3 Cara Membuat Nomor di Excel Secara Otomatis, Mudah Kok! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

3 Cara Membuat Nomor di Excel Secara Otomatis, Mudah Kok!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/2c4539adb0577f7669418a456b3b5dd0b6334e2e.webp

 

Kamu pernah diminta membuat daftar data yang banyak sehingga harus mengurutkan nomor satu persatu? Sekarang, kamu tidak perlu lagi melakukannya secara manual, sebab cara membuat nomor di Excel bisa kamu lakukan secara otomatis dan cepat. Berapapun nomor yang kamu butuhkan bisa kamu atur sendiri, mulai dari puluhan, ratusan, ribuan, dll.

Meskipun dirasa sepele, tapi jika cara mengurutkan nomor di Excel dilakukan manual, tentu butuh waktu yang lebih banyak. Kamu mungkin bisa menghabiskan waktu hanya untuk membuat urutan nomor saja. Tentu tidak efektif, bukan? Oleh sebab itu, artikel berikut bisa bantu kamu memudahkan pekerjaanmu.

Cara Membuat Nomor di Excel

https://biartau.id/images/0a15cee70cb3dd6e90754c3ac369a1cf58b57fcb.webp

 

Ada beberapa cara membuat nomor otomatis di Excel, yang tentu tidak sulit dan bisa kamu ikuti langkah-langkahnya dengan mudah. Berikut cara membuat nomor di Excel untuk kamu yang sering bekerja dengan data-data.

1. Menambahkan Nomor Urut di Excel dengan Fitur AutoFill

Cara membuat nomor di Excel yang pertama adalah dengan menggunakan AutoFill. Fitur ini bisa kamu lakukan hanya dengan menambahkan angka lalu drag ke arah yang ingin kamu tambahkan urutan nomornya. Simak lebih jelasnya langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama, buka aplikasi Excel dengan lembar kerja yang kosong.
  2. Kemudian, tentukan terlebih dahulu apakah angka berurutan akan dari atas ke bawah atau dari kiri ke kanan.
  3. Untuk dari atas ke bawah, isi angka 1 pada sel A1, dan angka 2 pada sel A2. Sementara itu, untuk angka urut dari kiri ke kanan, isi angka 1 pada sel A1 dan angka 2 pada B1.
  4. Selanjutnya, blok kedua angka tersebut, dan klik pada bagian bawah kanan kolom (seperti tombol berbentuk kotak kecil), lalu lakukan drag ke arah bawah atau kanan sesuai yang kamu pilih sebelumnya.
  5. Selesai. Angka pun akan secara otomatis terisi sampai pada kolom terakhir yang kamu pilih.

2. Menambahkan Nomor Secara Urut Menggunakan Rumus Excel

Kamu bisa menggunakan cara menambahkan nomor di Excel kedua yang menggunakan rumus. Ada beberapa rumus yang bisa kamu gunakan, seperti =IF, =COUNT, =COUNTA=, dan =ROW. Semua rumus tersebut punya fungsinya sendiri.

Rumus =IF misalnya, rumus ini bisa kamu gunakan untuk mengurutkan nomor berdasarkan kriteria tertentu. Rumus =IF akan mengurutkan angka ketika data pada kolom B sudah terisi. Caranya dengan mengetikkan rumus pada sel A2, yaitu:

=IF(B2=”;””;ROW()-1) -> nantinya nomor urut akan muncul ketika sel B2 sudah kamu isi dengan data. Jika belum, nomor urut tersebut pun tidak akan muncul.

3. Menambahkan Nomor Urut dengan Opsi Fill di Excel

Cara membuat nomor di Excel yang ketiga ini sangat berguna untuk kamu yang ingin mengurutkan nomor pada tabel dengan data hingga ribuan. Dengan cara ini kamu tidak perlu lagi melakukan drag pada sel ribuan yang terlalu jauh. Cukup menggunakan fitur “Fill” kerjaanmu akan siap dengan cepat.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, buka aplikasi Excel dengan lembar kerja kosong.
  2. Kemudian isi angka 1 pada sel yang diinginkan, misal pada sel A1.
  3. Setelah itu, klik pada sel tersebut, lalu temukan opsi “Fill” pada tab “Home” yang ada di bagian menu “Editing”.
  4. Saat mengeklik opsi “Fill” akan ada pilihan opsi, pilih bagian “Series”.
  5. Setelah itu akan muncul pop up menu untuk kamu mengedit. Bagian “Series in” terbagi menjadi 2, yaitu “Rows” dan “Columns”. “Rows” kamu pilih untuk membuat daftar nomor dari kiri ke kanan, sedangkan “Columns” dari atas ke bawah.
  6. Isi “Type” dengan “Linier”.
  7. Kemudian, isi “Step value” sebagai angka awal, yaitu angka 1 dan “Stop value” sebagai nomor terakhir yang kamu butuhkan, misalnya 500. Lalu, klik “OK”
  8. Selesai. Kamu sudah punya daftar nomor urut dari 1 sampai 500. Mudah, bukan?

Itulah cara membuat nomor di Excel yang bisa kamu lakukan dengan mudah dan cepat. Setelah ini kamu tidak perlu lagi mengetikkan nomor satu persatu, karena hanya akan memakan waktu. Bagaimana? Kamu bisa melakukannya? Jika menurutmu artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk share ke teman-temanmu di media sosial, ya! Cari tahu? Biartau!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga