TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Gak Pakai Ribet, 3 Cara Sederhana Menulis Artikel yang Baik

Rianda Prayoga | Rabu, 13 Mar 2019 - 11:54 AM

Tulis disini...Kegiatan menulis akan tetap penting dan menarik untuk dijalani. Meskipun jaman semakin modern dan berubah. Namun tentunya menulis tidak akan terlupakan.

Hanya saja sebutan kata menulis kini tidak hanya pada kegiatan menulis dengan alat tulis tangan. Tapi menggunakan alat elektronik semisal Notebook, tablet maupun smartphone.

Meskipun terlihat seperti mengetikkan huruf-huruf, namun menulis lewat alat elektronik tetap dinamakan menulis. Bukan mengetik. Ini sih tergantung kita menilainya. Namun seseorang yang mampu mengolah kata dengan apik hingga jadi karya tulis disebutnya penulis bukan pengetik.

Baca juga

Ya inilah salah satu revolusi dalam menulis. Mulai menulis dengan tangan hingga secara digital. Tetap namanya menulis.

Seiring bergantinya trend di dunia digital dengan semakin diminatinya konten berbasis video. Menulis tentunya tetap penting. Para Vlogger tentunya mesti nulis skrip terlebih dahulu sebelum mulai membuat konten videonya. Bikin film pun sama. Tetap perlu menulis cerita skenario dulu. Menulis menjadi dasar dari konten-konten digital yang ada sekarang.

Bagi kamu yang ingin bikin karya di internet namun gak bisa bikin Vlog, kamu bisa menulis kok. Dalam hal ini maksudnya menulis artikel. Seperti di Bigel yang kasih kamu wadah untuk menulis.

Nah, sekarang tinggal bagaimana bikin menulis artikel yang bagus dan enak dibaca. Ukuran bagus disini tentunya relatif ya. Namun disini kita berangkat dari langkah dasar agar kita bisa menulis. Bigel kasih kamu 3 cara sederhana menulis artikel yang baik

Niat

Niat yang kuat (Ilustrasi) © Shutterstock.com

Niat menjadi dasar memulai sesuatu, tentunya hampir disetiap kegiatan. Gak cuma menulis saja.

Sah saja bila kita mulai menulis awalnya iseng-iseng. Mulai coba-coba merangkai kata. Kok bagus ya? Eh ada yang baca.

Maka lanjutkan saja. Niatkan diri untuk menulis. Bila kita ingin menghasilkan karya tulis yang lebih baik.

Sebuah niat menjadi bahan bakar dari keinginan, asa, dan cita-cita. Kalau kata Andrea Hirata: "berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia."

Membaca lebih banyak

Rajin membaca (Ilustrasi) © Shutterstock.com

Menulis sama dengan membaca. Penulis yang baik adalah pembaca budiman. Bila kita ingin menulis, tentu lebih baik membaca lebih dahulu.

Agar lebih banyak wawasan dan tentunya lebih banyak kata untuk dituliskan. Karena menulis berarti kita menyampaikan informasi lewat media tulis. Bila sedikit membaca artinya sedikit informasi, maka sama saja sedikit menulis.

Dengan baca juga kita bisa memperkaya kosa kata, gaya tulisan dan teknik menulis lainnya. Sebuah cara mendasar bila ingin menulis lebih baik lagi.

Dan tentunya membaca dalam hal ini bukan membaca tulisan orang lain dan copy paste. Namun juga membaca keadaan sekitar, apa saja yang menarik disekitar kita. Untuk kemudian ditulisan berupa kata-kata agar orang mengerti apa yang kita baca, lihat dan pikirkan juga.

Bila malas membaca, tentunya menulis juga susah. Tulisan ideal harus kaya dengan informasi, maka membacalah untuk memperbanyak informasi.

Konsisten

Konsisten (Ilustrasi) © Unsplash/Ricarrdo Mion

Bila niat sudah dibuat dan membaca banyak hal. Maka langkah selanjutnya perbanyak menulis dan latihan terus.

Karena percuma saja bila sudah meniatkan untuk menulis banyak hal. Namun seminggu, sebulan atau setahun kita sudah berhenti menulis.

Bagi kita yang masih hendak menulis dengan baik, maka salah satu jalan yang perlu ditempuh ialah konsisten. Sebuah kebiasan akan membuat orang menjadi terbiasa.

Anggap ini sebagai latihan. Main bola saja ada latihannya, apalagi menulis.

Untuk menjaga konsisten menulis memang gak gampang. Maka itu bila dirasa menjaga kekonsistenan, maka kembali lagi ikuti caranya dari awal.

Yaitu niatnya dikuati lagi. Kemudian perbanyak membaca dan menambah wawasan. Dan kembali lagi konsisten. Lakukan begitu seterusnya, semoga membantu

Untuk cara menulis yang lebih kompleks lagi tentu ada. Namun pada artikel Bigel kali ini hanya membagikan tips dan cara sederhana dalam menulis. Biar kita semua gak duluan pusing sebelum niatan untuk menulis timbul.

 

Ganbar utama: Pixabay

Tag: Menulis, Tips Cara Menulis, Niat, Rajin Membaca, Konstisten Menulis

Rianda Prayoga

Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, tapi lumayan ramah

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2019 Biartau All rights reserved.