TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Cara Menulis Cerpen Remaja Kekinian

Pramaditya Putra | Senin, 08 Jul 2019 - 09:48 PM

Hai! Bagi kalian yang gemar membaca dan menulis terutama bagi pecinta cerpen. Kalian wajib tahu tentang hal-hal berikut, supaya kalian bisa tertarik membaca dan dapat menarik pembaca. Untuk itu, simak dengan saksama langkah berikut.

Sumber maxpixel.net

Berikut langkah-langkah menulis cerpen remaja yang kekinian:

  1. Pilih tema yang menarik pembaca. Tema sangat krusial perannya dalam menulis cerpen. Apabila, tidak ada tema maka cerpen menjadi abstrak. Beberapa tema yang dianjurkan adalah percintaan, kasih sayang, dan motivasi.
  2. Judul yang unik. Judul juga berperan signifikan untuk meningkatkan minat baca seseorang. Judul yang beda dan menarik, akan membuat pembaca ingin membaca cerpen yang disajikan.
  3. Memilih kosa kata yang menarik dan mudah dipahami. Tentu, agar pembaca lebih nyaman dalam membaca, memilih kosa kata menjadi hal yang tidak bisa dianggap sepele. Sebab, pembaca akan terbawa dalam cerita bila mudah memahami kosa kata yang dibacanya.
  4. Jumlah tokoh dalam cerpen. Pada dasarnya, cerita akan menarik bila ada tokohnya. Namun, tokoh terlalu banyak juga tidak baik, karena akan membuat pembaca menjadi bingung. Gunakanlah tokoh seperlunya saja. Hindari penggunaan lebih dari 5 tokoh dalam satu cerpen.
  5. Buat akhiran yang berkesan. Akhiran, atau biasa disebut ending ini harus mengesankan. Karena pembaca dapat menyimpulkan semua cerita dari awal hingga akhir, dilihat dari bagaimana akhir cerita tersebut. Sebab itu, buat ending yang menarik, hindari ending yang menggantung.
  6. Berilah kejutan-kejutan disetiap cerpenmu. Agar cerpenmu tidak kehilangan peminat, caranya adalah dengan membuat kejutan tak terduga yang juga menarik penikmat cerpen ketika membaca.
Sumber pixabay.com

Nah, begitulah langkah-langkah dalam menulis cerpen dan memilih cerpen yang menarik dan kekinian. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Apabila ada kesalahan penulis, mohon dimaafkan. Sekian, dan terima kasih.

Baca juga

Tag: Cerpen, Info, Tips, Trik, Tips & Trik, Kata, Cerita, Pendek, Informasi, Karangan

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.