TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Kisah Para Pengemudi di Tengah Pandemi: Kini Cuma Dapat Capeknya Saja

Indra Setiawan | Selasa, 14 Apr 2020 - 01:00 PM

Aturan physical distancing atau pembatasan jarak pada satu sisi berguna untuk mencegah penyebaran Covid-19 agar tak makin meluas. Namun di sisi lain, aturan ini mengakibatkan tekanan bagi golongan masyarakat kecil, terutama yang mengandalkan penghasilan harian. 
Dikutip Pikiran Rakyat (14/4/2020), para pelaku usaha jasa transportasi adalah salah satu yang paling terdampak. Mobilitas masyarakat yang rendah mengakibatkan jumlah penumpang anjlok drastis. 

Andrean (44) salah seorang sopir angkot jurusan Cikudapateuh-Ciroyom di Bandung mengaku kebingungan. Sudah sejak beberapa pekan terakhir penumpang berkurang drastis. Ia bahkan hanya menarik sampai setengah hari saja karena tak ada penumpang. 
“Sekolah diliburkan, pabrik-pabrik diliburkan. Meski sekarang jalanan tidak macet, narik angkot cuma kebagian capeknya aja,” ujarnya seperti dikutip Pikiran Rakyat (14/4/2020). 

Ilustrasi: via bertuahpos.com

Cerita yang sama juga dituturkan oleh pengemudi ojek daring, Syarif (48). Dalam sehari ia mengaku kadang hanya menarik satu penumpang saja. Bahkan pernah sampai tidak ada penumpang atau orderan sama sekali. 

Baca juga

Warga Kota Cimahi itu mengatakan, di jalan dirinya memang sering mendapat bantuan dari para dermawan berupa nasi boks atau sejenisnya. Namun demikian ia tak bisa terus mengandalkan kedermawanan orang lain terlebih lagi kebutuhan rumah tangga tetap terus berjalan. 

Budi (37) mengamini hal serupa. Pengemudi taksi online tersebut mengaku hanya bisa berpasrah dengan kondisi yang ada. Budi menuturkan sudah satu bulan ini ia tidak beroperasi.  

Selain karena sadar dirinya rentan terpapar, jumlah penumpang juga terus berkurang signifikan. Untuk keperluan sehari-hari keluarganya, Budi meminjam ke sanak famili sebagai solusi jangka pendek. 

Ia sejenak beristirahat sambil mengamati situasi ke depan. Jika kondisi ini terus berlanjut, Budi mengaku tak tahu harus bagaimana lagi. 
Ia hanya berharap agar pemerintah memberi bantuan dan memperhatikan sungguh-sungguh terhadap kesulitan yang kini menimpa nasib para pekerja harian seperti dirinya.

Tag: Sopir Angkot, Ojek Daring, Taksi Online, Kisah Pengemudi, Pandemi

Indra Setiawan

Penikmat kopi dan Senja.. Ketik kolom Follow akan membuat saya bahagia :)

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2020 Biartau All rights reserved.