5 Hewan Berikut Bisa Menghasilkan Listrik, Apa Saja? - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Hewan Berikut Bisa Menghasilkan Listrik, Apa Saja?

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/4731408fa7e6ae31eeb41d25d2e925917a67c053.webp
(Sumber: Freepik/nicholasprimola)

Setiap hewan yang ada di dunia ini memiliki keunikan dan ciri khasnya masing-masing. Salah satunya ada hewan yang bisa menghasilkan listrik. Kamu mungkin akan langsung terpikir dengan salah satu pokemon yang bisa menghasilkan listrik yaitu Pikachu. Atau, bisa juga terlintas di pikiranmu mengenai belut listrik yang bisa menghasilkan listrik.

Seperti manusia menggunakan listrik, hewan-hewan ini juga memanfaatkan listrik berdaya rendah yang bisa mereka hasilkan untuk melakukan banyak kegiatan. Misalnya seperti berburu mangsa, alat pertahanan diri, hingga sebagai alat navigasi. Lalu, apa saja hewan-hewan yang mampu menghasilkan listrik? Berikut ini daftarnya.

1. Belut Listrik

https://biartau.id/images/5745aef048395bb8072f41adc699b8e3bd86c115.webp
Belut listrik (Sumber: Wikipedia)

Hewan yang mampu menghasilkan listrik ini tidak asing di benak masyarakat. Ya, belut listrik memiliki sengatan listrik yang cukup berbahaya. Ia dapat menghasilkan hingga setara dengan 650 volt, bahkan 860 volt untuk belut yang berasal dari pedalaman Brazil. 

Mengapa spesies belut ini dapat menghasilkan listrik? Menurut Science Focus, tubuh belut listrik memiliki rangkaian sel mirip sebuah baterai yang disebut elekstrosit. Sel elektrosit ini hampir ada di seluruh tubuh belut. Karena sel elekstrosit itulah, spesies belut ini bisa menghasilkan listrik.

Belut listrik menggunakan listrik ia gunakan sebagai pertahanan diri. Ketika diserang oleh predator, belut ini akan mengeluarkan kejutan listrik untuk mengusir predator tersebut. Bahkan, dengan kekuatan listriknya tersebut mampu mengusir seekor buaya, loh!

Kamu perlu berhati-hati dengan belut ini agar tidak tersengat oleh listriknya!

2. Hiu Kepala Martil

https://biartau.id/images/8a69b3d3f12c458508b00ca01284058fca308283.webp
Hiu kepala martil (Sumber: Wikipedia)

Masih jenis hewan air, selanjutnya hiu kepala martil juga bisa menghasilkan listrik, loh! Berbeda dengan belut yang menggunakan kejutan listriknya untuk mempertahankan diri, hiu kepala martil menggunakan pori-pori sensor electrolocation yang dinamakan Ampullae of Lorenzini untuk berburu mangsa.

Dengan listrik tersebut, hiu kepala martil dapat dengan mudah menangkap cumi-cumi, ikan pari, dan ikan-ikan kecil makanan kesukaannya. 

Spesies hiu lain yang mampu mendeteksi medan listrik dari mangsanya untuk berburu juga ada, yaitu hiu putih, tetapi kemampuannya tidak sebaik hiu kepala martil.

3. Lebah Madu Timur

https://biartau.id/images/d049b93bf683f664ebfb2dbbe4a8d0bfc737840b.webp
Lebah madu timur (Sumber: asknature.org)

National Geographic mencatat bahwa lebah jenis Apis cerana mampu menghasilkan listrik dari sinar matahari sebab memiliki bagian tubuh yang mampu menangkap tenaga surya, bernama sel surya.

Dengan sel surya tersebut, lebah madu timur dapat menjebak cahaya matahari oleh pigmen di jaringan tubuh luarnya yang berwarna kuning. Nantinya, cahaya matahari akan diubah menjadi energi listrik dalam bagian tubuh lain, yakni pigmen coklat.

Energi listrik yang dihasilkan oleh lebah madu timur digunakan sebagai navigator atau petunjuk arah, terutama ketika cuaca sedang buruk.

4. Platipus

https://biartau.id/images/c9b18a54915681e01a85f320d2efcc252bb17947.webp
Hewan platipus (Sumber: Freepik/nicholasprimola)

Selanjutnya, hewan yang mampu menghasilkan listrik lainnya adalah platipus. Hewan ini memiliki moncong yang digunakan sebagai reseptor untuk mendeteksi medan listrik mangsa ketika sedang berburu. Hal ini disebabkan karena ketika memangsa makanan, platipus menutup mata, hidung, dan telinganya.

Reseptor yang dimiliki platipus sangat sensitif dan bisa mendeteksi medan listrik yang berukuran sangat kecil. Ini juga yang menyebabkan platipus dapat mendeteksi makanan yang berada di dalam lumpir yang tidak dapat dideteksi oleh indranya yang lain.

5. Ekidna

https://biartau.id/images/c95ecc37480208450245994cf7fafc437bff97d7.webp
Landak semut atau ekidna (Sumber: Wikipedia)

Ekidna, masih satu kerabat dengan platipus, dan memiliki kemampuan utnuk menghasilkan listrik. Ekidna atau landak semut adalah hewan asli dari Papua dan Australia. Sama seperti platipus, Ekidna merupakan hewan mamalia yang bertelur. Unik, ya?

Ekidna juga memiliki moncong sama seperti platipus dan dapat ia gunakan untuk menghasilkan listrik dalam jumlah yang sangat minimal bahkan hampir tidak terasa.

Namun, listrik tersebut justru sangat berguna bagi hewan ekidna, sebab ia gunakan untuk berburu semut atau rayap di dalam tanah sebagai makanan kesukaannya. 

Moncong reseptor ekidna juga berguna sebagai navigator atau penentu arah ketika ia berada di bawah tanah maupun lumpur karena dapat mendeteksi arus listrik kecil di sekitarnya.

Nah, itulah beberapa hewan yang mampu menghasilkan listrik yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan tertentu. Setelah ini, kamu jadi tahu bahwa hewan yang mampu menghasilkan listrik tidak hanya belut listrik. 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga