TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Mekanisme pertahanan tubuh secara kimiawi dilakukan oleh? Ini jawabannya

Sahran Virgian | Senin, 24 Jun 2019 - 03:50 PM

Mekanisme pertahanan tubuh secara kimiawi dilakukan oleh... senyawa kimia yang dikeluarkan (disekresikan) oleh tubuh seperti enzim Lisozim pada mucus, air mata dan keringat.

Pembahasan:  

Sistem Imun atau Sistem Kekebalan Tubuh, digunakan oleh tubuh untuk melindungi diri dari serangan mikroorganisme dan zat berbahaya dari luar tubuh. Sistem imun menghindarkan tubuh dari penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat.

Baca juga

Sistem kekebalan ini dilakukan dengan beberapa cara yaitu:

1. Metode biologis

Pertahan tubuh dalam metode biologis dilakukan oleh sel-sel darah putih (leukosit), yang akan mengidentifikasi mikroba berbahaya dan menyerang infeksi ini.  

Sel darah putih ini termasuk sel limfosit B (untuk kekebalan dengan antibodi), limfosit T (untuk kekebalan seluler secara adaptif) dan neutrofil (yang bersifat fagosit atau memakan benda asing penginfeksi).

2. Metode kimia

Kekebalan ini dilakukan oleh senyawa kimia yang dikeluarkan oleh tubuh, yang akan merusak benda asing atau sel-sel mikroba penginfeksi.

Contohnya adalah enzim Lisozim yang menyebabkan terjadinya hidrolisis (peluruhan) pada dinding sel bakteri. Enzim ini terdapat pada mucus, air mata dan keringat.

3. Metode fisik

Perlindungan terhadap infeksi ini dilakukan oleh bagian luar tubuh yang melindungi masuknya partikel atau mikroba ke tubuh. Misalnya oleh kulit tubuh.

4. Metode mekanis

Sistem perlindungan ini dilakukan dengan penyaringan untuk mencegah masuknya zat penyebab alergi atau infeksi. Misalnya bulu hidung yang menyaring partikel-debu serta mikroba dari udara.

Tag: Biologi, Pelajaran Biologi

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.