5 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Ayo Tentukan Mulai dari Sekarang! - Biartau.id
Berhasil

Default Message

5 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Ayo Tentukan Mulai dari Sekarang!

1 tahun yang lalu
https://biartau.id/images/690ac5c3e103dfab18cd9b1bea3c69f4373fa169.webp
5 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

5 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja. Hasil penelitian pada tahun 2008 yang dilakukan oleh UNESCO, ILO dan McKinsey menyatakan bahwa penyebab banyaknya para sarjana menganggur adalah adanya kesenjangan sistem pendidikan dengan dunia kerja, maksud kesenjangan tersebut adalah para lulusan tidak sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. oleh karena itulah bagi kamu yang akan segera mendaftar kuliah harus mempertimbangkan jurusan kuliah yang benar-benar dibutuhkan di dunia kerja dan memberikan prospek karir yang cerah dan menjanjikan di masa depan.Tentunya dengan memiliki pekerjaan dengan  karir yang  cerah bukan hanya gaji tinggi yang akan kamu dapatkan tapi juga kamu akan semakin mudah merencanakan dan membangun masa depan seperti apa yang kamu inginkan. Agar kamu tidak bingung memmilih jurusan apa saja sih yang paling dibutuhkan di dunia kerja? simak ulasannya berikut ini. 

1. Jurusan Teknik Informatika

     Jurusan teknik informasi semakin banyak diminati karena para lulusan dihadapkan dengan  peluang kerja yang besar dan  prospek pekerjaan yang menjanjikan. Alasannya didorong oleh kemajuan teknologi yang sangat pesat  sehingga  pemanfaatan teknologi merambat ke berbagai bidang termasuk dunia bisnis. Banyak perusahaan yang siap merekrut para lulusan yang jago bidang IT  mulai dari instansi pemerintah, perusahaan swasta, BUMN bahkan perusahaan raksasa seperti Google. Jika sudah memilIki keahlian yang mumpuni, tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendirikan perusahaan star-up  sendiri loh.   

     Jurusan Teknologi informasi mempelajari segala hal mengenai teknologi mulai dari mempelajari bahasa pemograman, membuat perangkat lunak, memecahkan berbagai permasalahan komputasi hingga membuat sistem keamanan informasi dan jaringan  dan lain sebagainya. Jurusan teknik informasi akan membentuk para lulusan untuk tanggap dan memahami kebutuhan di bidang teknologi. 

Untuk berkarir  di bidang teknologi dan informasi, ada berapa pilihan karir yang bisa kamu pilih seperti game programer/game developer, sofware enginering, aplication enginering, data scientist dan lain sebagainya.

2. Jurusan Teknik Mesin

Alasan mengapa jurusan teknik mesin harus masuk dalam list program studimu adalah karena lulusan teknik mesin sangat dibutuhkan oleh industri bidang otomotif, industri kedirgantaraan, industri manufaktur dan bioteknologi. Lulusan teknik mesin berperan besar dalam proses pembuatan dan perancangan mesin atau produk tertentu.  Pada faktanya perusahaan bersaing menciptakan mesin atau alat untuk  digunakan dan membantu aktivitas manusia, oleh karena itu lulusan teknik mesin sangat dibutuhkan. Terdapat beberpa pilihan karir untuk kamu diantaranya adalah perencana produk otomotif, mekanik mobil dan pesawat, peracang dan teknisi mesin, teknisi dan operator pabrik, teknisi robot dan system analist. 

3. Jurusan  Marketing 

Coba kamu search lowongan kerja bagian marketing, pasti akan banyak sekali perusahaan yang menawarkan pekerjaan tersebut.  Staf marketing sangat dibutuhkan perusahaan untuk membantu dalam memproduksikan produk serta membangun brand awareness bagi konsumen. Staf marketing dituntut untuk memahami dan menganalisis kebutuhan konsumen akan produk. Mereka menciptakan pemasaran melalui berbagai media oneline maupun secara langsung. Semakin bagus dan berkualitas promosi suatu produk maka akan semakin dikenal dan  diminati para konsumen sehingga meningkatkan hasil penjualan. Untuk menjadi seorang marketer yang handal latih public speakingmu dan rancang strategi periklanan sekreatif mungkin. 

4. Jurusan Komunikasi Visual 

Jurusan yang satu ini cocok bagi kamu yang jago gambar atau mendesain sesuatu. Alasan mengapa lulusan ini dibutuhkan adalah  setiap industri membutuhkan seseorang yang mampu menyampaikan maksud atau pesan secara visual untuk menarik mereka agar tergerak membeli atau melakukan sesuatu. Terdapat beberapa bidang yang digeluti lulusan komunikasi visual seperti industri media masa, periklanan, produsction house atau film , industri game danlain sebagainya. Dari bidang tersebut kamu bisa memilih pekerjaan sebagai lluslator, desain produk, perancang web, animator dan desainer grafis. 

Dalam dunia perkuliahan jurusan komunikasi visual kamu akan terbiasa berhubungan dengan sofware desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Indesign, Adobe Premier, Adobe Ilustrator untuk merancang sesuatu. Untuk itu pastikan kamu memeiliki perangkat tersebut.  

5. Jurusan Kedokteran 

Sebagian orang bangga jika berhasil menjadi seorang dokter selain gaji yang ditawarkan cukup tinggi bekerja  menjadi seorang dokter  memilki jenjang karir yang cerah dan bergengsi. Bekerja di bidang kesehatan tentunya tidak akan perah berhenti  dibutuhkan.  Masalah kesehatan tidak akan pernah lepas dari manusia, oleh karena itulah dokter memilki peran penting dalam menanganinya. 

Kamu tidak perlu takut menggangur setelah lulus, karena lulusan kedokteran bisa ikut program profesi jika kamu lolos sertifikasi  tentunya kamu bisa langsung bekerja, sehingga tak perlu kesulitan  melamar pekerjaan kemana-mana karena prospek pekerjaan sudah jelas.  

Kesimpulan 

Setelah lulus SMA pasti kamu bingung mau pilih jurusan kuliah yang mana, sebelum memilihnya kamu patut ketahui terlebih dahulu passionmu jangan sampai di tengah-tengah kamu stuck dalam menjalani perkuliahan hingga  akhirnya kamu menyerah. Perlu diingatkan bahwa pilihlah jenjang pendidikan sesuai dengan passion dan memiliki prospek pekerjaan yang menjanjikan. Jangan sampai salah memilih readers.  

 

 

 

 

Mulai menulis dan hasilkan income tambahan

Tak perlu keluar rumah ataupun ke kantor, kamu sudah dapat bergabung menjadi bagian dari biartau.id

Login untuk menambahkan Komentar
Baca Juga