3 Cara Print agar Tidak Terpotong Ini bisa Bantu Masalahmu! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

3 Cara Print agar Tidak Terpotong Ini bisa Bantu Masalahmu!

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/5a99d9577827d8f60c9624b9861afd2395e76d93.webp

 

Salah satu masalah yang sering dihadapi orang-orang ketika ingin mencetak dokumen yang mereka kerjakan adalah tulisan yang ada di kertas terpotong dan tampilan tidak sesuai seharusnya. Oleh karena itu, banyak orang mencari cara print agar tidak terpotong. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan yang terbilang mudah, loh!

Tulisan di kertas yang terpotong saat di-print memang terkadang menyebalkan. Jika kamu tidak teliti dan ternyata seluruh dokumen sudah ter-print semua, kamu perlu mencetaknya kembali. Selain membutuhkan waktu, kalau kamu mencetaknya di penyedia jasa percetakan tentu akan membutuhkan bayaran tambahan untuk mencetak dokumennya kembali. Merepotkan, bukan?

Penyebab Tulisan Terpotong saat Print

https://biartau.id/images/efd99809d0e2b96fe4aeec19216fc646b3408a9a.webp

 

Sebelum mencari tahu cara print agar tidak terpotong, kamu harus tahu terlebih dahulu penyebab kenapa tulisanmu terpotong saat dicetak. Tujuannya agar kamu bisa aware dari awal, dan bisa mempersiapkan dokumen sesuai dengan yang akan kamu print.

Tulisan yang terpotong biasanya diakibatkan dari ukuran kertas pada aplikasi Microsoft Word berbeda dengan kertas asli yang kamu gunakan di printer. Jadi, kamu perlu mengatur dari awal setting kertas di Microsoft Word agar sesuai dengan kertas di printer

Hal ini biasanya terjadi pada ukuran kertas F4 yang tidak ada di dalam setting Microsoft Word, tetapi di jasa percetakan ada. Kalau kamu bertanya bagaimana setting F4 di Microsoft Word pada jasa percetakan, biasanya kamu akan mendapatkan jawaban “F4 ukurannya sama dengan Legal (ukuran di Microsoft Word)”. Padahal ternyata F4 dengan Legal tidak terlalu seukuran.

Ukuran kertas F4 asli yang biasa digunakan di percetakan adalah 21 cm x 33 cm, sedangkan ukuran Legal adalah 21,59 cm x 35,56 cm. Dilihat dari ukurannya tersebut, tidak heran jika saat mencetak dokumen, tulisannya terpotong.

Lalu, bagaimana cara mengatur ukuran kertas di Word agar sesuai dengan kertas yang digunakan di printer baik A4, A5, F4, dll.? Ada 3 cara yang bisa kamu lakukan. Simak penjelasannya berikut ini!

3 Cara Print agar Tidak Terpotong di Microsoft Word

Mengatur ukuran kertas di Microsoft bisa dibilang cukup mudah, kamu hanya perlu mengatur beberapa setting saja agar ukuran menjadi lebih sesuai.

1.     Mengubah Size atau Ukuran Kertas

https://biartau.id/images/6d5814730181362a42aa1f5124c39b84d51a64ec.webp

 

Cara print agar tidak terpotong pertama yang bisa kamu lakukan agar ukuran kertas di Microsoft Word sesuai dengan ukuran kertas asli yang kamu gunakan di printer adalah dengan mengubah setting ukuran tersebut di Page Layou atau Layout. Berikut langkah-langkah yang bisa kamu ikuti:

  1. Pertama, buka aplikasi Microsoft Word yang ada di komputermu.
  2. Sebelum memulai penulisan, klik terlebih dahulu menu Layout atau Page Layout yang ada di jajaran menu bar di atas.
  3. Kemudian, temukan menu size yang sejajar dengan menu orientation, margin, columns.
  4. Di menu size tersebut, ada beberapa ukuran yang bisa kamu pilih, dan ukuran tersebut sebenarnya sudah sesuai dengan ukuran kertas asli di dunia nyata. Hanya saja tidak ada ukuran F4, yang ada hanya Legal, dan itu pun masih berbeda seperti yang telah dijelaskan.
  5. Untuk menambahkan sendiri ukuran F4 yang sesuai, klik pada bagian “More Paper Size” yang ada di paling bawah ukuran.
  6. Setelah muncul pop up baru, kamu sudah bisa memasukkan ukuran yang sesuai dengan ukuran F4 atau ukuran kertas lain. Isi pada bagian width untuk lebar dan height untuk tinggi kertas.
  7. Selesai, kamu sudah memiliki ukuran kertas yang sesuai dengan yang kamu butuhkan.

2.     Mengubah Batas tulisan dengan Menggeser Ruler

https://biartau.id/images/db73f7683efd8f6520e202920f9292d41af988f6.webp

 

Selain melalui menu Layout, kamu juga bisa mengubah batas tulisan dengan menggeser ruler. Penggaris atau ruler ini berada di sisi bagian kiri dokumen yang berisi angka-angka sama seperti penggaris. Berikut cara print agar tidak terpotong dengan menggeser ruler yang bisa kamu ikuti:

  1. Pertama, bukalah aplikasi Microsoft Word. Setelah itu, kamu bisa melihat di bagian kiri kertas terdapat rangkaian angka layaknya sebuah penggaris (ruler). 
  2. Kemudian, tariklah batas penggaris yang berwarna abu-abu tersebut ke angka yang sesuai dengan ukuran kertasmu.
  3. Setelah itu batas tulisan pun tidak akan terpotong karena kamu sudah mengatur ruler tersebut.

3. Mengatur Batas Tulisan dengan Ukuran Margin

https://biartau.id/images/81eeb9b40f6d11109fbd4fecfc102fa51788bcaa.webp

 

Cara print agar tidak terpotong ketiga adalah dengan mengatur margin agar batas atas, bawah, kiri, dan kanan tulisan tidak terlalu menjorok. Dengan mengatur margin, tulisanmu memiliki batasnya sendiri sehingga saat dicetak tidak akan terpotong. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Pertama, buka aplikasi Microsoft Word yang ada di komputermu.
  2. Sebelum memulai penulisan, klik terlebih dahulu menu Layout atau Page Layout yang ada di jajaran menu bar di atas.
  3. Kemudian, temukan menu Margin yang sejajar dengan menu orientation, size, columns.
  4. Di menu Margins tersebut, kamu bisa mengedit sesuai dengan yang kamu mau dengan mengklik “Custom Margins” yang ada di paling bawah. Kamu juga bisa menggunakan template margins yang sudah disediakan Microsoft Word.
  5. Setelah mengeklik “Custom Margins” kamu bisa mengisi top untuk batas atas, bottom batas bawah, left batas kiri, dan right batas kanan. Sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Itulah penjelasan mengenai cara print agar tidak terpotong yang perlu kamu ketahui. Setelah ini, diharapkan hasil cetakanmu tidak terpotong lagi dan sudah langsung rapi untuk digunakan. Bagaimana, cukup membantu, bukan? Punya cara lain yang lebih mudah? Bagikan informasimu pada kolom komentar di bawah, ya!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga