2 Cara Memunculkan Sheet di Excel yang Tersembunyi - Biartau.id
Berhasil

Default Message

2 Cara Memunculkan Sheet di Excel yang Tersembunyi

1 bulan yang lalu
https://biartau.id/images/755b099511c3ceab0a583aa4f905fa0cc5d57958.webp

 

Salah satu masalah yang sering dihadapi orang yang bekerja dengan menggunakan Excel adalah worksheet yang tiba-tiba hilang atau tersembunyi. Bagi mereka yang sudah tahu cara memunculkan sheet di Excel yang tersembunyi mungkin itu hal biasa. 

Berbeda dengan orang yang masih awam, mereka pasti akan panik karena pekerjaan mereka tiba-tiba hilang. Apalagi jika pekerjaan mereka dirasa sudah hampir selesai. Namun, kamu tidak perlu panik ketika worksheet hilang selama kamu tidak menghapusnya, sebab ada cara memunculkan sheet yang di-hide di Excel. 

Cara Memunculkan Sheet di Excel yang Tidak Sengaja Hilang

Worksheet bisa saja tiba-tiba hilang atau tersembunyi ketika kamu ingin mengatur sheet tetapi salah mengeklik opsi. Akibatnya sheet tersebut menghilang dari lembar kerja yang sedang kamu kerjakan. 

Ada 3 cara yang bisa kamu ikuti dalam memunculkan sheet. Untuk kamu yang masih awam dengan Excel, ikuti langkah-langkah berikut untuk memunculkan kembali sheet yang di-hide agar bisa kamu lanjutkan pekerjaannya.

1. Cara Memunculkan Sheet di Excel dengan Opsi Format

https://biartau.id/images/6165795986c03ce73e049a4541431df50df3b0b5.webp
Source : Computer Expert

 

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk memunculkan sheet yang tersembunyi di aplikasi Excel adalah dengan mengeklik opsi “Format”. Ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini:

  1. Pertama, pastikan kamu sudah membuka aplikasi Excel dengan sheet yang tersembunyi atau hilang tersebut.
  2. Klik tab “Home” yang ada di kiri atas, kemudian lihat di jajaran sebelah kanan bagian atas ada pilihan opsi “Format”
  3. Klik opsi “Format” tersebut dan nanti akan muncul beberapa opsi lagi yang bisa kamu pilih. Pilih opsi “Hide & Unhide”.
  4. Karena kamu ingin menampilkan sheet yang hilang, maka pilih opsi “Unhide Sheet” dengan mengekliknya.
  5. Nantinya akan muncul pop up menu sheet mana yang ingin kamu tampilkan. Jika sheet yang hilang hanya ada 1, di dalam pop up menu tersebut nantinya akan ada 1 sheet.
  6. Klik pada sheet tersebut, kemudian klik “OK” di bagian bawah. Selesai, sheet yang hilang akhirnya muncul kembali.

2. Cara Memunculkan Sheet yang Hilang dengan Cara Klik Kanan

https://biartau.id/images/2044ad887e5e7defbe11dfda1e3380d58dbd1bbc.webp
Source : Computer Expert

 

Cara kedua adalah dengan mengeklik kanan pada sheet yang tersedia di bagian kiri bawah. Excel tidak bisa membuatmu menghilangkan atau menyembunyikan semua sheet. Oleh sebab itu, setidaknya selalu ada 1 sheet sebagai lembar kerja tempatmu mengerjakan sesuatu.

Ikuti langkah-langkahnya berikut ini!

  1. Pertama, pastikan kamu sudah membuka aplikasi Excel.
  2. Kemudian, arahkan kursor pada sheet yang tersedia di sebelah kiri bawah.
  3. Klik kanan pada sheet tersebut, lalu pilih opsi “Unhide”.
  4. Pilih worksheet yang ingin kamu munculkan, lalu klik OK.
  5. Selesai, sheet-mu pun akan muncul kembali di bagian kiri bawah.

Cara kedua ini sepertinya lebih cepat dan lebih mudah untuk dilakukan, tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa kamu akan melakukan cara pertama, apabila tidak bisa menggunakan klik kanan karena mouse atau joypad rusak.

Catatan: Ketika kamu tidak bisa mengeklik opsi “Unhide” artinya tidak ada sheet yang tersembunyi. Hal tersebut bisa terjadi karena sheet-mu yang hilang itu terhapus dan bukan disembunyikan.

Selain memunculkan sheet yang hilang, kamu juga bisa menyembunyikan (dengan sengaja) bagian sheet atau lembar kerja. Caranya? Hampir sama seperti kamu memunculkan sheet, bedanya opsi yang kamu pilih adalah “Hide” dan bukan “Unhide”.

Itulah 2 cara memunculkan sheet di Excel yang tersembunyi. Lakukan cara-cara tersebut sesuai yang mudah menurutmu. Bagaimana? Sudah bisa muncul kembali lembar kerjamu? Tulis di kolom komentar, ya! Jika menurutmu artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan ke teman-temanmu juga. Cari tahu? BiarTau!

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga