6 Langkah Cara Membuat Website Portal Berita dengan Mudah - Biartau.id
Berhasil

Default Message

6 Langkah Cara Membuat Website Portal Berita dengan Mudah

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/7e5a3ab2e38810556c82f8a3527c89a36242ecdb.webp

 

Cara membuat website portal berita cukup mudah. Langkah-langkahnya sebenarnya mirip dengan cara membuat website lain. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa masih banyak yang kesulitan dalam membuat website. Kamu bisa simak artikel berikut ini untuk mengetahui cara membuat website untuk berita.

Media online akhir-akhir ini makin banyak, terutama yang berbasis website berita. Hal ini disebabkan karena dengan website berita, kamu tidak perlu terlalu paham dan menguasai SEO seperti pada website konten yang berisi artikel. Visitor bisa datang dengan mudah karena kamu membagikan berita melalui media sosial. Kira-kira, bagaimana caranya?

Aspek yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Website

https://biartau.id/images/123278db6d8ce3de992ecee30be5b3f062ca2b27.webp

 

Sebelum membuat sebuah website, kamu perlu tahu berbagai aspek yang berkaitan dengan website tersebut. Aspek-aspek tersebutlah yang menunjang sebuah website bisa berdiri dan dibangun dengan baik. 

Untuk kamu yang belum tahu, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum cara membuat website portal berita.

1. Domain

Gunakanlah nama website dan domain yang mudah diingat. Jangan gunakan nama yang sama dengan portal berita yang sudah ada. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan nama kota atau daerah tempatmu tinggal. Nantinya, target pengunjung akan lebih spesifik, walaupun tentu pengunjung luar daerah tetap bisa mengakses website beritamu.

2. Server atau Hosting Website Berita

Server atau hosting juga menjadi aspek yang perlu kamu perhatikan saat akan membuat website. Hal ini disebabkan server menjadi tumpuan sebuah website dan menjadi kunci kesuksesan.

Kamu disarankan menggunakan VPS, sebab website berita membutuhkan resource yang cukup besar karena akan melayani banyak pengunjung sekaligus. 

3. Engine yang Digunakan untuk Website Berita

Selanjutnya adalah engine, atau bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan pada website berita. Di Indonesia ada 2 engine yang biasa digunakan, yaitu CMS Wordpress dan PHP Framework.

4. Teknik Penulisan Berita

Website berita punya teknik penulisannya sendiri yang berbeda dengan penulisan artikel biasa, Oleh sebab itu, kamu harus memperhatikan teknik penulisan berita yang baik dan benar.

5. Mengetahui Pedoman dan Kebiajakan Media Siber

Penting untuk kamu tahu mengetahui kebijakan maupun pedoman dari media siber. Dengan memahami pedoman kamu menjadi tahu apa saja yang boleh dan tidak boleh dimuat dalam website berita.

6. Keamanan Website Berita

Terakhir, kamu harus memerhatikan keamanan website saat membuat dan membangun website berita. Keamanan ini penting, sebab banyak hal yang bisa terjadi pada website terkait keamanan website yang lemah.

Cara Membuat Website Portal Berita dengan Mudah

https://biartau.id/images/50f6740b6e9a7c4c972d62298189af11d524ccc3.webp

 

Setelah mengetahui berbagai aspek sebelum membuat website, selanjutnya adalah mengetahui cara membuat website portal berita. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Siapkan Berbagai Aspek

Langkah pertama dalam cara membuat website portal berita adalah dengan mempersiapkan berbagai aspek, seperti domain, hosting, tema, plugins, dll.

2. Menginstal CMS WordPress

Setelah mempersiapkan berbagai hal tersebut, langkah selanjutnya adalah memasang CMS WordPress. Kamu bisa memasang CMS WordPress dengan mengunjungi langsung situs WordPress lalu mendaftar. Kamu juga bisa menyewa jasa pembuat web agar lebih cepat dikerjakan.

3. Menginstal Tema

Setelah menginstal dan mendaftar akun WordPress, selanjutnya adalah menentukan tema yang akan kamu gunakan. Tersedia berbagai tema gratis yang bisa kamu pasang dari WordPress. Disarankan untuk menggunakan tema yang minimalis agar kecepatan website tidak terlalu berat.

4. Pasang Demo Content

Kemudian setelah memasang tema, kamu bisa memasang demo content yang terdapat pada WordPress. Caranya masuk ke menu "Appearance" – "Themes Palace Demo Import" – "Click here for Demo File Download" (di bagian bawah kanan).

Lalu, pilih menu "Instructions" – "Demo File" – Ekstrak di komputer. Masukkan di menu "Appearance" – "Themes Palace Demo" – "Import" – "Upload". Terakhir klik "Import Demo Data" dan tunggu hingga selesai.

5. Memasang Plugins

Selanjutnya memasang plugin-plugin yang sangat berguna bagi website berita. Misalnya, plugin WP Mail SMTP, All in One SEO Pack atau Yoast SEO, WP Rocket, LiteSpeed Cache, atau W3 Total Cache, dan SimpleSocial Media Share Buttons.

6. Optimasi WordPress

Lakukan optimasi Wordpress dengan berbagai hal berikut:

  1. Men-setting permalink menjadi post-name.
  2. Membuat menu tambah, ubah, hapus.
  3. Membuat konten yang berkualitas dan SEO friendly.

Itulah cara membuat website portal berita yang perlu kamu ketahui. Setelah ini kamu bisa membuat website berita dengan baik dan teroptimasi sehingga bisa mendatangkan pengunjung lebih banyak. Bagaimana, tertarik membuat website berita? Tulis komentarmu di bawah, ya!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga