarm, contoh: 12310 untuk 10 menit

·       456XX = mengubah batas minimal alarm, misal 45620 untuk sisa 20 KWh

Itulah penjelasan mengenai cara mereset meteran dengan kode reset meteran listrik “Periksa”. Setelah ini Anda bisa melakukan reset manual tanpa bantuan pihak PLN. Namun, tetap lakukan dengan hati-hati. Untuk Anda yang menggunakan listrik prabayar, pernah melakukannya? Bagikan pengalaman mereset meteran listrik Anda di komentar.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga