TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Hidung Tersumbat atau Berair ? Ini Dia 4 Tips Bikin Hidung Kamu Plong Kurang Dari 5 Menit

vega putra | Sabtu, 27 Apr 2019 - 01:52 AM

Rutinitas kehidupan menuntut kita untuk tetap fit setiap harinya. Mulai dari pekerjaan, sekolah sampai waktu bersantai bersama keluarga. Tentu saja anda ingin menikmati setiap waktu yang anda habiskan untuk orang yang anda sayangi.

Sayangnya, Kemajuan yang serba menuntut kecepatan ini tidak bisa kita bendung. Mulai dari transportasi yang begitu cepat dan mudah kita depat, mengkonsumsi makanan atau minuman cepat saji yang kurang menyehatkan atau bermalas-malasan bersama smartphone atau komputer.

Hal itu semua memang tidak dilarang. Namun, perlu anda ketahui bahwa tubuh memerlukan olahraga untuk tetap menjaga daya tahan tubuh seoptimal mungkin. Salah satu momok kecil bagi manusia zaman now adalah flu. Memang tidak terlalu berbahaya, Namun cukup menjengkelkan bukan bila penyakit segala umat ini datang disaat-saat berharga ?

Baca juga

Berikut adalah 4 tips dan trik ampuh yang akan mengurangi atau bahkan menghilangkan hidung tersumbat kamu. 

1. Menghirup Air

Source Image : http://newmuslimguide.com

Hidung tersumbat, berair ataupun flu biasanya disebabkan oleh bakteri atau benda asing yang masuk kedalam hidung kita. Hidung bereaksi terhadapnya dengan cara mendapatkan sinyal dari bulu-bulu halus didalam hidung kita yang sangat sensitif. Hal inilah yang menyebabkan hidung kita menjadi berair dan bila didiamkan terlalu lama maka akan menyebabkan hidung tersumbat.

Menghirup air atau biasa disebut Istinsyaq dalam Islam adalah metode paling ampuh untuk membersihkan hidung berair atau tersumbat. Selain mengeluarkan lendir hal ini juga akan mengeluarkan kotoran di dalam hidung kamu.

Untuk menghirup air kamu hanya memerlukan meletakan telapak tangan kamu sebagai wadah air. Lalu hiruplah perlahan dan keluarkan seketika saat air baru masuk di hidung. Kamu bisa mengulang sebanyak 3x atau secukupnya. Tidak perlu kamu menghirup air sampai terlalu dalam apalagi sampai tertelan melalui hidung. 

2. Minum Air Putih Secukupnya

Source Image : https://www.medicalnewstoday.com

Hidung berair, tersumbat maupun flu bisa disebabkan karena respon tubuh apabila tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan berlebihan. Hal ini bisa didorong karena aktivitas yang berat, malas mengkonsumsi air putih serta cuaca yang panas.

Kamu tidak perlu mengkonsumsi air putih dengan jumlah yang berlebihan. Pastikan saja kamu siap air putih disetiap saat dibutuhkan atau dirasa kondisi badan memerlukan cairan. 

3. Membersihkan Kelenjar Air Mata

Source Image : https://hellosehat.com

Mengucek mata dengan kasar terutama pada bagian kelenjar air mata dapat memicu hidung berair atau tersumbat bahkan flu. Hal ini dikarenakan sistem saraf yang memproduksi cairan pada mata berhubungan dengan hidung kita. Sehingga saat kita flupun mata dapat terlihat dalam kondisi memerah.

Untuk membersihkan kelenjar air mata pastikan kamu mengusapnya dengan perlahan menggunakan air. 

4. Berolahraga

Source Image : https://www.merdeka.com

Apabila kamu adalah orang yang terlalu malas untuk bergerak. Terlalu banyak didepan komputer atau smartphone kesayangan kamu. Maka bisa jadi penyebab Flu atau hidung tersumbat yang kamu alami adalah karena kurangnya olahraga.

Tubuh akan memberikan sinyal kepada kamu apabila dirasa kamu perlu bergerak atau olahraga saat itu seperti tubuh terasa berat, badan mudah sakit saat digerakan, kurang bertenaga, lesu serta salah satunya adalah flu.

Apabila kamu suda mencoba 3 tips diatas dan belum menuai hasil memuaskan, mungkin faktor utama dari flu yang kamu alami adalah kurangnya berolahra. Segera lakukan olahraga ringan yang tidak terlalu berlebihan. Seperti push up, Sit up atau berjalan santai atau lari-lari kecil yang bisa kamu lakukan dimana saja baik didalam maupun diluar rumah.

Tag: Flu, Hidung Tersumbat, Hidung Berair, Tips Kesehatan, Penyakit

vega putra

Writer, Gamer, Thinker

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2020 Biartau All rights reserved.