7 Cara Membuat Website Bisnis untuk Pelaku Usaha Gratis - Biartau.id
Berhasil

Default Message

7 Cara Membuat Website Bisnis untuk Pelaku Usaha Gratis

2 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/1818fa47afc1a930b186f0cf154f854c204bfc97.webp

 

Sebagai pelaku bisnis, melakukan promosi usaha merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Melakukan promosi tidak hanya dilakukan dari mulut ke mulut saja. Kamu bisa promosi secara online dengan membuat website bisnis yang bisa dicari oleh semua orang. Hanya saja, tidak semua pelaku usaha mengerti bagaimana membuat sebuah website.

Cara membuat website bisnis memang susah-susah gampang dan memerlukan kesabaran dan keinginan untuk belajar. Banyak orang yang akhirnya lebih memilih untuk menggunakan jasa orang lain. Alhasil membutuhkan modal lebih banyak. Lalu, bagaimana cara membuat website bisnis gratis? Simak penjelasannya berikut ini!

Mengapa Membuat Website itu Penting?

Website menjadi elemen penting bagi pelaku usaha karena melalui website pelaku usaha bisa melakukan branding sekaligus meningkatkan reputasi dan kepercayaan pembeli. Biasanya, sebelum berkunjung, pembeli mencari informasi suatu usaha melalui internet, baik dari media sosial maupun website.

Memiliki website juga bisa meningkatkan pengunjung terutama jika tempat usaha tersebut sudah mendapatkan kepercayaan dari pelanggan. Semua itu bisa kamu dapatkan melalui kepemilikan website. Oleh sebab itu, mengetahui cara membuat website bisnis penting untuk kamu ketahui sebagai pelaku usaha.

Bagaimana Cara Membuat Website Bisnis Gratis?

Lalu, bagaimana cara membuat website bisnis untuk sebuah usaha? Ada 7 langkah yang perlu kamu ikuti. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak dan pahami penjelasan setiap langkah berikut ini.

1. Memilih Jenis Website

https://biartau.id/images/6d13e5da6153722b03be0a14aadc9b655e35d39c.webp

 

Cara membuat website bisnis yang pertama adalah menentukan jenis website yang akan dibuat. Ada berbagai jenis website yang bisa kamu buat. Beberapa jenis website yang umum kamu temui di antaranya website pribadi, website sekolah, blog, toko online, website instansi, website berita, website komunitas, dll.

Karena kamu adalah pelaku bisnis, sudah sepatutnya website yang akan dibuat adalah website untuk promosi bisnis. Setelah menentukan jenis website, kamu harus mulai memikirkan, website tersebut akan berbentuk seperti apa. Apakah website statis yang tidak banyak perubahan, atau justru dinamis yang selalu ada update.

Kemudian, apa yang ingin kamu highlight di dalam website tersebut? Apakah gambar makanan yang kamu jual? Atau review dan informasi mengenai tempat usaha? Semua tergantung pada kamu sebagai pemilik. Setelah mengetahui garis besar dari web yang akan dibuat, selanjutnya adalah berlangganan hosting dan domain gratis.

2. Menentukan CMS untuk Website

https://biartau.id/images/71ff0a7792a6569d59993c6597589a9b3610c998.webp

 

Kamu bisa menggunakan WordPress karena gratis dan sifatnya open source atau bisa kamu desain dan modifikasi. Juga terdapat pilihan tema dan plugin yang bisa kamu tambahkan secara gratis pula. Hanya saja, agar benar-benar bisa mendapatkan manfaat dari WordPress.org secara maksimal, kamu tetap perlu membeli hosting dan domain.
Ada banyak penyedia hosting dan domain dengan harga murah. Kamu bisa mencarinya melalui internet. Biasanya mereka menawarkan paket-paket sekaligus manfaat dari paket tersebut. Carilah yang cocok untuk pemula, tetapi tetap memberikan hasil yang bagus.

3. Menggunakan Website Builder

https://biartau.id/images/2c274d90b090002b165ee00bc73490e250b2f233.webp

 

Cara membuat website bisnis selanjutnya adalah menggunakan website builder. Pilihlah website builder yang cocok dan sesuai dengan website. Memang, terdapat banyak sekali website builder yang bisa membantu dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, pastikan riset terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Kemudian, buat akun website builder sebelum menentukan nama domain dari website-mu. Pastikan juga nama domain memiliki keunikan dan sangat relevan dengan isi website yang akan kamu bangun. Setelah selesai registrasi website builder, kamu mulai bisa mendesain dengan tema website.

