TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Tips Cerdas Supaya Hidup Kamu Tak Boros, Nomor 2 Jarang Terpikirkan!

Rahmat Sukriandy Wirawan | Jumat, 16 Aug 2019 - 11:43 AM

Supaya gaji bulanan tidak cuma numpang lewat doang, memang perlu pengetahuan terkait pengaturan keuangan. Dilansir dari centrausaha.com (16/02/18), berikut ini tips cerdas supaya hidup kamu tidak boros dan gaji ada ‘ketinggalannya’.

1. Belanja sesuai yang di butuhkan

ilustrasi


Saat belanja bulanan sebaiknya telah disiapkan daftar dari rumah. Hal ini untuk menghindari kalap saat belanja sehingga pengeluaran melebihi anggaran yang tersedia.

Baca juga

2. Membuat rekening khusus

ilustrasi


Mungkin jarang terpikirkan ya membuat rekening yang memang dikhususkan buat tabungan. Rekening khusus ini sebaiknya jangan dibuatkan ATM supaya tidak ada keinginan untuk selalu menarik saldonya.


Cara ini cukup efektif untuk memaksa seseorang nabung sehingga gaji tidak habis begitu saja.

3. Tidak memaksakan gaya hidup

ilustrasi


Seantero jagad lagi heboh nonton Avengers tapi kamu gak ada anggaran untuk pengeluaran itu karena kamu harus menabung, gak usah memaksakan diri. Toh kalau dipikir-pikir tren itu selalu berubah dan gak bakal rapi kalau diikutin terus.

Jadi, santai aja. Mending nonton Bolot bikin Sule frustasi di Ini Talkshow atau nonton tingkah lucu Ojak dan kawan-kawan di Tukang Ojek Pengkolan.

4. Menghindari membeli barang yang nilainya mudah menyusut

Hal ini ada kaitannya juga sih dengan nomor tiga. Banyak orang yang membeli sesuatu karena faktor gaya atau gengsi tanpa berpikir bahwa barang yang dibeli itu akan menyusut nilainya.

Contoh yang paling mudah smartphone. Banyak yang rela tiap bulan bayar cicilan satu juta demi beli smartphone mewah belasan juta. Padahal kalau jujur, gak perlu-perlu amat. Dengan smartphone tiga juta juga udah bisa melakukan hal-hal penting.

Yang nyesek, cicilan belum lunas tapi harganya udah terjun bebas.

5. Mengerjakan pekerjaan rumah sendiri
Kalau memang anggarannya ketat, jangan memaksakan diri untuk nyuci baju di laundry dengan alasan toh murah. Harga murah tapi kalau rutin bisa bikin pengeluaran membengkak.

Jika masih bisa dilakukan sendiri, ya lakukan aja. Hitung-hitung sekalian olahraga.

6. Jauhi hobi yang kurang bermanfaat

ilustrasi


Memiliki hobi memang sangat penting untuk kesehatan pikiran. Namun jika anggaran rumah tangga pas-pasan, sebaiknya hindari hobi yang menguras kantong dan hanya bertujuan rekreasi saja.

Misalnya memelihara burung. Kalau hanya buat koleksi, berarti menambah pengeluaran. Beda halnya jika pelihara burung sekaligus dibudidayakan atau dibuat bisnis. Hobi dapet, duit juga dapet.

Rahmat Sukriandy Wirawan

Apa Saja Untukmu 😘

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.