TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Tips Cara Mengatasi Pengaturan Waktu Komputer yang Tidak Bisa Diganti Jam & Tanggal

Rianda Prayoga | Sabtu, 11 Jan 2020 - 10:28 PM

Memiliki komputer pribadi/rumah atau PC (Personal Komputer) saat ini tentunya sudah tidak populer seperti dulu. Terlebih kini pamornya sudah kalah dibanding smartphone. Kondisi yang jelas sudah berbalik. Tapi keberadaan komputer pribadi tetap diperlukan hingga kini. Sebab meskipun perangkat mobile kini sangat fleksibel. Namun untuk beberapa pengerjaan tugas rasanya lebih leluasa dengan komputer PC.

Beberapa orang masih mempertahankan perangkat komputer lamanya di rumah. Meski pun dari spesifikasi sudah ketinggalan zaman, karena lebih memilih beli gadget baru ketimbang upgrade perangkat komputer.

Hingga tak heran sejumlah fungsi komputer berkurang. Baik itu software maupun hardware. Seperti yang akan dibahas pada artikel ini. Cara mengatasi pengaturan waktu yang tidak bisa diganti pada komputer. Dalam kasus ini komputer berbasis sistem operasi Windows. Contoh kasus pengaturan waktu (jam/tangga) tidak bisa diganti.

Baca juga

Pengaturan tanggal dan jam pada komputer ini tidak bisa dianggap remeh lho. Sekalinya aja pengaturan waktu pada komputer tidak tepat. Maka imbasnya terjadi gangguan pada koneksi internet. Umumnya browser dan sejumlah website meminta pengaturan waktu yang sesuai. Hal ini berkaitan dengan keamanan koneksi dan pengalaman akses internet yang baik. Sederhananya kita jadi kesulitan ter koneksi ke jaringan internet bila pengaturan waktu di komputer masih ngawur. Masa iya kita akses internet di tahun 2020, tapi data waktu pada perangkat masih 2010.

Tidak berfungsinya atau tidak bisanya pengaturan waktu diatur dapat disebabkan beberapa hal. Pertama baterai CMOS yang sudah lemah. Menyebabkan pengaturan waktu di komputer tidak berjalan secara normal. Setiap komputer dimatikan dan dihidupkan kembali, maka pengaturan waktunya tidak bisa menyesuaikan secara otomatis dan sebaliknya justru me reset ulang kembali.

Kedua bisa karena motherboard-nya yang memang sudah rusak. Dan yang biasanya error itu sistem atau programnya. Penyebabnya bisa macam-macam. Karena virus, kesalahan pengguna dan atau memang perangkatnya yang sudah usang. Seperti smartphone juga, lama kelamaan digunakan pasti ada aja penyakitnya. Lebih jelasnya memang bawa ke tempat servis atau beli baru.

Tapi kamu baca artikel ini tentunya ingin cari solusi. Sebuah solusi yang bila perlu tidak sampai bawa ke tukang servis sehingga tidak keluar biaya. Tenang saja.

Sebenarnya cara mengatasi pengaturan waktu yang tidak bisa diganti pada komputer bisa dilakukan dengan cara simpel, gampang dan cepat. Hanya saja artikelnya kelihatan kepanjangan. Maklum kalau uda nulis suka susah kontrol jumlah karakter.

Oke, bila pengaturan waktu pada komputer tidak berfungsi atau mandeg. Solusi nya dapat dilakukan melalui jalur Command Prompt. Penjelasan sederhananya, Command Prompt ini merupakan versi teksnya sebuah komputer. Bila selama ini kita gunakan komputer pada umumnya berbasis GUI (Graffic User Interface). Apa saja yang dilakukan di komputer tinggal klik dan lihat gambar. Nah bila ada program komputer yang rusak, maka Command Prompt ini solusi nya.

Syarat menggunakan Command Prompt ini mesti sabar. Karena semua perintah yang biasanya dilakukan dengan klik, maka sebaliknya kini harus lewat teks yang diketik lewat keyboard.

Langsung saja buka program Command Prompt. Tidak perlu download dulu. Karena sudah bawaan di komputer. Klik start -> program -> accesories -> command prompt atau cari saja langsung di klik start -> ketik “cmd” pada kotak search dan tekan enter.

Kemudian mulai masukan perintah pada command prompt. Pertama perintah untuk mengatur tanggal. Ketik date lalu masukkan data tanggal, bulan dan tahun. Seperti kalau pengaturan tanggal di Indonesia: 11-01-2020 (dd-mm-yy)

Setelah itu baru pengaturan jam dengan perintah time lalu tekan enter. Atau bisa juga ketik time 22:33. Sesuai nyamannya kamu pakai sistem jam 24 jam atau am/pm.

Semestinya cara demikian bisa diterapkan pada komputer kamu, sekali pun itu Windows XP atau Windows 7. Dan pengaturan waktu menjadi sesuai lagi. Juga seharusnya tidak ada masalah lagi pada koneksi internet dalam hal waktu. Tapi bila memang cara demikian tidak dapat membantu. Maka segera bawa ke tukang servis terpercaya di darah masing-masing. Karena kalau urusan elektronik memang lebih elok diserahkan ke ahlinya.

Catatan: cara ini tidak memperbaiki program yang error. Namun sebagai solusi dari pengaturan jam dan tanggal yang tidak berfungsi pada sistem komputer.

Tag: Komputer, Pc, Jam Komputer, Tidak Berfungsi, Error, Tidak Bisa Diganti

Rianda Prayoga

Orangnya gak banyak bicara, sedikit cuek, tapi lumayan ramah

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2020 Biartau All rights reserved.