5 Hewan dari Laut Dalam Ini Miliki Bentuk yang Unik - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Hewan dari Laut Dalam Ini Miliki Bentuk yang Unik

27 hari yang lalu
https://biartau.id/images/b408dcf6611c845335076efff515153c3b278290.webp
(Sumber: Wikipedia)

Laut selalu menyimpan misteri yang membuat masyarakat diliputi rasa penasaran. Terutama tentang makhluk hidup yang hidup di laut dalam yang "katanya" berbeda dengan hewan-hewan laut pada umumnya yang hidup di bagian air atas. 

Hewan-hewan laut dalam dipercaya memiliki bentuk-bentuk yang unik bahkan jauh berbeda dengan hewan di laut bagian atas. Bahkan, beberapa dari hewan tersebut juga bercahaya layaknya lampu. Sebut saja anglerfish, yang memiliki semacam tangkai di bagian atas dan bercahaya. Selain anglerfish, berikut beberapa hewan laut dalam yang unik.

1. Nudibranchia

https://biartau.id/images/f5bb8d6adffc4f790ab2175ae5311aa4246a4dd3.webp
Hewan unik nudibranchia (Sumber: Wikipedia)

Hewan laut dalam yang memiliki bentuk unik yang pertama adalah nudibranchia. Hewan ini termasuk ke dalam kelompok siput air terbesar dari ordo Opistobranchia yang memiliki lebih dari 3.000 spesies.

Selain warnanya yang indah dan mencolok, nudibranchia memiliki badan yang lunak, tidak bercangkang, dan insang yang bisa kamu lihat secara jelas dengan mata sebab ia tidak terletak di dalam tubuhnya.

Orang Indonesia juga menyebut hewan satu ini dengan sebutan kelinci laut atau sea rabbit. 

2. Malaikat Laut

https://biartau.id/images/85721727a3ba7240d5f873e7cf6771c9236b89fe.webp
Hewan sea angel atau malaikat laut (Sumber: Wikipedia)

Malaikat laut atau sea angel merupakan hewan laut dalam unik selanjutnya. Dinamakan malaikat laut sebab bentuk dari hewan ini memang seperti malaikat bersayap dan memiliki seperti tanduk di kepala dengan warna menyala dan mencolok. Hewan unik ini hanya tumbuh hingga 7 cm. 

Sama seperti nudibranchia, sea angel termasuk sekelompok besar siput laut kecil yang berenang bebas.

Awalnya, sea angel terlahir dengan cangkang, tetapi beberapa hari selanjutnya, cangkang tersebut akan dilepaskan. Proses tersebut dinamakan dengan metamorfosis. 

Tidak seperti namanya, hewan ini merupakan kelompok predator bagi sesama hewan siput lainnya.

3. Bloody-Belly Comb Jelly

https://biartau.id/images/3109cf01557778580f4969da94a3c41b61be3ece.webp
Lampocteis atau bloody-belli comb jelly (Sumber: Wikipedia)

Ketiga, ada bloody-belly comb jelly atau lampocteis. Hewan unik ini merupakan genus monotip ubur-ubur sisir, satu-satunya genus dalam Lampoctenidae. Bloody-belly com jelly juga dikenal dengan nama lampocteis cruentiventer.

Lampocteis pertama kali ditemukan pada tahun 1979 di perairan Samudra Pasifik. Ia dapat tumbuh hingga berukuran 16 cm di kedalaman laut 300 hingga 1.000 meter. Warnanya yang merah menyala menambah keunikan dari hewan laut dalam satu ini.

4. Lobster Berbulu

https://biartau.id/images/68e050a5eaf4f5ed030049767c7371d08d91c2ea.webp
Lobster berbulu atau yeti crab (Sumber: Wikipedia)

 

Lobster berbulu merupakan hewan dari jenis Crustacea yang diselimuti oleh bagian yang seperti bulu, tetapi sebenarnya itu bukan bulu melainkan penutup setae yang padat. Bagian yang seperti bulu ini juga sebenarnya sering ditemukan di beberapa jenis udang.

Bulu-bulu padat tersebut berfungsi untuk menyaring, mendetoksifikasi air tempat mereka hidup. Lobster berbulu ini dapat hidup hingga 20 tahun, loh! Cukup lama, bukan?

Panjangnya bisa mencapai hingga 15 cm dengan warna tubuh berwarna putih pucat, abu, dan kekuningan. 

5. Naga Laut Berdaun

https://biartau.id/images/e4104eb4e08421efe357bf06b19e8e3ad45d9a84.webp
Potret naga laut berdaun (Sumber: Wikipedia)

Ternyata di laut dalam juga ada naga, loh! Sebut saja naga laut berdaun atau leafy sea dragon ini. Hewan laut dalam yang unik ini termasuk ke dalam ikan laut dalam famili Syngnathidae. 

Naga laut berdaun banyak ditemukan di sepanjang pantai selatan dan barat Australia. Biasanya ia hidup di sekitar bebatuan yang tertutup rumput laut di kedalaman 50 meter. Panjangnya bisa mencapai 24 cm.

Mirip seperti landak, kamu mungkin akan merasa bahwa naga laut berdaun ini bukanlah hewan sebab fisiknya memang mirip seperti rumput laut, jadi ia bisa berkamuflase.

Makanan naga laut berdaun ini merupakan plankton dan sejenis udang-udang kecil.

Menarik, bukan, “naga” satu ini?

Nah, itulah beberapa hewan laut dalam yang unik yang sudah ditemukan. Dari bentuk fisiknya memang banyak berbeda dengan hewan-hewan laut yang biasa ditemukan pada umumnya, ya. Kira-kira dari kelima hewan laut dalam unik tersebut, mana yang paling kamu suka? Komen di bawah, ya!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga