TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Cara Mencari Ide untuk Menulis Cerita

Vio Fors | Sabtu, 20 Jul 2019 - 10:46 PM

Menulis cerita, entah cerita pendek, cerita bersambung, maupun novel, makin hari makin banyak disukai. Dengan adanya internet dan media sosial, juga membuat makin mudah cerita yang ditulis terpublikasi dan dibaca orang lain.

Untuk bisa menulis cerita yang bagus, seorang penulis wajib belajar tentang penulisan yang baik dan benar. Selain itu, yang juga sangat penting, adalah penulis wajib punya banyak ide agar dapat menulis banyak cerita juga.

Masalahnya, masih banyak penulis pemula yang sulit mencari ide, sehingga keinginannya untuk menulis tertahan karena tak tahu apa yang akan ditulisnya.

Baca juga

Sebenarnya ada banyak dan beragam cara mencari ide untuk menulis cerita. Empat di antaranya ada di bawah ini. Yuk, disimak!

1. Banyak Membaca

Penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Sulit membayangkan ada penulis hebat yang tidak suka membaca. Pada umumnya para penulis hebat adalah mereka yang gemar membaca.

Membaca bisa apa saja dan darimana saja guna mencari ide. Baca buku, majalah, koran, artikel, sebanyak mungkin. Dari sana, boleh jadi beragam ide menarik muncul untuk kemudian ditulis dalam cerita yang akan dibuat.

2. Banyak Jalan-jalan

Banyak jalan-jalan juga merupakan salah satu cara mencari ide. Pergi ke berbagai macam tempat dapat membantu datangnya ide-ide menarik untuk kemudian dimasukkan dalam cerita.

Jalan-jalan tak harus selalu mengeluarkan banyak biaya. Karena, bisa juga jalan-jalan hanya di tempat-tempat terdekat dari rumah, atau pergi ke tempat-tempat yang tak perlu bayar untuk ke sana.

3. Banyak Bertanya

Semakin banyak bertanya, maka akan semakin banyak tahu. Dengan begitu, maka potensi hadirnya ide untuk menulis cerita dalam kepala makin besar adanya.

Banyak bertanya bisa pada siapa saja dan tentang apa saja. Boleh bertanya tentang kisah cinta orang tua, boleh bertanya tentang perjalanan karier seorang pegawai, boleh bertanya pengalaman hidup seorang penjual roti, dan lain-lain, sebanyak mungkin.

4. Manfaatkan Internet Sebaik Mungkin

Internet bisa sangat membantu penulis untuk mencari ide. Banyak hal dapat kita temukan informasinya dan kita lihat gambarnya di internet. Misalnya tentang informasi budaya suatu daerah tertentu. Tanpa kita menemui orang dari daerah tersebut, bisa jadi informasi tentang kebudayaannya bisa kita ketahui dari berbagai sumber di internet.

Bisa juga kita melihat tempat-tempat indah, entah dari foto atau video. Tak perlu ke sana langsung untuk mengetahui keindahannya, karena banyak tempat indah ada foto dan videonya di internet.

 

Tag: Menulis, Tips, Trick, Cerita

Vio Fors

Nulis apa aja

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.