9 Langkah Konten Trending YouTube Ini Bikin Videomu Viral! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

9 Langkah Konten Trending YouTube Ini Bikin Videomu Viral!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/86d3ac7a478cfe98e0dcb41db6c1733ef737c16e.webp

 

Membuat konten trending YouTube penting agar bisa meningkatkan jumlah subscriber di YouTube. Apabila kontenmu menjadi trending, orang-orang cenderung akan penasaran dengan isi channel-mu.  Namun, tidak semua kreator tahu caranya.

Salah satu cara menaikkan subscriber YouTube adalah dengan membuat konten yang masuk ke dalam jajaran trending YouTube. Mungkin, kamu dan beberapa orang berpikir bahwa video trending hanya bisa dilakukan oleh akun besar seperti artis dan selebriti. Padahal belum tentu, kamu masih bisa membuat kontenmu menjadi trending dengan mengetahui cara-caranya.

Syarat dan Ketentuan Konten Trending YouTube

https://biartau.id/images/88a3a2ec374935e5fdfde69ff4a78b7009cf8ab7.webp

 

Agar kamu bisa membuat konten trending YouTube dan membuat saluranmu lebih dikenal oleh para pengguna YouTube, kamu perlu tahu terlebih dahulu syarat dan ketentuan sebuah konten bisa trending di YouTube. Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Jumlah Penayangan yang Tinggi

Syarat yang pertama untuk konten trending YouTube adalah memiliki jumlah penayangan yang besar. Kamu pasti pernah menonton video trending dan dalam waktu kurang dari 24 jam saja memiliki jumlah views yang sangat tinggi. Hal tersebut memang berpengaruh, karena YouTube menilai bahwa konten tersebut disukai.

2. Jumlah Penonton Bertambah Banyak dalam Waktu yang Singkat

Selain jumlah, waktu yang diperoleh dalam mendapatkan penayangan yang tinggi pun menjadi penilaian YouTube untuk membuat video tersebut menjadi trending. Makin cepat waktu yang ditempuh dalam mendapatkan jumlah penayangan yang tinggi, makin naik juga peringkat videomu di YouTube.

3. Sumber Penayangan dari Dalam dan Luar YouTube Banyak

Sumber penayangan yang didapatkan baik dari luar maupun dalam YouTube juga memengaruhi konten trending YouTube. Misalnya, seberapa banyak orang yang membagikan videomu di media-media sosial agar bisa ditonton banyak orang.

4. Merupakan Video Baru

Video yang akan trending di YouTube adalah video yang paling baru diunggah oleh kreator. Oleh sebab itu, buatlah konten dengan riset yang matang agar menghasilkan konten yang berkualitas dan bisa trending di YouTube.

5. Video Lain di Dalam Channel Juga Memiliki Performa Terbaik

Syarat dan ketentuan terakhir konten trending YouTube adalah performa video lain di dalam channel juga bagus. Nantinya, YouTube akan membandingkan performa dari video-videomu dan menentukan mana yang terbaik untuk menjadi trending.

Cara Konten Trending YouTube

https://biartau.id/images/9c599b95136f190ea8c7152bf4067511574bd21a.webp

 

Setelah mengetahui syarat dan ketentuan agar sebuah konten bisa trending di YouTube, waktunya kamu mencari tahu cara agar konten tersebut trending. Kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat konten masuk ke dalam jajaran trending.

1. Menentukan Niche atau Tema Konten untuk Channel YouTube

Cara pertama yang bisa kamu lakukan agar kontenmu trending di YouTube adalah dengan menentukan terlebih dahulu niche atau tema konten dari channel-mu. 

Sebab, dengan niche tersebut kamu bisa menyasar target dan audiens yang lebih spesifik. Selain itu, kamu juga bisa membangun image channel-mu dari niche yang kamu pilih.

2. Konten Video yang Dibuat Harus Menarik dan Berkualitas

Agar kontenmu trending di YouTube, kamu tidak bisa mengunggah video asal-asalan. Setelah kamu menentukan niche dan ingin membangun image brand ke arah mana, kamu bisa fokus membuat konten dalam lingkup niche tersebut dengan baik, menarik, dan berkualitas.

Konten yang menarik dan berkualitas akan lebih disukai oleh para penonton di YouTube.

3. Usahakan Video Berdurasi Setidaknya 8-10 Menit

Selanjutnya, video yang kamu buat haruslah berdurasi 8-10 menit agar konten trending YouTube. Ini merupakan cara yang efisien untuk menembus jajaran trending di YouTube. Algoritma YouTube juga mengedepankan video berdurasi 8-10 menit, maka buatlah video setidaknya 8-10 menit.

4. Mengaktifkan Fitur “Cuplikan”

Fitur “Cuplikan” berguna agar penonton bisa melihat dan mendengarkan videonya tanpa mengekliknya terlebih dahulu. Dengan fitur ini, kamu bisa memancing penonton dengan menampilkan cuplikan-cuplikan terbaik dari video yang kamu buat sehingga mereka penasaran dan akhirnya mengeklik video tersebut.

5. Tambahkan Thumbnail yang Menarik

Thumbnail yang menarik bisa mendatangkan penonton lebih banyak karena penasaran terhadap isi video di dalamnya. Oleh sebab itu, buatlah thumbnail yang menarik dan bisa memancing pengguna YouTube untuk mengekliknya.

6. Sisipkan Teknik Call-to-Action

Ajaklah penonton untuk memberikan respons setelah mereka menonton video-videomu dengan teknik call-to-action. Dengan begitu, kamu bisa menaikkan engagement videomu dan menjadikan videomu populer hingga masuk trending.

7. Promosikan Videomu dengan Maksimal pada 3 Hari Pertama

Karena untuk masuk ke dalam jajaran trending kamu perlu mendapatkan jumlah penayangan yang tinggi dalam waktu dekat, lakukanlah promosi semaksimal mungkin setelah meng-upload videomu. 

Kamu bisa lakukan promosi ke berbagai media sosial agar orang-orang tertarik untuk menonton video yang kamu harapkan trending.

8. Tidak Lupa Mengoptimasi Video dengan SEO YouTube

Salah satu cara agar kontenmu terindeks dan bisa ditonton oleh banyak orang adalah memanfaatkan teknik SEO YouTube dalam mengoptimasi setiap videomu. Jadi, jangan lupa untuk mengoptimasi terlebih dahulu, ya!

9. Rutin Membuat Konten dan Konsisten dengan Niche yang Dipilih

Cara terakhir untuk membuat konten trending YouTube adalah dengan rutin dan konsisten membuat konten sesuai dengan niche yang kamu pilih. Kamu juga perlu rutin meng-upload agar penonton tetap betah dan bisa terus menonton video-videomu di YouTube.

Itulah penjelasan mengenai konten trending YouTube yang perlu kamu ketahui. Dengan mengetahui syarat, ketentuan, dan tata caranya kamu bisa memaksimalkan konten agar bisa masuk jajaran trending. Walaupun sulit, jika kamu terus berusaha, pastilah ada 1 atau 2 kontenmu yang masuk trending. Betul, tidak? Betul!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga