TIPS & TRIK NEWS TECHNO GAMES OTAKU KULINER

Melihat Akuntan Era 4.0

Muhammad Iqbal Nasuha | Rabu, 08 Jan 2020 - 07:04 PM

Setiap lulusan   menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi di bidang masing-masing, salah satunya ialah mahasiswa akuntansi (Diana Puspita N, 2015). Fenomena lulusan yang bekerja di area yang tidak sesuai jurusannya relatif banyak terjadi, hal ini terjadi karena faktor yang mempengaruhi ketersediaan lapangan kerja yang kurang dan kompetensi lulusan dalam bidang tersebut. 

Kompetensi lulusan mahasiswa merupakan modal utama dalam memperoleh pekerjaan sesuai dengan program studi yang ditempuh. Kompetensi lulusan juga menjadi pertimbangan dalam merekrut tenaga kerja di kalangan perusahaan maupun instansi yang membutuhkan melalui seleksi. 

lulusan yang baik juga dapat berpengaruh pada kualitas mahasiswa. Semakin tinggi nilai kompetensi yang dimiliki oleh lulusan mahasiswa, semakin bagus kualitas pada lulusan tersebut. Seorang akuntan harus berkontribusi dan harus memiliki pengetahuan yang cukup diantaranya marketing , sumber daya manusia, teknologi informasi, ataupun manajemen strategi. 

Baca juga

Saat ini, perkembangan teknologi informasi akuntansi berpengaruh besar terhadap sistem informasi  Akuntansi (SIA) dalam suatu pekerjaan. Dengan adanya akuntan yang berkompeten yang ditunjang dengan pengetahuan SIA maka akan menghasilkan informasi yang sangat dibutuhkan perusahaan. Keahlian dibidang teknologi ini tidak hanya bermanfaat untuk SIA tetapi juga sangat berguna untuk hal yang lainnya.

Teknologi tentunya akan mempermudah pengembangan kompetensi akuntan itu sendiri. Dengan kata lain akuntan dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan lewat penguasaan teknologi berbasis akuntansi, sekarang ini banyak terdapat aplikasi akuntansi untuk membantu akuntan dalam melakukan identifikasi hingga pembuatan laporan keuangan mulai dari yang berbasis aplikasi komputer (seperti Zahir Accounting, MYOB, MOAE, dll) .

Revolusi industry 4.0 membuat perubahan baru yang mempengaruhi profesi akuntan dalam dunia kerja. Profesi akuntan diharapkan dapat beradaptasi dalam perubahan teknologi agar tidak kesulitan saat bersaing di dunia kerja. Melihat perkembangan yang sangat cepat ini membuat teknologi akuntasi dapat menjadi fokus utama bagi para mahasiswa khususnya mahasiswa jurusan Akuntansi. Hal ini sangat diperlukan sebagai langkah pengembangan untuk meningkatkan kompetinsi lulusan akuntansi di Indonesia. 

 

 

biartau
"The more that you read, the more things you will know"
Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp

Hubungi kami / Kerja sama

Facebook
Instagram
Whatsapp






Copyright © 2020 Biartau All rights reserved.