Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia dari HP dan Komputer - Biartau.id
Berhasil

Default Message

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia dari HP dan Komputer

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/a336ec537c487df0127d2423def9721e45034ae2.webp

 

Ketika berbelanja di Tokopedia, para pembeli bisa dengan mudah memilih dan memasukkan barang yang ingin mereka beli. Namun, tidak sedikit juga yang sering salah memesan barang karena terburu-buru. Selain itu, salah memasukkan informasi alamat juga menjadi hal yang paling sering terjadi. Akhirnya, pembeli terpaksa harus membatalkan pesanannya.

Untungnya, Tokopedia menyediakan fitur pembatalan pesanan ketika pembeli melakukan kesalahan. Hanya saja tidak semua pembeli tahu bagaimana cara membatalkan pesanan di Tokopedia. Untuk kamu yang belum tahu caranya, simak langkah-langkah membatalkan pesanan di Tokopedia berikut ini!

Cara Membatalkan Pesanan di Tokopedia

https://biartau.id/images/dc24320b9bf64e63a5fb5bb32d60b923897ee073.webp

 

Berbelanja di Tokopedia bisa kamu akses melalui aplikasi di smartphone maupun komputer. Oleh karena itu, pembatalan pesanan juga bisa kamu lakukan baik di smartphone maupun komputer.

Sebelum mencari tahu cara membatalkan pesanan di Tokopedia, baiknya kamu mengetahui catatan yang diberikan Tokopedia terlebih dahulu terkait pembatalan pesanan. Adapun catatan-catatan tersebut sebagai berikut:

  • Pertama, tombol “Ajukan Pembatalan” bisa kamu tekan setelah 6 jam melakukan pembayaran dan diverifikasi pihak Tokopedia atau setelah pesanan tersebut diteruskan kepada penjual.
  • Kedua, tombol “Ajukan Pembatalan” tersebut bisa hilang jika, pertama kamu pernah melakukan ajukan pembatalan sebelumnya, kedua ketika penjual sudah memproses pesanan.
  • Ketiga, penjual berhak untuk menolak pengajuan pembatalan pembeli dengan alasan tertentu. Salah satunya ketika barang sudah dipesan kepada supplier. Jika terjadi seperti itu, pesanan dari pembeli tetap akan diproses penjual dan pembeli bisa memantau status pesanan tersebut secara berkala.

Membatalkan Pesanan di Tokopedia Melalui Aplikasi HP

https://biartau.id/images/186d153b395cc93c8a52a3ef80d263b676cd36d5.webp

 

Langkah-langkah membatalkan pesanan di Tokopedia melalui aplikasi HP adalah sebagai berikut.

  1. Pertama, buka aplikasi Tokopedia. 
  2. Kemudian pilih menu “Transaksi” yang berada di bawah kanan.
  3. Selanjutnya, pilih pesanan yang akan kamu batalkan prosesnya.
  4. Lalu tekan tombol “Ajukan Pembatalan” pada invoice pesanan tersebut. Dan isi alasan mengapa kamu ingin membatalkan pesanan tersebut.
  5. Setelah mengisi alasan, lalu tekan “Ajukan”.

Pengajuan pembatalan tersebut akan dikirimkan oleh pihak Tokopedia kepada penjual. Kemudian penjual harus merespons maksimal 2x24 jam yang terhitung setelah pesanan terverifikasi.

Membatalkan Pesanan di Tokopedia Melalui Aplikasi Komputer 

Jika kamu menggunakan komputer atau desktop, kamu bisa mengajukan pembatalan melalui website Tokopedia. Simak langkahnya sebagai berikut.

  1. Buka situs Tokopedia, dan login akun terlebih dahulu.
  2. Kemudian klik ikon profil di atas kanan, dan pilih menu “Pembelian”
  3. Pilih pesanan yang akan kamu batalkan.
  4. Klik “Ajukan Pembatalan” pada invoice.
  5. Isi alasan mengapa ingin mengajukan pembatalan pesanan. Lalu, klik “Ajukan”.
  6. Tunggu hingga penjual memberikan respons terhadap pengajuan pembatalan pesanan tersebut.

Itulah cara membatalkan pesanan di Tokopedia yang bisa kamu ikuti dengan mudah. Pastikan barang yang kamu pesan dan informasi alamat lengkap sudah benar sebelum kamu memesan sesuatu. Karena kamu tidak bisa selalu mengajukan pembatalan pesanan, terlebih jika pesanan tersebut sudah diproses penjual.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga