TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Dampak negatif gadget terhadap generasi milenial

Nasirudin Latif | Sabtu, 11 Jan 2020 - 08:33 PM

Tulis disini...Berkembangnya teknologi informasi merupakan salah satu penunjang bagi warga negara khususnya Indonesia, untuk mempermudah aktivitas baik melalui media masa maupun online tanpa harus bersusah payah lagi sekarang, tentunya dengan bijak.

Dengan berkembangnya teknologi, tidak menutup kemungkinan bagi para pengguna gadget baik dari kalangan kanak kanak hingga dewasa menggunakan gadget untuk mempermudah berkomunikasi melalui media sosial baik melalui WA, IG, FB, LINE dan messager dengan keluarga, kawan, bahkan pacar sekalipun selain itu juga untuk mencari referensi sumber informasi yang di butuhkan.

Generasi sekarang lebih senang berinteraksi di sosial media. Eksistensi dan hidup penuh gaya menjadi trend gaya hidup generasi millennial, eksistensi sosial ditentukan dari jumlah follower dan like.

Baca juga

Tidak menutup kemungkinan bagi kalangan pengguna gadget ini tidak hanya memaksimalkan sesuai dengan kebutuhan yang seharusnya.

Nah, sungguh ini menjadi keprihatinan kita bersama akan generasi sekarang yang merupakan para generasi millennial yang sedang mengemban posisi sebagai mahasiswa.

Baik dari kalangan kanak kanak hingga dewasa dan mahasiswa yang tidak bisa meninggalkan gadget nya, dominan dari mereka adalah pecinta games terkhusus pada generasi milineal yang memang kerap kali mereka menghabiskan waktunya dengan gadgetnya asik bermain game dan upload foto di sosial media.

Generasi ini terkadang lupa dengan aktivitasnya baik dari kalangan siswa yang seharusnya belajar dan membatu orang tua di rumah selama  waktu liburnya, maupun dari kalangan mahasiswa yang memang harus sudah merubah sikap dan prilaku, baik secara kepribadianya maupun terhadap sesama, tetapi mereka lebih cenderung asyik bermain game tenimbang berkumpul bareng dengan kawan sambil ngopi dan diskusi sehingga mereka lupa dengan tanggung jawab sebagai mahasiswa dan mungkin bahkan mereka lupa tri motto mahasiswa dan sumpah mahasiswa yang di gaungkan saat mahasiswa baru (maba) ketika mengikuti orientasi perkuliahan (OSPEK) di universitas atau Perguruan tinggi masing-masing.

Mahasiswa sekarang cenderung apatis dan diam, riang dan gembira ketika memainkan gadget nya ini merupakan azas pembodohan yang semakin memperburuk kondisi idealisme seorang mahasiswa. Mahasiswa sekarang cenderung mengikuti arus kehidupan yang tak menentu, mereka hanya akan menjadi generasi penerus dari pada generasi yang cenderung hanya memikirkan diri nya sendiri, mereka tidak suka akan perubahan karena sifat idealis dari mahasiswa sudah mulai memudar dan terkikis dan diperparah karena mereka belum siap menerima akselerasi perkembangan teknologi.

Game merupakan media permainan yang sangat membantu menghilangkan ke jenuhan dan kebosanan seseorang, tetapi tanpa adanya bimbingan terhadap pengguna, maka ini pun menjadi degradasi bagi generasi milenial dan yang biasa kita sebut sebagai generasi emas masa depan bangsa.

Selain itu game bisa merubah sikap kepada kawan dan sahabat menjadikannya sebagai musuh, mengapa saya katakan demikian!!! Karena ketika kita duduk bersandingan tetapi asyik bermain sendiri-sendiri dengan hapenya tidak lain dan tidak bukan adalah bermain game, yang di mana kita sering mendengar kata-kata "menjauhkan yang dekat dan mendekatkan yang jauh", artinya ini sudah mulai menghilangkan tradisi klasik yang dari sejak dulu sudah kita jaga yakni berkumpul dan musyawarah.

Bahwa kita ketahui nasib Indonesia di Masa yang akan Datang kehidupan mahasiswa sekarang sebagai generasi millennial yang serba instan juga menjadi indikator akan nasib bangsa ini di masa depan, sifat malas dan narsis secara berlebihan menjadi sebuah ketakutan akan nasib Indonesia yang akan membawa Indonesia ke ambang kehancuran.

Semakin berkembangnya teknologi informasi, penggunaan (gadget) juga merupakan sangat penting dalam penunjang untuk menyambut era 4.0 apabila di imbangi dengan etika dan tata cara yang benar dalam menggunakannya.

Hal yang memang harus di perhatikan bukan dari sudut pandang sisi positifnya saja melainkan dari sisi negatifnya juga perlu di perhatikan bagi pihak pemerintah khususnya dan umum bagi Masyarakat untuk bersama sama saling mengingatkan dan jangan sampai kita terlalu over bermain dengan gedget sehingga kita dapat terperdaya dan ketergantungan terhadap Android kita.

Terlebih bagi kedua orang tua harus selalu setia memantau terhadap anak-anaknya supaya terhindar dari penyalahgunaan bermedia sosial dan tidak berlebihan dalam bermain game online hingga dapat melupakan aktivitas yang lain.

Untuk pihak pemerintah ini seharusnya melakukan upaya pencegahan sejak dini dengan cara mensosialisasi kepada orang tua dan kalangan pengguna gadget karena ini merupakan hal yang sangat positif dan mengurangi degradasi moral terhadap kalangan milineal yang terlalu over asyik dengan memainkan gamenya.

Tag: Game, Gadget , Milenial

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2020 Biartau All rights reserved.