4. Mendesain Website dengan Tema

https://biartau.id/images/e380d73c88abb9d7e7b02b9a157f985e09e434c2.webp

 

Pilihlah tema yang simpel dan sesuai dengan usaha kamu. Banyak templat-templat tema yang tersedia yang bisa kamu gunakan. Hindari menggunakan tema yang terlalu ramai, karena hal tersebut bisa memicu performa website ketika diakses oleh orang-orang.

Jika website-mu sulit untuk diakses oleh orang lain, orang tersebut cenderung tidak mau lagi berkunjung pada website tersebut. Oleh karena itu, pastikan bahwa website yang kamu buat memiliki kecepatan akses yang cepat dan bisa diakses melalui semua platform. Salah satunya dengan menerapkan tema yang simpel dan tidak terlalu ramai.

5. Menambahkan Plugin pada Website

https://biartau.id/images/a558186e722aa5e9215b9c8df90050093c07df5d.webp

 

Cara membuat website bisnis selanjutnya adalah menambahkan plugin penunjang website. Agar website yang dibuat semakin baik, kamu perlu menambahkan plugin-plugin yang menunjang website. Plugin tersebut berguna agar website semakin jelas memenuhi tujuannya ketika dibuat.

Kamu bisa menambahkan filter komentar, formulir kontak, bahkan plugin untuk mengoptimalisasi konten bernama SEO. Semua itu tersedia dan bisa kamu gunakan.

Namun, kamu juga perlu menyesuaikan penggunaan plugin terhadap website-mu. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, website yang terlalu ramai akan menyebabkan kecepatan akses website tersebut lambat. Dampaknya orang-orang akan kesulitan membuka website tersebut. Gunakan plugin yang memang benar-benar kamu butuhkan untuk menunjang web.

6. Mengoptimalisasi Konten dengan SEO

https://biartau.id/images/6e43afb7c2acacdc96e3476317356f4e54e0623a.webp

 

SEO atau Search Engine Optimization merupakan cara agar website-mu bisa tampil di halaman pertama pencarian Google. Kenapa harus dioptimalisasi? Hal ini dikarenakan ketika orang-orang mencari sesuatu lewat Google, mereka cenderung mengeklik website yang muncul di paling atas.

Itu sebabnya, penggunaan SEO menjadi sangat penting untuk suatu website, terutama jika website tersebut digunakan untuk promosi usaha. Salah satu plugin yang bisa kamu gunakan untuk mengoptimalisasi konten agar sesuai SEO adalah Yoast SEO. Plugin ini bisa kamu pasang pada web WordPress milikmu dengan fitur WordPress berbayar terlebih dahulu.

Yang perlu diingat adalah, kamu harus bersaing dengan banyak usaha lain yang sama-sama memiliki website. Mereka juga menggunakan plugin SEO agar bisa mempromosikan usahanya dengan baik.

Lalu, langkah apa yang bisa kamu ambil? Kamu tentu bisa lebih banyak mencari tahu seputar SEO dan bagaimana agar kontenmu bisa muncul di halaman pertama Google.

7. Lakukan Pembuatan Konten secara Rutin

https://biartau.id/images/4c4169f2f2aa5b6898d27de21f66f4b54ef83753.webp

 

Setelah website siap, mulailah membuat konten yang relevan yang tujuannya sebagai promosi produk-produk yang kamu jual. Kamu perlu membuat konten secara rutin agar website-mu dapat perform di mesin pencarian Google.

Pastikan konten yang kamu buat bisa menarik perhatian orang-orang dan bukan berupa clickbait yang akan memengaruhi kepercayaan orang-orang. Apabila website dan usahamu sudah mendapatkan kepercayaan, bukan tidak mungkin jika usahamu akan kedatangan banyak pengunjung.

Mengetahui cara membuat website bisnis menjadi hal yang sangat penting, karena dari website tersebut, kamu bisa mendapatkan pengunjung lebih banyak. Namun, kamu juga perlu berhati-hati, terutama jika kamu tidak serius membuat website tersebut. Bukannya mendatangkan pengunjung, justru malah orang-orang menjadi tidak percaya dengan usahamu.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat website bisnis gratis yang bisa kamu terapkan dan ikuti. Pastikan langkah-langkah tersebut bisa kamu lakukan dengan baik agar website yang kamu buat bisa diakses dengan baik pula oleh semua orang. 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga