TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Sungguh Tak Di Duga, Perhatikan Desain Ibu Kota Baru Indonesia, Ternyata Mirip Ini?

Rahmat Sukriandy Wirawan | Rabu, 28 Aug 2019 - 01:50 PM

Pemindahan ibu Kota Indonesia tampaknya sudah mendekati finalisasi. Mulai dari wilayah yang akan dijadikan lokasi hingga desain nya seperti apa kini sudah mulai nampak.

Menurut pemberitaan dari sekretariat negara, lokasi yang dipilih menjadi Ibu Kota adalah di kalimantan Timur, Posisi Kaltim ini dipilih karena dinilai sangat tepat dan lebih memungkinkan dibandingkan wilayah lain yang sempat masuk dalam bursa Ibu Kota.

Desain nya pun tak kalah menyorot perhatian, Berdasarkan dokumen gagasan rencana dan kriteria desain ibu kota baru dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), seperti yang dikutip detikFinance.com, Rabu (21/8/2019), pembangunan ibu kota baru ini tetap akan mempertahankan keberadaan hutan Kalimantan.

Baca juga

Sehingga, nantinya ruang terbuka hijau (RTH) di ibu kota baru akan mencakup minimal 50% dari luas ibu kota. Dalam RTH tersebut akan dibangun taman rekreasi, ruang hijau, kebun raya, komplek atau sarana olah raga yang terintegrasi dengan bentangan alam, supaya nantinya RTH ini layaknya di kawasan berbukit yang meliputi daerah aliran sungai (DAS).

Tentunya dengan konsep Forest City ini, teknologi energi terbarukan juga menjadi komponennya. Tak lupa juga dengan pembangunan kota yang berorientasi pada transportasi publik publik berbasis rel seperti Moda Raya Terpadu (MRT) yang juga merupakan rencana pemerintah untuk menjadi sarana transportasi publik di ibu kota baru.

Untuk mendukung kota yang berorientasi pada transportasi publik ini, maka pemerintah juga berencana membuat non motorized mode atau sepeda dan pedestrian yang terintegrasi. Non motorized mode itu maksudnya, dalam ibu kota baru ini akan diperbanyak ruang terbuka publik sehingga aksesibilitas masyarakat lebih besar. Ruang terbuka publik ini diharapkan dapat mendorong kreativitas dan produktivitas masyarakat.

Tapi ada satu yang mengundang perhatian para netizen, banyak yang mengatakan bahwa desain ibu kota baru ini mirip dengan markas pertahanan Amerika Serikat yakni pentagon.

Ya, sekilas memang mirip tapi berdasarkan desain tata kota yang efisien dan baik, segi lima seperti desain markas pertahanan AS ini merupakan desain yang paling tepat. bagaimana menurutmu?

Rahmat Sukriandy Wirawan

Apa Saja Untukmu 😘

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.