6 Aplikasi Text to Speech Indonesia Terbaik Apa Saja - Biartau.id
Berhasil

Default Message

6 Aplikasi Text to Speech Indonesia Terbaik Apa Saja

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/b6de0b39ba43f240f88fceebbbef4424dd4bcd66.webp

 

Aplikasi text-to-speech Indonesia terbaik akhir-akhir ini banyak dicari oleh para konten kreator untuk membuat konten video menjadi lebih menarik. Lantas, apa yang dimaksud aplikasi text-to-speech tersebut? Aplikasi text-to-speech memungkinkan teks dikonversi ke dalam bentuk suara secara otomatis.

Fitur text-to-speech bermanfaat tidak hanya untuk konten kreator saja, tetapi juga bisa digunakan untuk fasilitas publik, perbankan, audio book, hingga membantu teman-teman disabilitas netra. Karena begitu banyak manfaat yang diberikan, banyak developer yang akhirnya membuat aplikasi text-to-speech. Berikut 6 aplikasi yang bisa kamu coba.

1. Narrator’s Voice – TTS

https://biartau.id/images/df78d7d302ac159e487c592267e3062ee7bc9f2b.webp

 

Rekomendasi aplikasi text-to-speech Indonesia terbaik yang pertama adalah Narrator’s Voice. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat dan mengirimkan pesan menggunakan suara narator yang bisa kamu pilih. Terdapat banyak bahasa yang bisa kamu pilih, tentu dengan suara yang jelas dan enak didengar.

Aplikasi ini hadir di Play Store maupun App Store. Kelebihannya, aplikasi ini mampu mengubah teks yang kamu masukkan menjadi format audio dan video, membuat atau memasukkan file teks untuk diubah formatnya menjadi audio dan video, tersedia banyak pilihan bahasa dan suara, hingga suara yang terdengar terasa lebih alami serta enak didengar.

Aplikasi ini bisa kamu coba untuk merekam teks menjadi suara, dan menggunakannya ke dalam konten video yang akan kamu buat.

2. Speech Services by Google

https://biartau.id/images/d2e7ccfb8c9343af811aa4b2ee82be802f34d6d6.webp

 

Google memiliki aplikasi text-to-speech Indonesia terbaik yang diberi nama Speech Services. Sebelumnya, aplikasi ini bernama Google Text-to-Speech. Google selalu memberikan fitur yang lengkap dan menarik pada aplikasi yang mereka buat. Termasuk aplikasi text-to-speech yang mereka punya.

Speech Services by Google memiliki lebih dari 220 suara dan 40 jenis bahasa berbeda yang bisa kamu coba. Dengan fitur dukungan teks dan SSML memungkinkan kamu untuk melakukan custom pada hasil suara seperti menambahkan waktu, nomor, atau melakukan jeda dan mengatur ulang intsruksi pelafalan.

Kamu juga bisa mengatur pitch pada pilihan suara lewat fitur “Pitch Tuning” yang tersemat. Selain itu, rate suara juga bisa kamu atur agar jadi lebih cepat atau lambat dengan fitur “Speaking Rate Tuning”.

3. Google Translate

https://biartau.id/images/969ec2fc9a6a18fee53febc60751e7af59b49b8c.webp

 

Tidak hanya menerjemahkan kata atau kalimat, Google Translate juga memiliki AI yang bisa mengubah teks yang ingin kamu terjemahkan menjadi suara. Hanya saja, tidak seperti aplikasi lain yang file suaranya bisa kamu simpan, lewat Google Translate, suara yang diubah harus kamu rekam secara manual.

Namun, Google Translate dengan fitur text-to-speech-nya masih bisa membantu kamu untuk belajar melafalkan suatu kata baik dalam bahasa Indonesia, maupun dari bahasa asing. Cara menggunakannya pun cukup mudah, setelah memilih bahasa dan memasukkan teks pada kolom, klik tombol “Listen” atau “Dengarkan” yang ada di bawah teks.

4. Talk FREE – Text to Voice – Re

https://biartau.id/images/4b3f6ddc63c4bc1d411d324a308c40365ab1eff9.webp

 

Rekomendasi aplikasi text-to-speech Indonesia terbaik selanjutnya adalah Talk FREE dari Abast Multimedia. Dengan aplikasi ini, kamu bisa mengubah teks yang kamu tulis menjadi suara dan menyimpan rekaman suara tersebut ke penyimpanan smartphone. Dengan begitu, suara tersebut bisa kamu gunakan untuk membuat konten video.

Ukurannya aplikasi Talk FREE sangat kecil. Di Play Store aplikasi ini memiliki size 1,7 MB. Walaupun kecil, kamu tetap bisa melakukan pengubahan teks menjadi suara untuk keperluan apapun.

5. Voice Aloud Reader

https://biartau.id/images/0eb5a16111c66a5a330a4a7e96eff5bb1f1f11c1.webp
Source : LiteTekno.com

 

Voice Aloud Reader juga menjadi aplikasi text-to-speech Indonesia terbaik yang bisa kamu gunakan untuk keperluan konten. Aplikasi ini menawarkan jasa mengubah teks menjadi suara. Kamu bisa memasukkan teks bahasa Indonesia ataupun bahasa asing ke dalam aplikasi ini untuk diubah menjadi suara.

Yang lebih menarik adalah, ketika kamu ingin dibacakan teks dari suatu website, kamu hanya perlu memasukkan URL website berisi teks tersebut ke dalam aplikasi ini. Nantinya, aplikasi ini langsung mendeteksi teks dan akan membacakan teksnya untukmu. Kamu tidak perlu lagi meng-copy secara manual teks yang ada di dalam website tersebut. Keren, kan?

6. Pocket: Save. Read. Grow.

https://biartau.id/images/aa40a021632cb17aadd30675e178f63bb408776a.webp

 

Aplikasi text-to-speech Indonesia terbaik yang cukup populer selanjutnya adalah Pocket: Save. Read. Grow. Aplikasi ini dibuat oleh Mozilla Corporation dan telah diunduh sebanyak 10 juta kali di Play Store. Selain itu, aplikasi ini memiliki rating 4,8 dari 5 berdasarkan 272 ribu ulasan. Nilai ini jelas sangat tinggi untuk sebuah aplikasi smartphone.

Aplikasi ini merupakan aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk membaca artikel secara offline. Namun, jika kamu sedang malas membaca, aplikasi ini bisa membacakan isi artikel tersebut karena memiliki fitur text to speech. Menariknya, fitur tersebut juga bisa kamu akses secara offline, loh! Keren, kan? Menyimak artikel dengan cara mendengarkan.

Walaupun aplikasi ini tidak bisa mengubah teks yang kamu masukkan, tetapi aplikasi ini sangat membantu teman-teman disabilitas netra untuk membaca artikel. Kamu yang sedang malas membaca tetapi ingin mengetahui isi artikel juga akan sangat terbantu dengan aplikasi Pocket ini.

Itulah 6 rekomendasi aplikasi text-to-speech Indonesia terbaik yang bisa kamu gunakan untuk mengubah teks menjadi suara, belajar melafalkan kata, hingga membacakan sebuah artikel. Ada yang sudah pernah kamu coba? Kira-kira, kamu punya rekomendasi aplikasi text-to-speech lain? Berbagi yuk, lewat kolom komentar di bawah!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga