TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Waspada Penyakit, Cara Menjaga Kesehatan Saat Banjir

Rianda Prayoga | Senin, 29 Apr 2019 - 07:23 AM

Daerah kamu sudah memasuki musim hujan? Waspada banjir juga ya. Jaga keselamatan bila terjadi banjir. Jaga lingkungan agar tidak banjir. Dan tak kalah penting ialah menjaga kesehatan diri di musim hujan, terlebih bila terjadi banjir.

Di musim penghujan, apalagi di daerah banjir. Virus penyakit menjadi berkembang lebih banyak. Jagalah kesehatan dirimu dan orang terdekat di tengah keadaan banjir. Karena dalam situasi banjir, tentunya akan merepotkan bila kita sakit di kondisi banjir.

Kamu bisa praktekan cara berikut ini agar kamu kesehatan kamu tetap terjaga disaat banjir. Tentu pertama kamu harus fokus menyelamatkan diri dan orang dekat saat terjadi banjir.

Baca juga

Konsumsi makanan dan minuman yang cukup dan sehat

Konsumsi makanan yang cukup dan sehat - pixabay.com/Deutsch

Untuk tetap kuat secara fisik disaat banjir. Terutama kamu harus perkuat dari dirimu sendiri. Pastikan asupan makanan dan minuman cukup dan sehat.

Dalam kondisi banjir. Lebih baik konsumsi air minum kemasan. Ketimbang minum dari air sumur yang ditakutkan tercemar saat banjir.

Jaga kebersihan tubuh

Cuci tangan - republika.co.id

Disaat banjir. Kebersihan harus menjadi perhatian utama. Sebisa mungkin hindari kontak dengan air banjir. Pakailah alas kaki atau sepatu bot bila harus melintasi area banjir. Dan jangan lupa membersihkan diri dengan air bersih dan sabun setelahnya.

Terutama ialah mencuci tangan saat sebelum dan setelah makan. Dan juga setelah buang air besar. Pastikan alat makan dalam kondisi bersih.

Perhatikan kebersihan lingkungan

Gotong Royong membersihkan lingkungan - bacaterus.com

Untuk hal kebersihan lingkungan, seharusnya hal tersebut sudah dilakukan saat banjir belum terjadi. Karena bila kita baru membersihkan lingkungan saat banjir sudah terjadi, tentunya jadi sangat merepotkan. Dimana-mana sudah air semua.

Tapi gak apa. Terpenting ialah usaha. Setidaknya kita bisa melakukan apapun untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan saat terjadi banjir. Karena ancaman kuman saat banjir sering muncul, seperti dari tikus, serangga dan lainnya.

Segera cek kesehatan

cek kesehatan - ANTARA FOTO/Syifa Yulinna/foc

Bila dirasa tubuh mengalami penurunan kesehatan. Segera cek kesehatanmu ke fasilitas kesehatan terdekat. Jangan tunggu nanti-nanti. Hal ini juga yang menjadi perhatian di area banjir. Bantuan medis bagi korban banjir menjadi yang sangat dibutuhkan disamping makanan, tempat tinggal dan air bersih.

Istirahat dengan teratur

Tidur yang cukup - hipwee.com

Sekuat apapun kita menjaga kesehatan. Ada kalanya fisik mengalami penurunan saat banjir. Terlebih di musim hujan membuat rasa kantuk jadi lebih besar. Ingat, jangan sampai waktu istirahat berkurang. Istirahat yang cukup penting untuk mengembalikan kondisi tubuh. Namun tidak juga istirahat yang berlebihan. Yakali saat banjir, kamu tidur mulu.

Cukup mudah bukan tips-tips menjaga kesehatan saat banjir. Terutama yang perlu diperhatikan saat banjir ialah keselamatan jiwa. Untuk sehat, manusia harus selamat dahulu. Selamat jiwa dan raga.

Sumber: Axa

Tag: Kesehatan, Banjir, Hujan

Rianda Prayoga

Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, tapi lumayan ramah

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.