TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Smartphone Bisa Terjangkit Virus ? Yuk Simak Uraian Berikut

vega putra | Selasa, 14 May 2019 - 05:01 AM

Smartphone saat ini sangat mudah kita temukan dimana-mana. Pada dasarnya Smartphone memiliki Operating System berbasis Linux. Seperti yang diketahui, Linux merupakan software Operational System yang cukup diminati para pengguna komputer dikarenakan sistem OS ini memiliki pertahanan terhadap virus yang cukup tinggi.

Setelah diadaptasi pada Smartphone, Fakta tersebut mulai dibantah. Bahkan tidak hanya pada OS berbasis Linux. Apple dan Windows phonepun juga dapat mengalami hal yang sama. Namun, tenang. Ternyata virus yang menginfeksi smartphone tidak terlalu seganas komputer yang bahkan mampu merusak hardware dengan menyerang partisinya. 

Sering Muncul Iklan Saat Mengaktifkan Internet dan Membuka Aplikasi

Source Image : Litmus Branding

Iklan yang disematkan pada sebuah aplikasi smartphone merupakan hal yang wajar dan sering kita jumpai. Namun, bagaimana jadinya jika Iklan muncul bahkan pada aplikasi yang tidak menyertakan iklan didalamnya ? Seperti iklan muncul saat membuka WhatsApp padahal kita tahu bahwa saat membuka whatsapp tidak akan muncul iklan apapun, bahkan saat membuka aplikasi lainya.

Baca juga

Kasus seperti ini merupakan kasus yang sering dijumpai pada pengguna smartphone. Hal ini bisa disebabkan oleh Malware yang tertanam pada aplikasi yang kita instal pada smartphone, Link tautan dari media apapun yang mengarahkan kita kepada web yang berpotensial menyalurkan malware atau mengunduh file yang terjangkin malware.

Untuk menyelesaikan permasalahan seperti ini kamu hanya cukup uninstal aplikasi yang kamu curigai. Lalu menginstal anti virus smartphone dan melakukan scaning.

Memori Telepon Mudah Penuh

Source Image : recombu.com

Memori telepon Mudah penuh dapat disebabkan oleh banyak hal. Kebanyakan pengguna smartpohne mengeluh memori telepon mereka penuh dikarenakan 3 faktor. SD Card mereka tidak berfungsi, Penyimpanan default tidak dirubah ke SD Card dan Terlalu banyak file seperti foto dan vidio dari WhatsApp yang tersimpan dan tidak pernah dihapus.

Namun, pernahkah kamu mengalami memori internal atau telepon penuh padahal jumlah file kamu cukup sedikit. Hal ini bisa disebabkan oleh virus Trojan. Sangat jarang menemukan kasus Smartphone yang terkena virus trojan, beberapa kasus yang dialami ialah pada smartphone yang telah mengalami root.

Untuk menangani hal ini kamu bisa mereset kapasitas memori baik di Internal maupun eksternal. Data kamu akan seluruhnya terhapus atau kamu bisa membawa ke galeri smartphone terdekat untuk ditangani lebih lanjut seperti melakukan flashing.

Sering Lama Buffering Saat Membuka Website pada Smartphone

Source Image : Web Analytics World

Buffering saat membuka laman memang cukup menjengkelkan bukan ? Jika hal tersebut terjadi sekali dua kali mungkin kamu bisa memakluminya. Bisa jadi memang sinyal internet pada smartphone melemah atau web yang dibuka berukuran besar dan berisi banyak cache.

Namun, jika hal ini terjadi berulang kali dan terus menerus saat kamu membuka website maka kamu perlu curiga. Selain memastikan koneksi baik kamu juga harus memperhatikan jumlah tab yang kamu buka dan beban website yang akan dibuka.

Hal ini bisa disebabkan oleh cache yang terlalu besar atau virus yang memberatkan kinerja smartphone sendiri atau browser smartphone kamu. Untuk menangani permasalah seperti ini cukup mudah, jika kamu menggunakan browser pihak ke 2 ( bukaan bawaan smartphone ) seperti Opera, Chrome dll maka pastikan kamu membersihkan cache terlebih dahulu lalu menginstal antivirus. Jika kamu tidak mau repot-repot menginstal antivirus, uninstal saja browser tersebut namun bersihkan data dan cache terlebih dahulu, restart lalu instal kembali.

Tag: Smartphone, Virus Smartphone, Merawat Smartphone, Techno, Teknologi, Aplikasi Smartphone, Troubleshoting Smartphone

vega putra

Writer, Gamer, Thinker

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.