TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Cara Agar Fokus dan Bebas Gangguan Saat Bekerja

Rianda Prayoga | Selasa, 27 Aug 2019 - 09:40 AM

Bekerja itu gak cuma butuh otot dan tenaga. Tapi juga butuh pakai otak. Maksudnya otak itu pikiran ya. Bukan beli otak di warung padang. Hehe..

Bekerja butuh berpikir, tapi bukan asal pikir. Kalau pikirannya bercabang-cabang, bekerja juga jadi susah. Jadi kuncinya ialah fokus.

Hilangnya fokus saat bekerja sering terjadi. Bisa karena berbagai penyebab. Maka itu untuk membangun fokus saat bekerja, bisa dimulai dengan mendeteksi asal mula penyebab tidak fokus saat bekerja.

Mengenali penyebab masalah

Fokus bekerja - halodoc.com
Baca juga

Cara akar masalah penyebab mengapa bekerja jadi tidak fokus. Apa karena kesal lingkungan yang tidak mau ikut aturan, hubungan keluarga & teman yang tidak baik, atau lagi bermasalah dengan bos?

Lebih baik segera selesaikan masalah tersebut. Atau berdamailah dengan dirimu sendiri. Karena boleh jadi masalahnya ada pada dirimu sendiri. Bisa karena kecanduan gadget mungkin.

Keseringan mengecek smartphone bikin gak fokus. Kurangi penggunaan smartphone yang gak perlu. Fokus saja pada pekerjaan.

Bikin jadwal kerja yang teratur

Kerja teratur - ruangmuda.com

Kita sering kali kehilangan fokus saat bekerja karena jadwal pekerjaan yang berantakan. Fokus itu berkaitan dengan disiplin dan tepat waktu. Pekerjaan yang molor memang bikin hilangnya fokus bekerja.

Segera bikin jadwal kerja. Entah itu bekerja sebagai karyaman maupun wiraswasta. Jadwal pekerjaan tetap perlu. Menjadi penting, karena membuat kita menjadi lebih memahami apa saja yang sudah dikerjakan, prioritas kerja dan target yang ingin dicapai.

Jangan lupa sarapan

sarapan nasi goreng -  merahputih.com

Tips agar fokus bekerja selanjutnya ialah sarapan. Gak perlu dijelasan panjang lebar ya. Sarapan itu penting. Dan secara umum manusia menjadi gagal fokua saat bekerja bila perut kosong.

Usahakan sarapan sebelum memulai aktivitas. Dan bekerja keraslah agar bisa sarapan setiap hari.

Bekerjalah secara offline

Tenang bekerja - daddystakoyaki.com

Sama seperti tips yang sudah dijelaskan diatas. Kurangi interaksi dengan gadget dan bekerjalah secara offline.

Memang sih kini hampir setiap pekerjaan selalu bersinggungan dengan internet. Tapi ada saatnya bekerja itu bebas terlepas dari internet. Maksudnya terlepas dari internet yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan. Entah cek media sosial, streaming, maupun hiburan digital lainnya yang bikin kamu gak fokus saat bekerja.

Memilah pekerjaan

Fokus bekerja - Qerja.com

Tips ini juga berkaitan dengan tips sebelumnya, yaitu membuat jadwal kerja. Tujuannya ialah membuat kita lebih paham pekerjaan mana yang paling prioritas.

Kerjakan pekerjaan dari yang paling mudah hingga yang paling kompleks. Ini membuat kamu tidak terlalu capai dalam bekerja dan fokus tetap terjaga.

Membuat batasan waktu

Kerja tepat waktu - kompasiana/techinasia

Untuk mencapai tujuan bekerja dengan fokus yang bagus. Maka jangan ada istilah jam karet. Manajemen waktu yang tidak teratur membuat bekerja tidak fokus.

Buatlah batasan waktu dalam bekerja. Tentukan target waktu penyelasaian pekerjaan. Dan komitmen dengan tujuan itu.

Bersihkan tempat kerja

Tempat kerja yang bersih - maxmonroe

Tempat kerja yang berantakan bikin gerak bekerja terganggu. Selain itu juga bikin mata sepet.

Terlebih kalau kamu pecinta kebersihan. Tempat kerja yang berantakan bikin tangan gatel untuk segera membersihkan. Jagalah fokus bekerja dengan menjaga kebersihan.

Membuat target dan memberi penghargaan sendiri

Santuy - glints.com

Agar fokus bekerja. Diperlukan juga dorongan yang kuat agar semangat. Ini bukan soal bonus dan hadiah dari orang lain.

Kamu sendiri juga bisa memberi penghargaan untuk diri sendiri. Semisal bisa mencapai target kerja. Maka lebih banyak "me time" yang bisa dinikmati. Gak ada salahnya untuk mencoba tips satu ini.

Jangan lupa istirahat

Istirahat - Kompas/Shutterstock

Fokus bekerja artinya produktifitas pekerjaan yang meningkat. Namun bukan berarti terus-menerus mengambil jam lembur.

Terlalu banyak bekerja tanpa istirahat yang cukup. Justru bikin tidak fokus dalam bekerja. Karena fokus bekerja tergantung juga dari kondisi fisik. Maka itu jangan lupa istirahat ya.

Minum kopi atau lainnya

Minum kopi - Vervecoffe/dreamers.co.id

Bagi pecinta kopi dan teh, bila belum minum minuman favoritnya rasanya ada yang kurang. Kerja jadi kurang semangat dan konsentrasi. Maka gak ada salahnya untuk minum kopi dulu.

Tapi ini bukanlah hal mutlak dilakukan. Bagi kamu yang gak suka kopi atau teh, bisa juga mengunya permen karet agar bekerja lebih fokus.

Pakai earphone

Musik saat kerja - brilio.net

suka terganggu dengan suara-suara sekitar saat kerja? Kenapa gak pakai earphone saja. Ini bertujuan agar kamu lebih fokus dan tenang saat bekerja. Tapi ingat volume musiknya jangan terlalu kencang.

Demikian tips-tips yang bisa kamu praktekan agar bekerja dapat lebih fokus lagi. Kerja! Kerja! (Referensi: finansialku.com)

Tag: Fokus, Kerja, Konsentrasi, Produktif

Rianda Prayoga

Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, tapi lumayan ramah

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.