5 Cara Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Cara Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik

1 bulan yang lalu

 

https://biartau.id/images/665dfb5ec003b5415cf748558adc852ed3c9a5a8.webp

 

Thumbnail merupakan tayangan display yang muncul sebelum kamu memutar video YouTube. Biasanya, pengguna YouTube lebih memilih memutar video dengan thumbnail yang menarik. Oleh karena itu, penting untuk kamu tahu cara membuat thumbnail YouTube yang menarik agar penonton videomu makin naik.

Perlu kamu tahu bahwa thumbnail YouTube memiliki 2 jenis. Pertama, adalah thumbnail yang otomatis muncul dan bisa kamu pilih setelah mengunggah sebuah video. Thumbnail tersebut berasal dari potongan tayang video yang kamu unggah. Kedua, thumbnail yang kamu siapkan sendiri dengan lebih menarik dan di-upload bersamaan dengan video yang kamu unggah.

Size Terbaik untuk Thumbnail YouTube

https://biartau.id/images/80424bbfed6b553114bb73f2ef5937593844e724.webp

 

Sebelum membuat dan mendesain sendiri thumbnail, kamu perlu tahu terlebih dahulu ukuran terbaik untuk sebuah thumbnail YouTube. Thumbnail YouTube sendiri sudah ada aturannya dari YouTube. Adapun berikut aturan thumbnail YouTube berdasarkan YouTube Studio App Help Center:

  1. Gambar thumbnail memiliki resolusi 1280 x 720 dengan lebar minimal 640 pixels.
  2. Format thumbnail yang bisa kamu unggah hanya JPG, GIF, BMP, dan PNG.
  3. Gambar memiliki ukuran maksimal 2 MB.
  4. Rasio yang digunakan untuk thumbnail adalah 16:9.
  5. Thumbnail tidak boleh mengandung isu sensitif seperti SARA.

Cara Membuat Thumbnail YouTube yang Menarik

https://biartau.id/images/a3ccfd43b807f070aa13ac6feb8fc139c42afd3d.webp

 

Memiliki thumbnail yang menarik merupakan salah satu cara menaikkan subscriber YouTube yang cukup ampuh. Setelah mengetahui ukuran thumbnail yang sesuai standar YouTube, sekarang adalah saatnya kamu untuk mengetahui cara membuat thumbnail YouTube yang menarik agar videomu diklik banyak orang. Berikut rincian penjelasannya!

1. Gunakan Edit Tools yang Bisa Kamu Pakai

Sebelum membuat dan mendesain sebuah thumbnail, alangkah baiknya kamu menentukan terlebih dahulu aplikasi edit apa yang akan kamu gunakan. Tentu, ada banyak sekali tools yang bisa kamu pakai dalam membuat thumbnail.

Untuk kamu yang terbiasa dengan desain, kamu bisa memilih aplikasi seperti Adobe Photoshop, Corel Draw, Adobe Ilustrator. Sementara itu untuk kamu yang belum terbiasa desain, kamu bisa gunakan web seperti Canva, Picmaker, dll. 

2. Siapkan Foto yang Menarik Sesuai Isi Konten

Cara membuat thumbnail YouTube yang menarik selanjutnya adalah menyiapkan foto yang paling menarik sesuai dengan isi konten. Tentu saja, foto tersebut harus terlihat eye-catchy dan membuat orang penasaran terhadap isi video.

Kalau kamu bingung menentukan foto yang seperti apa, kamu bisa gunakan potongan atau cuplikan video yang kamu screenshot sebagai foto thumbnail yang akan kamu edit.

3. Tambahkan Efek pada Thumbnail

Selanjutnya, cara membuat thumbnail YouTube yang menarik adalah dengan menambahkan elemen-elemen atau efek dari tools edit foto yang kamu gunakan. Elemen atau efek tersebut makin menambah ketertarikan penonton untuk mengeklik videomu di YouTube. 

Misalnya, kamu bisa tambahkan efek stiker lucu, border, frame, background, dll. ke dalam thumbnail agar menonjolkan kontenmu.

4. Sisipkan Tulisan dan Background pada Thumbnail

Selain elemen-elemen maupun efek, tambahkan juga tulisan yang menunjukkan isi konten, tetapi tetap membuat orang penasaran. Biasanya tulisan tersebut sengaja dibuat besar agar lebih mudah dibaca dan bisa menarik perhatian mata pengguna untuk melihatnya.

Gunakan jenis tulisan yang mudah dibaca, tebal, dan jelas dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Sesuaikan dengan pandangan agar thumbnail makin enak dilihat.

5. Jangan Menulis Judul yang Clickbait

Pastikan untuk menghindari judul tulisan yang clickbait karena orang akan mengurangi rasa percaya orang-orang dalam menonton videomu.

Itulah penjelasan mengenai cara membuat thumbnail YouTube yang menarik agar views videomu naik. Kamu juga bisa melakukan riset dengan melihat contoh thumbnail YouTuber lain yang dirasa memiliki views tinggi. Contoh cara mereka membuat thumbnail dan pastikan untuk menyesuaikan desain agar terlihat lebih orisinal.

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga