TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Mengatasi Nyeri Otot Secara Mandiri di Rumah

Pramaditya Putra | Sabtu, 04 Apr 2020 - 06:50 PM

Hai, sobat sehatku! Kembali lagi di artikel biartau.id, akhir-akhir ini banyak sekali terjadi penyakit pneumonia yang menyerang paru-paru yang disebabkan dengan adanya virus korona. Nah, untuk memutus rantai penyebaran virus tersebut kita diwajibkan untuk stay at home, work  from home, and pray at home. Menurut para ahli, virus ini akan kalah apabila daya tahan tubuh kita atau sistem imun pada diri kita kuat. Sistem imun yang kuat bisa didapatkan salah satunya dengan berolahraga secara teratur. Namun, beberapa kasus sering terjadi yaitu nyeri otot akibat olahraga. Ini terjadi akibat porsi latihan yang terlalu berat ketika telah lama tidak berolahraga, atau mungkin dengan otot yang terlalu lelah. Biasanya ini terjadi setelah 2-3 jam atau lebih setelah berolahraga. Dalam istilah medis, gangguan ini sering disebut dengan myalgia.

What is Myalgia, and How Can It Be Treated? – BLUESPRING
Sumber bluespringwellness.com

Myalgia adalah gangguan pada otot atau nyeri otot. Untuk mengatasinya ada halhal yang harus kita perhatikan. Hal-hal tersebut cukup mudah apalagi bagi kita yang harus stay at home. Mari simak bersama cara mengatasinya.

Serba Serbi Myalgia; Simak Penjelasannya Ini! | Go Dok Indonesia
Sumber completepaincare.com

1.  Mengistirahatkan daerah yang terkena myalgia

Baca juga

Sebisa mungkin untuk mengistirahatkan daerah yang terkena gangguan ini teman-teman. Nah, caranya dengan mengurangi aktivitas menggunakan bagian tubuh yang mengalami gangguan ini.

2. Mengompres daerah yang terkena myalgia dengan es batu atau air dingin

Pada luka memar atau gangguan otot biasanya yang dilakukan pertama kali adalah mengompresnya dengan air dingin, ini berguna untuk meringankan rasa sakit atau nyeri yang terjadi di bagian tubuh yang terkena rasa sakit tersebut.

3. Melatih daerah yang cedera setelah diistirahatkan

Agar otot tidak terlalu kaku, hendaklah latih pelan-pelan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk melatih kembali kinerja otot setelah mengalami gangguan.

Myalgia / Nyeri Otot - Medicaboo Blog
Sumber medicaboo.com

4. Istirahat yang cukup

Tentunya istirahat yang cukup adalah syarat untuk mendapatkan raga yang sehat dan kuat. Karena dengan istirahat yang cukup akan membuat otot menjadi rileks dan mampu memaksimalkan kinerja otot saat digunakan.

5. Minum air mineral yang banyak

Tubuh tersusun dari cairan sebanyak 2/3 bagian. Jadi, otot kalian sangat membutuhkan sekali yang namanya cairan. Cairan yang bagus untuk otot kalian adalah air mineral. Maka dari itu, minumlah air sebanyak-banyaknya.

Semoga bermanfaat, selamat melakukan. Sehat selalu! Salam olahraga!

Tag: Olahraga, Sakit, Nyeri, Otot, Sepak, Bola, Corona, Sepakbola, Tips, Trik, Prammputra

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2020 Biartau All rights reserved.