TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Makna Rahasa di Tiap Adegan “Dua Garis Biru”

Era Rina Juniarti Simanjuntak | Selasa, 06 Aug 2019 - 10:45 AM

Film “Dua Garis Biru” yang dirilis pada 11 juli 2019 sampai saat ini sudah tayang 27 hari di bioskop dan mencapai 2,4 juta penonton. Sebelum tayangnya film ini sudah mengundang perhatian orang-orang sampai membuat petisi. Alasannya film tersebut memberikan dampak buruk bagi remaja. 

Dua Garis Biru di bintangi oleh artis remaja yang sedang naik daun yaitu Zara JKT48 dan Angga Yunanda serta beberapa artis senior yaitu Cut Mini, Dwi Sasono dan Lulu Tobing. Film ini mengisahkan sepasang remaja yakni Dara ( Zara JKT 48) dan Bima (Angga) melakukan hubungan intim sampai Dara Hamil. 

Film debutan Gina S Noer ini ternyata diminati publik sejak penayangan di gala premier, dari moral sampai soal pendidikan seks remaja. Nah di dalam film ini terdapat ondel-ondel, kerang sampai stroberi dan masih banyak lagi yang tidak hanya lewat saja melainkan terdapat selipan kritik social yang terjadi di Indonesia. 

Baca juga

Yuk simak apa aja rahasia di balik adegan film “Dua Garis Biru’’

1. Lagu Jikalau – Naif 

Hasil gambar untuk soundtrack dua garis biru

Beberapa soundtrack pengisi suara Dua Garis Biru terbilang menarik dan sexy, walau yang sejak awal dikedepankan dan dijadikan bagian awal dari plot cerita adalah tembang Jikalau dari Naif terutama lirik di awal lagu yang di ulang sebanyak 3 kali di film. Gina menggunakannya untuk memberikan hint, sejak awal mengenai penantian dan cinta yang akan dengan  mudah kita hubungkan dengan pernikahan. Dalam hal ini hubungan yan dibangun dari pondasi kesiapan dan ikatan yang lebih legal berkebalikan dengan siatuasi karakter-karakter di film ini. Karena ketika terakhir lagu ini diperdengarkan karakter Dara meminta maaf pada Ibunya atas apa yang terjadi pada dirinya dan Bima. 

2. Judul 

Hasil gambar untuk soundtrack dua garis biru

Sebenarnya mudah sekali menangkap apa yang utarakan Gina melalui judul Dua Garis Biru, namun bagi mereka yang kurang memperhatikan akan sulit benar-benar memahaminya. Hal ini mengacu pada indicator test pack yang biasanya berwarna merah atau biru tergantung pada merk test pack tersebut. 

Hasil gambar untuk ondel-ondel dua garis biru

 

Di dalam satu adegan Dara di USG dan jenis kelamin bayi adalah laki-laki dari celetukan Bima kita dengar bahwa ia pikir warna garis di test pack menggambarkan jenis kelaminnya, hal tersebut merupakan mitos yang berkembang dikalangan remaja terutama pada remaja laki-laki yang mengacu pada naif dan lugunya remaja secara umum, orang-orang dewasa di sekeliling mereka termasuk kita barangkali menyikapi pendidikan sex yang pada dasarnya sangat krusial. 

3. Extreme Close Up 

 

Dua shoot spesifik ini kita liha terpisah di beberapa adegan yang berbeda, Dara pada adegan test pack sementara Bima menjelang kelahiran bayinya. Shoot tersebut mewakili perubahan fundamental pada kedua karakter utama tersebut. Sebagaimana disebutkan karakterikta disebuah adegan bahwa Dara sudah menjadi seorang ibu dari sejak mengandung sementara Bima yang mewakili laki-laki secara umum menjadi ayah sejak bayi mereka lahir. Ibu dan Ayah dengan beban moral dan tanggung jawab masing-masing.

4. Ondel-ondel 

Gambar terkait

 

Kehadiran karakter ondel-ondel dalam Dua Garis Biru merupakan suatu yang sangat surial namun istimewa. Ondel-ondel sendiri terutama bagi masyarakat betawi adalah atribut budaya yang awalnya berfungsi sebagai penolak bala. Dikutip dari berbagai sumber, ketika ondel-ondel laki-laki dengan wajah merah merupakan perwujudan semangat dan keberanian dan ondel-ondel perempuan yang dirias dengan cantik mewakili perwujudan niat baik dan kesucian. Di Dua Garis Biru keberadaanya begitu tepat guna, walau penggalian lebih dalam dibutuhkan. Ondel-ondel pertama kali muncul ketika Bima dan Dara makan kerang dilatarbelakang kita melihat ondel-ondel diusir oleh pemilik kelapa sebelum percakapan kerang segar dan kerang tidak segar terjadi. Dan untuk pertama kalinya kita diberi acuan visual bahwa Dara hamil saat ia mual didepan lapak penjual kerang, ondel-ondel menjadi hint bahwa kesucian tersebut telah hilang. 

 

Gambar terkait

Dia adegan Dara dan Bima mengunjungi klinik aborsi, ondel-ondel muncul tanpa perlawanan dan memberi Bima pinjaman uang untuk mengugurkan kandungan Dara sebagai niat baik dan “harapan” agar kesucian itu kembali , dan ondel-ondel kembali muncul kita bisa melihat betapa melankolisnya ekspresinya ondel-ondel sekilas 

Hasil gambar untuk ondel-ondel dua garis biru

bertatapan dengan Dara sebagai symbol perpisahan pada kesucian itu sendiri. Sementara pada kemunculannya terakhir kita melihat ondel-ondel berdiri di jembatan dan Bima di dalamnya pada adegan mimpi Dara yang begitu surial yang syarat penyerahan dan tumbuhnya niat baik ketika keduanya memutuskan untuk tidak menyerahkan bayi mereka pada orang lain.

Tag: Film Indonesia , Dua Garis Biru , Viral

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.