Tips & Trik

Tips Bagi Pendaki Pemula yang Ingin Mendaki Gunung

profile
08 Jul 2019
Tips Bagi Pendaki Pemula yang Ingin Mendaki Gunung

Nah, bagi kalian yang baru tertarik dengan view cantik di gunung, dan ingin ke sana. Ada nih, beberapa tips bagi kalian yang pemula dalam urusan pendakian.

Sumber commons.wikimedia.org
Sumber tokopedia.com

Tips bagi pendaki pemula adalah sebagai berikut:

  1. Cari gunung yang medannya tidak terlalu sulit. Tujuannya adalah agar seseorang tidak kaget dan dapat mengenali bagaimana kondisi di gunung. Dengan begitu, tenaga pemula juga tidak terkuras habis-habisan pada awal mula pendakian.
  2. Mencari gunung-gunung pendek. Alangkah baiknya, jika pemula harus selektif memilih gunung yang hendak didaki. Dikarenakan, selain medan ketinggian gunung juga dapat memengaruhi kondisi pendaki yang baru awal mendaki. Paling tidak, ketinggiam gunung tersebut tidak lebih dari 2000 mdpl.
  3. Menyiapkan perencanaan yang matang. Ini dimaksudkan agar pendaki tidak mengalami hal-hal yang salah saat mendaki. Sebab, di gunung tidak tahu akan kondisi, ditakutkan terjadi apa-apa dan sulit mendapatkan pertolongan.
  4. Mengajak teman yang sudah berpengalaman. Teman saat mendaki sangat dibutuhkan, apalagi yang sudah berpengalaman agar dapat memandu kita saat mendaki. Sehingga dapat mengurangi resiko kehilangan arah.
  5. Mencari gunung dengan view yang indah. Pemandangan adalah tujuan utama selain meraih puncak ketika mendaki gunung. Itu sebabnya, carilah gunung-gunung yang memiliki keindahan yang memikat mata.

 

Referensi gunung-gunung pendek:

Gunung Andong

Sumber datawisata.com

Gunung Telomoyo

Sumber iNews.id

Gunung Batur

Sumber brobali.com

Gunung Bromo

Sumber beritagar.id

Gunung Ungaran

Sumber travel.kompas.com

Gunung Kerenceng

Sumber Mounture.com

Gunung Gede

Sumber Cianjurkab.go.id
Tips & Trick, Tips, Trik, Cara, Gunung, Pendaki, Pemula, Trick