5 Bunga Ini Punya Bau yang Tidak Sedap, Ada dari Indonesia! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Bunga Ini Punya Bau yang Tidak Sedap, Ada dari Indonesia!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/d375928fa3f5c86ccb2de98658653ab6ba86007e.webp
Sumber: Wikipedia

Jika mendengar kata bunga, pasti yang terlintas di pikiranmu adalah cantik dan wangi. Tidak salah, karena memang bunga-bunga yang tumbuh selalu memiliki tampilan yang cantik dan menarik, indah dipandang, dan terkadang memberikan wewangian yang khas. Namun, ternyata tidak semua bunga memiliki penampilan yang cantik dan wangi yang enak, loh!

Kamu pasti sudah tidak asing dengan bunga bangkai yang memiliki tampilan “kurang cantik”, apalagi baunya yang sesuai dengan nama bunga tersebut, tidak sedap dan menyengat. Tidak hanya bunga bangkai, 5 bunga ini juga memiliki aroma yang tidak sedap, loh! Apa saja? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Rafflesia Arnoldi

https://biartau.id/images/377090207530ffb3750f697d3e9458378ebd4018.webp
Bunga rafflesia arnoldi (Sumber: Wikipedia)

Bunga yang memiliki bau yang tidak sedap pertama adalah rafflesia arnoldi. Kamu mungkin sudah tidak asing dengan bunga ini sebab bunga ini berasal dari Indonesia, yang ditemukan oleh orang Belanda bernama Stamford Raffles dan Joseph Arnold. Itu sebabnya nama bunga tersebut adalah rafflesia arnoldi.

Sering disebut sebagai bunga bangkai, nyatanya bunga ini berbeda dengan bunga bangkai yang biasa dikenal masyarakat. Bunga bangkai adalah bunga titan arum, berbeda dengan rafflesia arnoldi.

Meskipun memiliki bau yang tidak sedap, tetapi penampilannya yang berwarna merah terlihat cantik. Apalagi bunga ini juga istimewa, sebab termasuk bunga langka, yang hanya tumbuh di hutan Kalimantan dan Sumatera.

Kamu pernah melihat langsung bunga ini?

2. Titan Arum

https://biartau.id/images/c64044cc6673462ff719e3cec99c92d51498c9fe.webp
Bunga titan arum (Sumber: Wikipedia)

Sering disebut dengan bunga bangkai, ternyata nama bunga ini adalah titan arum. Bunga ini juga berasal dari Indonesia, tepatnya tumbuh di hutan hujan Sumatera dan ada juga yang di Kebun Raya Bogor. 

Sama seperti bunga rafflesia arnoldi, titan arum juga mendapat julukan bunga bangkai sebab aroma yang ia keluarkan tidak sedap seperti bangkai. Bentuknya juga besar dengan bagian tengahnya tinggi menjulang. 

Bunga ini tampilannya tidak secantik rafflesia arnoldi dan hanya akan mekar setiap 4 hingga 6 tahun sekali. Itu pun dalam waktu yang singkat, hanya selama 24 hingga 48 jam.

3. Stapelia Gigantea

https://biartau.id/images/52d7528195051e9df13d0a36a73e59664be8fbec.webp
Bunga stapelia gigantea (Sumber: Wikipedia)

Selanjutnya ada bunga yang berasal dari Afrika Tenggara, yaitu Stapelia Gigantea. Tumbuhan ini tumbuh setinggi 20 cm dan memiliki bentuk fisik mirip kaktus dan bunga berwarna kuning kemerahan. 

Tidak seperti fisiknya yag biasa saja bahkan terlihat cantik, bunga ini juga mengeluarkan aroma yang tidak sedap, loh! Aromanya pun sangat menyengat sehingga mengundang lalat bahkan belatung hinggap di permukaan bunga,

Bisa kamu bayangkan sebau apa bunga ini?

4. Eastern Skunk Cabbage

https://biartau.id/images/300b5e1bd81146ff1a6e6671bb7e63fe84c99177.webp
Bunga eastern skunk cabbage (Sumber: Wikipedia)

Kemudian, ada bunga dari Amerika Utara yang mengeluarkan aroma tidak sedap, yaitu Eastern Skunk Cabbage. Walaupun namanya cabbage atau kol, bunga ini tidak berwarna hijau cerah, tetapi justru berwarna ungu kecoklata. Bentuknya pun runcing seperti bunga yang belum mekar. Tidak sedikit yang merasa bentuk bunga ini “aneh”.

Bau tidak sedap dari bunga ini mirip seperti bau sigung yang sangat menyengat. Namun, di balik bau dan tampilannya yang tidak enak dipandang, masyarakat menggunakan bunga ini sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai penyakit, seperti batuk, asma, hingga epilepsi.

Menarik, ya?

5. Dead Horse Arum Lily

https://biartau.id/images/93fde7f67b7348441e47101c200b1e45d2732c6d.webp
Bunga dead horse arum lily (Sumber: Wikipedia)

Bunga dengan bau tidak sedap selanjutnya adalah dead horse arum lily yang berasal dari Corsica, Kepulauan Balearic. Bunga ini mekar di musim panas.

Bentuknya memiliki satu kelopak berwarna merah keungunan dengan lebar 60 cm dan tingginya mencapai 45-50 cm. Orang-orang menyebut bunga ini sebagai dead horse arum lily sebab mengeluarkan aroma yang mirip seperti bangkai seekor kuda yang membusuk.

Waduh, bagaimana ya baunya bangkai kuda yang membusuk itu?

Itulah beberapa bunga yang mengeluarkan aroma tidak sedap. Kamu pernah melihat yang berasal dari Indonesia? Jika pernah, bagaimana baunya? Tulis pengalamanmu di kolom komentar, ya!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga